Download Aplikasi Sibos Berilmu Kemenag

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) meluncurkan satu lagi aplikasi untuk madrasah. Namanya yakni SIBOS PINTAR. SIBOS PINTAR merupakan kependekan dari Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar.

Sesuai namanya, aplikasi SIBOS PINTAR yakni aplikasi desktop online untuk melaksanakan pendataan penerima didik madrasah sebagai basis perencanaan anggaran dan kuota BOS per madrasah. Selain itu juga dalam rangka penyaluran derma PIP untuk siswa madrasah. (Baca: Juknis BOS 2018)

Melalui Surat Direktorat Pendidikan Islam Nomor 1308/Dj.i.i/Dt.I.I.4/HM.01/09/2018 tertanggal 5 September 2018, perihal Pemutakhiran Data Peserta Didik Madrasah Melalui Aplikasi SIBOS PINTAR, madrasah dibutuhkan sanggup melaksanakan pemutakhiran data dalam waktu yang cukup singkat. Batas waktu pengerjaannya yakni tanggal 30 September 2018.

Oleh alasannya itu, meski belum mendapat isyarat resmi dari Penmad Kabupaten/Kota masing-masing, madrasah tidak ada salahnya untuk segera melaksanakan pemutakhiran data penerima didik dengan memakai aplikasi SIBOS PINTAR ini. Tentu, dengan melaksanakan persiapan dan pemutakhiran lebih awal akan lebih baik ketimbang menunggu isyarat resmi sedangkankan batas waktu yang disediakan cukup singkat.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag

Sebenarnya basis data BOS dan PIP dibutuhkan sanggup dipenuhi dari EMIS. Namun dengan aneka macam hambatan yang dihadapi aplikasi online Emis, menciptakan kebutuhan akan basis data BOS dan PIP jadi terganggu. Bahkan untuk tahun pelajaran ini pun aplikasi online emis belum diluncurkan. Padahal tentu, kebutuhan basis data BOS dan PIP dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Oleh karenanya, kehadiran SIBOS PINTAR dibutuhkan sanggup menjadi solusi terbaik.

1. Unduh Aplikasi SIBOS PINTAR


Aplikasi SIBOS PINTAR merupakan aplikasi desktop online yang harus diinstal ke komputer dan terkoneksi dengan internet. Untuk itu, sebelum menggunakannya, madrasah harus mengunduh instaler aplikasi tersebut dan menginstalnya ke komputer.

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) telah menyediakan file instaler beserta dengan panduan dalam bentuk PDF dan video di situs resminya. Namun sebagaimana dialami SOAL TERBARU, url download yang disedikan kerap kali tidak sanggup dibuka.

Oleh alasannya itu, SOAL TERBARU menyediakan mirror download aplikasi SIBOS PINTAR beserta dengan panduan penggunaannya. Sila unduh di bawah ini




Baca juga: Jika Lupa Password Login EMIS Online

2. Cara Instalasi Aplikasi SIBOS PINTAR


Setelah mengunduh aplikasi SIBOS PINTAR, silakan lakukan instalasi dengan cara:

  1. Buka folder Aplikasi Setup SIBOS_PINTAR_2018_09_12
  2. Ekstrak dengan memakai WinRar, Zip, 7Zip, atau sejenisnya
  3. Buka folder hasil ekstrak
  4. Klik dua kali pada file Setup atau SetupSIBOSPINTAR untuk mulai mengintal
  5. Aplikasi mulai diinstal, ikuti perintah yang muncul.

3. Membuka Aplikasi SIBOS PINTAR


Pengalaman SOAL TERBARU saat melaksanakan instalasi aplikasi SIBOS PINTAR, ternyata aplikasi ini tidak menciptakan shortcut otomatis baik di desktop ataupun di start sajian windows. Sehingga sanggup jadi akan menyulitkan saat hendak membuka aplikasi ini.

Untuk menyiasatinya, biar shortcut aplikasi sanggup muncul di desktop adalah:
  1. Klik Start
  2. Pada kolom "Search kegiatan and files" ketik SIBOS
  3. Muncul aplikasi SIBOS PINTAR
  4. Klik aplikasi SIBOS PINTAR untuk eksklusif membuka
  5. Sedang jikalau ingin menyebarkan shortcut, klik kanan aplikasi SIBOS PINTAR kemudian klik "Send to", klik "Desktop (create shortcut)" atau klik "Pin to start menu" atau "Pin to taskbar"
  6. Aplikasi SIBOS PINTAR muncul di desktop


Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag

4. Cara Menggunakan Aplikasi SIBOS PINTAR


Saat terbuka, aplikasi SIBOS PINTAR akan menampilkan jendela login. Bagi pengguna tingkat madrasah, login ke aplikasi ini dengan memakai UserID NSM dan password User12345.

Nantinya sesudah berhasil login, pengguna sanggup mengubah password tersebut dan menambahkan pengguna baru.

Video tutorial cara instal dan login di Sibos Pintar


Sedangkan untuk cara penggunaan fitur-fitur yang tersedia, sanggup menyimak Panduan SIBOS PINTAR yang sanggup diunduh di atas. Dalam panduan tersebut memuat panduan untuk admin pusat, admin kanwil, admin kabupaten/kota, sampai admin madrasah.

0 Response to "Download Aplikasi Sibos Berilmu Kemenag"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close