Usaha Sampingan Yang Sanggup Dicoba Oleh Guru

Usaha Sampingan yang Dapat Dicoba oleh Guru Usaha Sampingan yang Dapat Dicoba oleh Guru
By Midori (Own work) [GFDL or CC BY 3.0], via Wikimedia Commons

Telah banyak guru yang mempunyai perjuangan sampingan di rumah sebagai suplemen penghasilan untuk keluarganya. Mengingat honor guru dikala ini yang tidak seberapa dan tidak sanggup memenuhi kebutuhan keluarganya. Seperti ibu satu ini Fahdia Ilham berumur 58 tahun, selain berprofesi sebagai guru bahasa inggris di Sekolah Menengah Pertama Payakumbuh, dia juga menjalani perjuangan keluarganya yaitu olahan rendang. Usaha rendang dijalani sejak tahun 2002. Saat itu, dia mengaku kepepet untuk membiayai kuliah anak pertama. Lalu, dia mulai berpikir untuk membuka perjuangan yaitu berjualan rendang. Jenis rendang tumbuak yakni rendang pertama yang dijual oleh beliau. Tumbuak yakni jenis rendang yang terbuat dari daging sapi halus, kemudian dibentuk-bentuk ibarat bakso. Beliau tidak mengetahui cara pemasaran yang baik. Sehingga dalam menjual rendang, dia hanya memakai promosi dari satu lisan ke  mulut.

Perkembangan perjuangan yang semakin pesat

Usaha sampingan milik Ibu Fahdia semakin berkembang cukup pesat dari waktu ke waktu. Hingga pada tahun 2004, dia sudah menjual produk olahan rendang tersebut memakai kemasan yang menarik. Bukan hanya itu saja, jenis olahan rendang juga dibuat bervariasi. Beliau memberi merek rendangnya “Nikmat Dia”. Sekarang ini, beberapa produk telah sanggup ditemukan pada beberapa toko di Sumatera Barat. Bisnis rendang milik Ibu Fahdia ini semakin terkenal dan disukai banyak orang. Bahkan banyak wisatawan dari dalam negeri maupun luar, membeli produk rendang Ibu Fahdia sebagai buah tangan. Tidak disangka perjuangan yang kepepet alasannya yakni kondisi ekonomi tersebut sanggup maju melalui tangan cekatan beliau.

Penghasilan yang diperoleh puluhan hingga ratusan juta

Ibu Fahdia telah mempunyai beberapa toko oleh-oleh miliknya sendiri yaitu balai Nan Duo di Payakumbuh, Sumatera Barat. Selama sebulan, perjuangan sampingan milik dia sanggup menghasilkan uang Rp 60 hingga 70 jutaan. Fantastis bukan? Apalagi dikala ekspresi dominan liburan, dia sanggup memperoleh hingga ratusan juta. Melihat dari kondisi tersebut, bisnis rumahan sangat cocok dijalani sambil tetap mengabdi dalam dunia pendidikan. Tertarik untuk mencoba, Anda sanggup mencontoh perjuangan Ibu Fahdia ini sebagai seorang guru sekaligus pengusaha.

Berkat derma dari pemerintah

Usaha sampingan guru bahasa inggris ini sanggup sukses berkat derma dari dinas setempat. Beliau sanggup menyebarkan usahanya alasannya yakni mendapat pinjaman untuk modal yang berbunga rendah. Beliau memanfaatkan kesempatan pinjaman tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga sanggup sukses dalam usahanya. Tentu selalu diimbangi dengan perjuangan tiada henti dan perilaku pantang menyerah.

Untuk lebih mengenalkan produknya ke masyarakat, dia mengikut sertakan produknya dalam PPED (Pameran Produk Ekspor Daerah) yang ke-22 di JEC (Jogja Expo Center). Acara tersebut diselenggarakan Kementerian Perdagangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Pemerintah Sumatera Barat menyajikan olahan kemasan dalam stannya mirip rendang daging, rendang telur, rendang suir atau runtiah, rendang paru, keripik balado dan banyak sekali makanan khas kawasan lainnya.

Selain bidang perjuangan yang telah disampaikan, Anda sanggup mencoba jenis bisnis lain sebagai perjuangan sampingan. Sehingga sanggup memperoleh suplemen penghasilan. Usaha rumahan biasa dicoba oleh para guru yang ingin menambah penghasilan untuk membiayai keluarganya. Apabila ingin membuka usaha, sebaiknya sesuaikan dengan kegemaran dan keahlian Anda. Karena dalam dunia bisnis membutuhkan keuletan dan kesabaran. Kesuksesan juga hanya sanggup dicapai melalui proses panjang mirip yang telah dilalui oleh Ibu Fahdia.

Usaha sampingan sanggup dirintis dari bisnis yang kecil-kecilan. Seperti yang dijalani oleh Ibu Fahdia. Meskipun, dia berprofesi sebagai guru SMP, namun tetap sanggup membangun perjuangan keluarganya. Usaha juga dijalani tidak pribadi besar, akan tetapi bisnis rumahan yang masih sederhana. Bisnis keluarga tersebut sanggup berkembang pesat dari waktu ke waktu berkat kerja keras dan derma dari pemerintah. Pemerintah telah memudahkan pengusaha dalam meminjam modal yaitu dengan bunga rendah. Sehingga tidak mengakibatkan kekhawatiran dan kerisauan diantara para pengusaha.

Anda yakni seorang guru yang berpenghasilan pas-pasan, tak perlu khawatir. Anda sanggup mencoba membuka perjuangan mirip yang telah dijalani seorang ibu guru bahasa inggris dari payakumbuh mirip pada dongeng di atas. Dalam menjalani bisnis sampingan memang tidak mudah. Namun yakin dan percaya lah bahwa Anda sanggup menjalaninya dengan baik. Kesuksesan hanyalah milik Anda yang mau mencoba untuk konsisten berusaha serta tidak lupa berdoa pada Yang Maha Kuasa.

Demikian tadi bisnis sampingan yang sanggup dijalani oleh seorang guru. Terkadang dalam kondisi yang kepepet atau pun mendesak, seseorang harus dituntut untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, tetaplah berbuat nyata dalam hidup Anda. Jangan hingga alasannya yakni kondisi yang memprihatinkan Anda berbuat hal negatif. Banyak sekali perjuangan sampingan yang sanggup dilakukan untuk menambah penghasilan. Semua tergantung dari Anda mau mencoba atau tidak. Semoga informasi di atas sanggup bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

0 Response to "Usaha Sampingan Yang Sanggup Dicoba Oleh Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png