Solusi Error Emis: Microsoft.Ace.Oledb.12.0

Saat menjalankan aplikasi desktop emis, aneka macam permasalahan (error) kadang menyertai. Salah satunya yaitu aplikasi desktop emis tidak mau berjalan dan keluar notifikasi (pesan) Microsoft.ACE.OLEDB.12.0. Apakah yang terjadi dan bagaimana solusi mengatasi problem ini?

Jika komputer (PC atau laptop) yang dipakai operator emis untuk membuka aplikasi desktop emis telah sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan (baca : Spesifikasi Komputer untuk Aplikasi Desktop Emis), mungkin proses backup emis akan berjalan dengan lancar. Namun sebaliknya, bila system Requirement (sistem yang diperlukan) tidak sesuai dengan kebutuhan, maka aplikasi desktop emis tidak sanggup dijalankan dengan baik.

Salah satunya yaitu perbedaan antara windows (Sistem Operasi) dengan versi office yang terpasang di komputer. Komputer memakai Sistem Operasi 64 bit tetapi office yang pasang yaitu Office 32 bit.

Akibatnya, ketika Aplikasi Desktop Emis dibuka akan muncul peringatan (pesan) terkait dengan Microsoft.ACE.OLEDB.12.0. Biasanya pesannya yaitu sebagai berikut:

The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine

atau peringatan menyerupai gambar berikut ini.

 Salah satunya yaitu aplikasi desktop emis tidak mau berjalan dan keluar notifikasi  Solusi Error Emis: Microsoft.ACE.OLEDB.12.0

Mengatasi Error Emis 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0'

Bagaimana solusi untuk memperbaiki error emis "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine" sehingga aplikasi desktop emis sanggup terbuka dengan lancar?

Untuk mengatasinya pertama kita menambahkan (install) database engine 64 bit. telah menyediakannya untuk rekan-rekan operator madrasah.


  1. Download Acces Database Engine 64 bit DI SINI (ukuran 27 MB)
  2. Ekstak hasil download tersebut dan tempatkan dalam satu folder (terdiri atas dua file yaitu run_AccessDatabaseEngine_x64.bat dan AccessDatabaseEngine_x64.exe)
  3. Login sebagai direktur (Run as administrator)
  4. Klik dua kali (double klik) file "run_AccessDatabaseEngine_x64.bat"
  5. Muncul jendela "Command Prompt"
  6. Ikuti perintah yang muncul dalam jendela "Command Prompt" tersebut


Nah, kini Database Engine x64 bit telah terpasang di komputer.

Baca Juga:



Silakan coba jalankan aplikasi desktop emis dan kini 'insa Allah' aplikasi sanggup berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Itulah cara mengatasi dan memperbaiki pesan error 'The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine' pada Aplikasi Desktop Emis. Semoga tips dan trik sederhana ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator emis di seluruh Indonesia.

0 Response to "Solusi Error Emis: Microsoft.Ace.Oledb.12.0"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png