Kompetisi Robotik Madrasah Ke-4 Tahun 2018

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama kembali akan menggelar Kompetisi Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018 (Madrasah Robotik Competition). Ajang kompetisi robot tingkat madrasah ini merupakan gelaran yang keempat kalinya sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015. Pada tahun 2018 ini, Kompetisi Robotik Madrasah akan diselenggarakan pada tanggal 3-4 November 2018 di Depok Town Square, Depok Jawa Barat.

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi kemampuan para siswa madrasah mulai dari tingkat MI, MTs, sampai MA dalam bidang robotika dan otomasi. Peserta akan saling berlaga dalam merakit dan memprogram robot.

Di tahun 2018 ini, Kompetisi Robotik Madrasah mengangkat tema "Robotm Rescue, Robot yang berfungsi untuk mitigasi tragedi alam. Sehingga robot-robot yang dilombakan harus diarahkan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan penanggulangan tragedi alam.

 dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama kembali akan menggelar K Kompetisi Robotik Madrasah Ke-4 Tahun 2018

1. Kategori, Pendaftaran, dan Tahapan Lomba


Lomba Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018 diadakan dalam tiga tingkatan kelompok usia yaitu untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Untuk Madrasah Ibtidaiyah hanya melombakan satu kategori yaitu Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana. Sedang bagi MTs dan MA, masing-masing terdiri atas dua kategori yakni Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana dan kategori Rescue Robot Mobile.

Sebelum dilaksanakan perlombaan pada tanggal 3-4 November 2018 di Depok Town Square, penerima sebelumnya wajib mendaftarkan diri secara online. tahapan registrasi penerima ini dilaksanakan pada tanggal 4-16 Oktober 2018 melalui situs http://madrasah.kemenag.go.id/mrc2018/

Sedangkan tahapan jadwal-jadwal penting selengkapnya sesuai dengan Juknis Madrasah Robotik Competition 2018 yaitu sebagai berikut:

  1. 4-16 Oktober 2018, Sosialisasi dan Pendaftaran Online untuk MI, MTs, dan MA
  2. 17-20 Oktober 2018, Verifikasi Berkas Pendaftaran
  3. 21 Oktober 2018, Pengumuman Peserta Lolos
  4. 21-22 Oktober 2018, Konfirmasi Kesediaan
  5. 3-4 November 2018, Perlombaan

2. Kategori Kejuaran


Lomba Kompetisi Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018 terdiri atas dua kategori yakni Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana yang dibagi dalam tiga jenjang yakni MI, MTs, dan MA serta kategori Rescue Robot Mobile yang dilombakan untuk jenjang MTs dan MA.

Masing-masing jenjang akan dipilih pemenang dalam beberapa kategori kejuaraan yang meliputi:
  • Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana, dengan kategori kejuaraan untuk masing-masing jenjang yang meliputi:
    • The Best Original Idea
    • The Best and Simple Construction
    • The Best Technology
    • The Best Applied Robot
    • The Best Presentation
  • Rescue Robot Mobile, dengan kategori kejuaraan untuk masing-masing jenjang yang meliputi:
    • The Best Logaritma
    • The Best Fastest Robot
    • The Best Point
    • The Best Construction and Maximal Robot
    • The Best Design

3. Unduh Juknis Madrasah Robotik Competition Tahun 2018


Tertarik untuk mengikuti Kompetisi Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018? Silakan unduh dan pelajari petunjuk teknis (panduan) lomba ini. Juknis sanggup diunduh di situs Madrasah Robotik Competition atau melalaui link yang disediakan SOAL TERBARU berikut ini.

  • Juknis Kompetisi Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018 (Unduh di Sini)

Demikianlah terkait dengan Madrasah Robotik Competition atau Kompetisi Robotik Madrasah ke-4 tahun 2018 yang akan segera digelar.

0 Response to "Kompetisi Robotik Madrasah Ke-4 Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png