Infaq: Bahan Pai

Pemakaian kata "Infaq" didalam Al-qur'an mengandung pengertian yang bervariasi. Ada yang menunjuk pada sedekah wajib yaitu zakat, ibarat yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 267:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَنفِقُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبۡتُمۡ وَمِمَّآ أَخۡرَجۡنَا لَكُم مِّنَ ٱلۡأَرۡضِۖ وَلَا تَيَمَّمُواْ ٱلۡخَبِيثَ مِنۡهُ تُنفِقُونَ وَلَسۡتُم بِ‍َٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغۡمِضُواْ فِيهِۚ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ ٢٦٧  
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kau menentukan yang buruk-buruk kemudian kau menafkahkan daripadanya, padahal kau sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji" (QS. Al Baqarah:267).
an mengandung pengertian yang bervariasi Infaq: Materi PAI
Ayat ini berdasarkan lebih banyak didominasi jago tafsir menunjuk kepada kewajiban zakat dengan kata "Anfiqu" sebagai kata perintah dari infaq. Kemudian dalam surat At-Thalaq ayat 6 dan 7, kata "Infaq" memperlihatkan nafkah wajib atas seorang suami bagi anak dan istrinya.
أَسۡكِنُوهُنَّ مِنۡ حَيۡثُ سَكَنتُم مِّن وُجۡدِكُمۡ وَلَا تُضَآرُّوهُنَّ لِتُضَيِّقُواْ عَلَيۡهِنَّۚ وَإِن كُنَّ أُوْلَٰتِ حَمۡلٖ فَأَنفِقُواْ عَلَيۡهِنَّ حَتَّىٰ يَضَعۡنَ حَمۡلَهُنَّۚ فَإِنۡ أَرۡضَعۡنَ لَكُمۡ فَ‍َٔاتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ وَأۡتَمِرُواْ بَيۡنَكُم بِمَعۡرُوفٖۖ وَإِن تَعَاسَرۡتُمۡ فَسَتُرۡضِعُ لَهُۥٓ أُخۡرَىٰ ٦
لِيُنفِقۡ ذُو سَعَةٖ مِّن سَعَتِهِۦۖ وَمَن قُدِرَ عَلَيۡهِ رِزۡقُهُۥ فَلۡيُنفِقۡ مِمَّآ ءَاتَىٰهُ ٱللَّهُۚ لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا مَآ ءَاتَىٰهَاۚ سَيَجۡعَلُ ٱللَّهُ بَعۡدَ عُسۡرٖ يُسۡرٗا ٧
Artinya: "Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kau bertempat tinggal berdasarkan kemampuanmu dan janganlah kau menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jikalau mereka (isteri-isteri yang sudah ditalaq) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya hingga mereka bersalin, kemudian jikalau mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu maka berikanlah kepada mereka upahnya, dan musyawarahkanlah di antara kau (segala sesuatu) dengan baik; dan jikalau kau menemui kesulitan maka wanita lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya" (QS. At-Thalaq:6)

Artinya: "Hendaklah orang yang bisa memberi nafkah berdasarkan kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memperlihatkan kelapangan setelah kesempitan" (QS.At-Thalaq:7)

Sedangkan dalam surat Ali Imran ayat 92, kata "Infaq" dipahami sebgai proposal untuk mendermakan harat.
لَن تَنَالُواْ ٱلۡبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُواْ مِمَّا تُحِبُّونَۚ وَمَا تُنفِقُواْ مِن شَيۡءٖ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٞ ٩٢
Artinya: "Kamu sekali-kali tidak hingga kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kau menafkahkan sehahagian harta yang kau cintai. Dan apa saja yang kau nafkahkan maka bekerjsama Allah mengetahuinya" (QS. Ali Imran:92)

Dengan bervariasinya kata "Infaq" di dalam Al-qur'an sanggup dipahami bahwa istilah tersebut mengandung pengertian umum, meliputi setiap aktifitas pengeluaran harta baik berupa kewajiban ibarat zakat, maupun kewajiban menafkahi keluarga, dan infaq dalam pengertiannya yang khusus yaitu mengeluarkan harta untuk kepentingan kemanusiaan, sesuai dengan anutan Islam.

Perbedaan zakat dengan infaq

Dengan demikian diketahui bahwa zakat merupakan suatu kewajiban yang secara mutlak harus dilaksanakan dan sudah ditentukan secara rinci nisab, kadar, orang yang berhak menerimanya dan waktu mengeluarkannya. Sedangkan Infaq merupakan salah satu bentuk pendermaan harta dari seseorang untuk membantu orang yang sedang dalam kesulitan dan kebutuhan sosial lainnya yang tidak terkait dengan ketetntuan nisab, kadar, dan waktu tertentu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berinfaq dijalan Allah, antara lain; menjauhi riya' atau pamer kekayaan dan menyakiti orang yang kepadanya diinfaqkan harta. Termasuk dalam arti menyakiti ialah; mencerca, mencaci dan menekan si akseptor infaq dengan alasan ia telah berhutang budi. Dalam Al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 263 Allah berfirman:
۞قَوۡلٞ مَّعۡرُوفٞ وَمَغۡفِرَةٌ خَيۡرٞ مِّن صَدَقَةٖ يَتۡبَعُهَآ أَذٗىۗ وَٱللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٞ ٢٦٣
Artinya: "Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun" (QS. Al Baqarah:263)

Infaq PPT

Sebagai media pembelajaran dirumah kami sertakan juga bahan infaq dalam bentuk power point berikut link unduhannya https://drive.google.com/open?id=1eoHhvJtAWqrXhYPrY59PZ37H-Qcd_U4C

Soal Infaq

1.Infak berasal dari Bahasa Arab اِ نْفَا قُ  artinya....
a.memebelanjakan
b.memberikan
c.menyalurkan
d.mengeluarkan
e.menyumbankan
2.Hukum menginfakkan harta....
a.wajib
b.sunnah
c.haram
d.makruh
e.mubah
3.Didalam harta yang kita miliki terdapat hak....
a.orang lain
b.diri sendiri
c.asasi
d.milik
e.negara
4.Yang tidak termasuk syarat orang yang berzakat adalah...
a.islam
b.hilang ingatan
c.mumayyis
d.baligh
e.berakal
5.Barang yang diinfaqkan harus...
a.baru
b.mahal
c.bermanfaat
d.banyak
e.milik keluarga
6.Menyingkirkan duri di pinggir jalan contoh
a.sedekah
b.infak
c.hadiah
d.jariyah
e.orang yang baik
7.Yang sanggup menghilangkan pahala sedekah...
a.ikhlas
b.tulus
c.rela
d.riya’
e.tidak ingat
8.Sedekah yang paling ringan adalah…
a.Memberi makanan
b.Memberi uang
c.Berkata yang baik
d.Membantu pembangunan masjid
e.Menolong orang sakit
9.Berikut manfaat dan kegunaan infak, kecuali…
a.mendekatkan diri kepada Allah
b.meringankan kesulitan orang lain
c.menambah syiar Islam
d.ingin dikenal dermawan
e.pahalanya terus mengalir
10.Menginfakkan harta hanya mengharap....
a.balasan
b.pujian
c.ridho Allah
d.sanjungan
e.masuk surga
11.tidak dikatakan suatu kebaikan oleh Allah sebelum orang itu…
a.beribadah
b.berpuasa
c.sholat
d.menginfaqkan harta yang dicintai
e.berdzikir
12.infaq yang memperlihatkan nafkah wajib bagi suami dan anak di jelaskan dalam Q.S At Thalaq…
a.ayat 3 dan 4
b.ayat 4 dan 5
c.ayat 5 dan 6
d.ayat 6 dan 7
e.ayat 7 dan 8
13.dasar aturan pajak bergantung pada…
a.nash al qur’an
b.pemerintah
c.lembaga perpajakan
d.nash hadits
e.ijma’ dan qiyas
14.infaq yang merujuk pada sedekah wajib yang bersumber pada QS. Al Baqarah : 267 adalah…
a.amal jariyah
b.zakat
c.shodaqoh
d.hibah
e.wakaf
15.pengelolaan harta pajak dilakukan oleh…
a.orang islam
b.BAZ (badan amil zakat)
c.Pemerintah
d.Orang non islam
e.LAZIS (lembaga amil zakat infaq dan shodaqoh)

0 Response to "Infaq: Bahan Pai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png