Download Dokumen 1 Ra Tahun 2018-2019


- Masa usia dini merupaka usia emas pertumbuhan dan perkembangan (golden age) alasannya perkembangan banyak sekali aspek psiko-fisik yang terjadi pada masa ini akan menjadi peletak dasar sangat fundamental. Artinya perkembangan aspek psiko fisik pada masa usia dini akan menjadi dasar peletak bagi perkembangan selanjutnya. Pada masa ini perkembangan jaringan otak anak mengalami peningkatan yang sangat pesat, oleh lantaran itu pendidikan anak usia dini merupakan dasar bagi perkembangan masa berikutnya, serta merupakan tahap training awal menuju terbinanya kualitas sumber daya insan Indonesia yang mempunyai daya saing tinggi di kurun global ini.

Kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum merupakan alat untuk membantu dan menunjukkan pola bagi pendidik dalam melakukan tugasnya.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan dengan mengacu pada teori pendidikan berbasis standar dan kurikulum berbasis kompetensi. Pendidikan berbasis standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal penyelenggaraan pendidikan. Standar tersebut terdiri dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar evaluasi pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Proses pengembangan kurikulum secara eksklusif berlandaskan pada empat standar yakni standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi pendidikan. Sementara itu, empat standar lainnya dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung implementasi kurikulum.


Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk menunjukkan pengalaman mencar ilmu seluas-luasnya bagi anak untuk berbagi kemampuan yang berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menerapkan pembelajaran dalam bentuk pertolongan pengalaman mencar ilmu eksklusif kepada anak yang dirancang sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan usia anak.


UU No.20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 14 menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini yaitu suatu upaya training yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pertolongan rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani semoga anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.


Tujuan Penyusunan Dokumen Kurikulum RA

Penyusunan Kurikulum atau Dokumen 1 Raudlatul Athfal bertujuan serta berfungsi untuk 3 hal, diantaranya yaitu sebagi berikut:

  1. Menjadi pedoman Kepala Sekolah Raudhatul Atfhal Nurul Ihsan Gantar dalam menyusun jadwal Pendidikan yang akan dilaksanakan di satuannya.
  2. Menjadi panduan bagi pendidik Raudhatul Athfal Nurul Ihsan Gantar dalam berbagi dan evaluasi kemampuan Spiritual (nilai agama dan moral), fisik motoric, kognitif, bahasa, spsiaol-emosional dan seni pada anak didik secara optimal sesuai dengan keunikan dalam jadwal tahunan, progam semester, jadwal mingguan dan harian.
  3. Menjadi referensi bagi pembina Raudhatul Athfal Nurul Ihsan Gantar di lapangan dalam menunjukkan pembinaaan dan penyediaan layanan penerima didik dan wali penerima didik.
Download Dokumen 1 RA Tahun 2018-2019

Sobat berikut yaitu Dokumen Kurikulum tingkat RA yang sanggup sahabat unduh melalui tautan dibawah ini serta sanggup sahabat sesuaikan dengan tiap-tiap lembaga:
  1. Sampul Download
  2. Lembar Pengesahan Download
  3. Daftar Isi Download
  4. Bab 1 Pendahuluan Download
  5. Bab 2 Visi-Misi, Tujuan, dll Download
  6. Bab 3 Karakteristik dan Muatan Kurikuler Download
  7. Bab 4 Program Pengembangan dan Muatan Kurikulum Download
  8. Bab 5 Beban Belajar RA Download
  9. Bab 6 Kalender Pendidikan Download
  10. Contoh Struktur Kurikulum Download
  11. Standar Operasional Prosedur Kerja Download
Dokumen Kuriklkum ini dilakukan dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 perihal Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 perihal Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 perihal Pemberlakukan Kurikulum 2016 dan Kurikulum 2013; Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 3489 Tahun 2016 perihal Kurikulum Raudhatul Athfal.

Demikianlah info tentang Download Dokumen 1 RA Tahun 2018-2019, semoga bermanfaat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

0 Response to "Download Dokumen 1 Ra Tahun 2018-2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close