Download Tupoksi ( Kiprah Pokok Dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019

Download Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://soalterbaru.com/ ini akan membahas dan membagikan file perihal Download Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019.

A. Latar Belakang

Kepala sekolah memegang peranan penting dalam perkembangan sekolah. Oleh alasannya yaitu itu, ia harus mempunyai jiwa kepemimpinan untuk mengatur para guru pegawai tata perjuangan dan pegawai sekolah lainnya. Dalam hal ini, kepala sekolah tidak hanya mengatur para guru saja, melainkan juga ketatausahaan sekolah siswa, relasi sekolah dengan masyarakat dan orang renta siswa. Tercapai tidaknya tujuan sekolah sepenuhnya bergantung pada bijaksana yang terapkan kepala sekolah terhadap seluruh personal sekolah.

Dalam melaksanakan fungsinya sebagai pimpinan organisasi pendidikan di sekolah, kepala sekolah harus mempunyai banyak sekali persyaratan biar ia sanggup menjalankan tugasnya dengan baik. masing-masing persyaratan ini saling berkaitan antar yang satu dengan yang lainnya. Diantaranya yaitu mempunyai ijazah, kemampuan mengajar, kepribadian yang baik serta mempunyai pengalaman kerja.

B. Rumusan Masalah
  • Apakah fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai direktur pendidikan
  • Apakah fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan
C. Tujuan Peulisan
  • Menjelaskan Fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai direktur pendidikan.
  • Menjelaskan Fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN

Kepala Sekolah sebagai Administrator

Dalam menjalankan fungsinya sebagai administrator, kepala sekolah harus bisa menguasai tugas-tugasnya dan melaksanakan tugasnya dengan baik.Untuk itu kepala sekolah harus kreatif bisa mempunyai ide-ide dan inisiatif yang menunjang perkembangan sekolah. Berbagai kiprah yang harus dilakukan kepala sekolah

Membuat perencanaan
Perencanaan yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah, diantaranya yaitu menyusun jadwal tahunan sekolah, yang meliputi jadwal pengajaran, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, dan penyediaan fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Perencanaan ini selanjutnya dituangkan dalam planning tahunan sekolah yang dijabarkan dalam dua jadwal semester.
  • Program pengajaran
  • Kesiswaan
  • Kepegawaian
  • Keuangan
  • Sarana dan prasarana
Kepala sekolah bertugas menyusun struktur organisasi sekolah
Organisasi memainkan peranan penting dalam fungsi manajemen alasannya yaitu merupakan daerah pelaksanaan semua kegiatan administrasi. Selain itu, dilihat dari fungsinya organisasi juga memutuskan dan menyusun relasi kerja seluruh anggota organisasi biar tidak terjadi tumpang tindih dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.
Penyusunan organisasi merupakan tanggungjawab kepala sekolah sebagai direktur pendidikan. Sebelumnya ditetapkan, penyusunan organisasi itu sebaiknya dibahas gotong royong dengan seluruh anggota biar hasil yang diperoleh benar-benar merupakan komitmen bersama.
Selain menyusun struktur organisasi, kepala sekolah juga bertugas untuk mendelegasikan tugas-tugas dan wewenang kepada setiap anggota manajemen sekolah sesuai dengan struktur organisasi yang ada.

3. Kepala sekolah sebagai koordinator dalam organisasi sekolah

Pengoordinasian organisasi sekolah ini merupakan wewenang dari kepala sekolah. Dalam melaksanakan pengoordinasian ini sebaiknya juga kepala sekolah kolaborasi dengan banyak sekali bab dalam organisasi biar pengoordinasian yang dilakukan sanggup menuntaskan semua kendala dan halangan yang ada.

4. Kepala sekolah mengatur kepegawaian dalam organisasi sekolah

Berbagai kiprah yang berkenaan dengan kepegawaian sepenuhnya merupakan wewenang kepala sekolah. Dia mempunyai wewenang untuk mengangkat pegawai, mempromosikannya, menempatkan, atau mendapatkan pegawai baru.
Pengelolaan kepegawaian ini akan berjalan dengan baik jika kepala sekolah memperhatikan kesinambungan antara derma kiprah dan dengan kondisi dan kemampuan pelaksanaannya.
Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Supervisi yaitu salah satu kiprah pokok dalam manajemen pendidikan bukan hanya merupakan kiprah pekerjaan para inspektur maupun pengawas saja melainkan juga kiprah pekerjaan kepala sekolah terhadap pegawai-pegawai sekolahnya.

Supervisi

Untuk menjawab pertanyaan apakah yang dilakukan seorang kepala sekolah sebagai supervisor, kita perlu kembali mengingat pengertian supervisi. Supervisi yaitu kegiatan memilih kondisi/syarat-syarat yang esensial yang akan menjamin tercapainya tujuan pendidikan.Melihat pengertian tersebut, maka kiprah kepala sekolah sebagai supervisor berarti bahwa ia harus meneliti, mencari dan memilih syarat-syarat mana saja yang dibutuhkan bagi kemajuan sekolahnya. Kepala sekolah harus sanggup meneliti syarat-syarat mana yang telah ada dan tercukupi, dan mana yang belum ada atau kurang secara maksimal.

Prinsip Supervisi

Dari uraian di atas kita ketahui betapa banyak dan besar tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor. Oleh alasannya yaitu itu, menyerupai yang dikatakan oleh Moh. Rifai, MA. untuk menjalankan tindakan-tindakan supervisi sebaik-baiknya, kepala sekolah hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  • Supervisi hendaknya bersifat konstruktif, yaitu pada yang dibimbing dan diawasi harus menyebabkan dorongan untuk bekerja.
  • Supervisi harus didasarkan atas keadaan dan kenyataan yang sesungguhnya (realistis, gampang dilaksanakan).
  • Supervisi harus sanggup memberi perasaan kondusif pada guru-guru/pegawai sekolah yang disupervisi.
  • Supervisi harus sederhana dan informal dalam pelaksanaannya.
Dan masih banyak Contoh  Download Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini Aplikasi Tupoksi ( Tugas Pokok dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


0 Response to "Download Tupoksi ( Kiprah Pokok Dan Fungsi ) Kepala Sekolah Terbaru Tahun 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close