Soal Ukk B. Indonesia Kelas 8 + Balasan - Kurikulum 2013 Th. 2018

Soal UKK B. Indonesia Kelas 8 + Jawaban - Kurikulum 2013 Th. 2018. Soal Latihan Ujian Kenaikan Kelas B. Inggris Kelas VIII SMP/ MTs disertai Kunci Jawaban sebanyak 50 butir soal sesuai dengan kurtilas/ K 13.

 Berikut merupakan sebagian dari soal yang dimaksud Soal UKK B. Indonesia Kelas 8 + Jawaban - Kurikulum 2013 Th. 2018
Berikut merupakan sebagian dari soal yang dimaksud, yaitu :

Bacalah teks diskusi berikut untuk menjawab soal nomor 1 – 5

Ujian Nasional merupakan tahap selesai penilaian berguru siswa dalam menyerap ilmu yang diterimanya di sekolah. Ujian Nasional merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan dan pelaksanaannya dilaksanakan oleh lembaga-lembaga ibarat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dengan tujuan semoga siswa mengetahui kemampuannya serta mengukur kemampuannya dalam menyerap ilmu yang diterimanya di sekolah yang bersangkutan. Meskipun demikian, ujian nasional merupakan sesuatu yang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Di satu sisi, masyarakat yang pro diadakannya Ujian Nasional ialah mereka yang beralasan bahwa dengan adanya ujian nasional akan sanggup mengevaluasi sejauh mana siswa bisa menyerap ilmu yang diterimanya.

Tetapi di sisi lain, ada juga masyarakat yang kontra terhadap pelaksanaan ujian nasional bahkan mereka menyampaikan ujian nasional tidak perlu diadakan. Mereka beranggapan ibarat itu alasannya ialah dalam ujian nasional tidak sedikit mengandung unsur-unsur penipuan   Misalnya, ada siswa yang dengan gampang membeli soal UN dan orang yang menjualnya dengan gampang memberikannya alasannya ialah tergiur denagn imbalan. Bocoran soal UN juga sering terjadi setiap tahun setiap akan diadakannya UN. Hal ini tentu merupakan suatu yang pertentangan dari tujuan Ujian Nasional, yaitu mengukur kemampuan siswa dalam menyerap ilmu yang diterimanya.

Dari dua pendapat berbeda di atas, pemerintah dituntut untuk sanggup memperbaiki sistem pendidikan yang ada di negeri ini. Pemerintah tidak berpihak terhadap yang pro maupun yang kontra dengan UN. Pemerintah bersikap netral.  Dengan demikian, masyarakat yang pro dan kontra terhadap UN, tidak akan lagi berselisih pendapat wacana diadakannya UN.

1. Bagian pendahuluan terdapat pada paragraf ….
a. Pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

2. Dalam struktur teks diskusi terdapat bab pendahuluan. Disebut bab pendahuluan karena….
a. Memperkenalkan pihak-pihak yang akan berdiskusi
b. Menyajikan fakta-fakta yang akan didiskusikan
c. Memberikan data-data awal untuk didiskusikan
d. Memuat pernyataan topik apa yang akan didiskusikan

3. Berikut pernyataan yang tidak sesuai dengan teks diskusi tersebut…
a. Pemerintah seharusnya mendukung satu pihak semoga mendapat penyelesaian terhadap pro dan kontra UN.
b. Pihak yang pro UN menyampaikan bahwa UN dibutuhkan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa  menyerap ilmu yang selama ini diterimanya.
c. Penyelenggaraan UN masih diwarnai kecurangan di sana-sini ibarat kebocoran soal
d. Ujian Nasional merupakan tahap selesai penilaian berguru siswa dalam menyerap ilmu yang diterimanya di sekolah.

4. Berikut merupakan simpulan dari teks diskusi tersebut…
a. Ujian Nasional merupakan kebijakan pemerintah untuk mengevaluasi kualitas pendidikan secara nasional
b. Pemerintah seharusnya mendukung pihak pro-UN alasannya ialah UN sesuai dengan jadwal pemerintah.
c. Pemerintah diharapkan sanggup memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia semoga tidak adalagi pihak yang berselisih wacana pelaksanaan UN.
d. Kecurangan-kecurangan di setiap pelaksanaan UN menciptakan UN itu sendiri menjadi kontradiktif dengan tujuan UN

5. Berikut ini yang tidak termasuk dalam kata-kata yang memperlihatkan simpulan adalah…
a. Jadi
b. dengan demikian
c. oleh alasannya ialah itu
d. meskipun demikian

Pro dan Kontra Globalisasi
Mengenai globalisasi, ada aneka macam pro dan kontra. Mereka tampil dengan pandangan dan argumentasi yang berbeda. Menurut pihak yang kontra, sejumlah abjad globalisasi akan mengancam kedudukan Negara mereka dan sejumlah lainnya melihat globalisasi sebagai intuisi atau campur tangan dari pihak luar terhadap nilai budaya dalam negri mereka. Ada juga Negara yang curiga bahwa globalisasi ialah pura-pura atau jadwal yang terselubung, yaitu Amerika untuk memperkuat imprealisme ekonomi.

Bagi pihak yang pro terhadap globalisasi menilai bahwa kekhawatiran pihak yang kontra terhadap globalisasi ibarat dikemukakan di atas terlalu dibesar-besarkan. Mereka yakin, bagaimanapun suatu saat, betapapun telah terjadi inqualities (ketidakadilan) dan disadvantages (kemudaratan) perlahan-lahan akan sirna. Mereka beropini bahwa pada  waktunya nanti akan muncul tekad dan kemampuan untuk menyiapkan diri yang terbaik dalam menangkis pengaruh negatif globalisasi.

Terlepas dari pihak yang pro dan kontra terhadap globalisasi, suka atau tidak suka globalisasi merupakan suatu proses yang tidak sanggup dielakkan. Suka atau tidak suka semua Negara semakin usang terikat oleh ekonomi global. AFTA (Asean Frea Trade Area) merupakan contoh, siap atau tidak siap tidak ada lagi alasan dan juga tidak ada lagi jalan tikus bagi Indonesia untuk menghindari diri dari AFTA. Walaupun begitu, bahaya yang mungkin muncul itu gotong royong sanggup diimbangi dengan faedah jikalau kita menerapkan hukum umum yang sesuai dengan tatanan masyarakat globalisasi.

6. Kesalahan penulisan ejaan pada teks di atas adalah….
a. Pada kalimat kedua paragraf pertama
b. Penulisan Negara dan negri pada paragraf pertama
c. Penggunaan istilah jalan tikus pada paragraf ketiga
d. Penggunaan kata “faedah” pada paragraf terakhir

7.Berikut ialah pernyataan pro dari teks diskusi di atas yaitu…
a. Globalisasi jadwal yang terselubung untuk memperkuat imprealisme ekonomi
b. Globalisasi merupakan suatu proses yang tidak sanggup dielakkan
c. Siap atau tidak siap, tidak ada alasan bagi Indonesia untuk menghindari diri dari AFTA
d. Pada waktu nanti akan muncul tekad dan kemampuan untuk menyiapkan diri yang terbaik dalam menangkis pengaruh negatif globalisasi.

Kumpulan Soal UKK Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 + Kunci Jawaban Th. 2018

Adapun soal lengkapnya silahkan di download atau unduh saja untuk mempermudah dipelajari.

Demikianlah postingan Soal UKK B. Indonesia Kelas 8 + Kunci Jawaban - Kurikulum 2013 Th. 2018 ini, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih. 

0 Response to "Soal Ukk B. Indonesia Kelas 8 + Balasan - Kurikulum 2013 Th. 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png