Uji Kompetensi Guru, Ada Nilai Merah? Wajib Ulang

 Bagi rekan guru yang sudah mengikuti UKG atau uji kompetensi guru Uji Kompetensi Guru, Ada Nilai Merah? Wajib Ulang

Bagi rekan guru yang sudah mengikuti UKG atau uji kompetensi guru, pastinya sudah diberikan pemahaman terkait dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata, semua guru yang sudah pernah mengikuti UKG sanggup melihat hasil rapornya sendiri. Sebelum membahas tata cara melihat hasil rapor UKG, ada baiknya jikalau rekan guru memahami maksud pemerintah menyelenggarakan kegiatan ini. Karena sudah semestinya segala hal yang masuk dalam peraturan pemerintahan mempunyai prinsip dan tujuan yang jelas.

Secara umum, tujuan diadakannya UKG ialah untuk memperoleh peta kompetensi guru yang nantinya akan menjadi materi pertimbangan dan penilaian untuk memilih pembinaan dan jenis pendidikan menyerupai apa yang harus diikuti oleh para rekan guru dalam aktivitas pengembangan dan pembinaan profesi guru. Dimana pertimbangan tersebut akan dilanjutkan pada pengembangan keprofesian guru berkelanjutan.

Selain itu, tujuan dari diadakannya UKG ialah mendapat gosip secara konkrit terkait dengan kompetensi guru, terutama kompetensi profesional dan pedagogik biar sanggup diadaptasi dengan standar yang sudah ditetapkan. Hasil UKG juga akan dijadikan sebagai penilaian pemerintah terkait dengan kinerja guru. Dimana hal tersebut akan dijadikan sebagai materi pertimbangan untuk menyusun kebijakan yang berkaitan dengan apresiasi dan penghargaan terhadap guru. Pada intinya, kompetensi yang akan diujikan merupakan integrasi konsep pedagogik dalam proses pembelajaran bidang studi yang akan diberikan kepada siswa.

Para rekan guru yang sudah melakukan uji kompetensi guru sanggup melihat hasil atau rapornya, Para guru akan memperoleh rapor, dimana di dalamnya terdapat data lengkap guru beserta dengan 10 komponen penilaian yang diuji. Sama halnya dengan buru rapor sekolah didik pada umumnya, adanya komponen nilai yang berwarna merah mengatakan bahwa guru tersebut perlu mengulang atau mendapat pembinaan khusus pada bidang tersebut. Meskipun demikian, para guru tidak perlu khawatir sebab mereka akan diberikan kesempatan untuk mengulang atau memperbaiki kompetensi biar sanggup sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena menyerupai yang diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai sasaran kompetensi tersendiri untuk para tenaga pendidik yang mengikuti UKG.

Agar pada guru sanggup melihat rapor UKG, hal yang perlu dilakukan ialah login pada halaman SIM GPO atau Guru Pembelajar Online (GPO). Setiap guru yang sudah mengikuti UKG pastinya mempunyai akun dan password khusus untuk login di halaman SIM GPO tersebut. Setelah masuk, rekan guru sanggup melihat secara eksklusif berapa KM atau Kelompok Modul (KM) yang memang sudah memenuhi standar kelulusan uji kompetensi guru dengan yang belum sesuai dengan sasaran minimal kelulusan. Cara membedakannya ialah jikalau kompetensi tersebut sudah memenuhi maka akan ditandai dengan goresan pena berwarna hitam. Tapi jikalau ada kelompok modul yang berwarna merah, maka tandanya ialah rekan guru harus memperdalam pembinaan tersebut. Pasalnya tanda merah merupakan membuktikan bahwa modul yang sudah dikerjakan tidak mencapai standar kelulusan yang sudah ditetapkan.

Pada dasarnya, cara melihat rapor UKG guru sangatlah mudah. Pertama, Anda masuk ke laman website ttps://sim.gurupembelajar.id. Lalu masukkan password beserta email Anda untuk login dan lihat sendiri kelompok moduk atau yang biasa disebut sebagai rapor UKG. Tak hanya berhenti hingga di uji kompetensi guru, guru yang sudah mengikuti aktivitas UKG diharuskan untuk turut berpartisipasi dalam pendidikan dan pembinaan atau diklat. Dimana dalam diklat tersebut terdapat 3 mode yaitu mode daring (via online), tatap muka (TM) atau kombinasi. Ada beberapa ketentuan mengenai rapor merah yang harus rekan guru ketahui. Hal ini berkaitan dengan pembagian jenis diklat dan kelompok modul diklat guru pembelajar.

Bagi guru yang mendapat kelompok modul bertanda merah sebanyak 3, 4 maupun 5 maka guru yang bersangkutan wajib mengikuti aktivitas berjulukan Guru Pembelajar (GP) dengan mode daring atau online.
Bagi gutu yang mendapat 0, 1 maupun 2 tanda merah para kelompok modulnya, maka akan difasilitasi sebagai mentor dan atau Instruktur Nasional dalam pada pelaksanaan Program Guru Pembelajar.
Untuk para rekan guru yang mendapat tanda merah 6 hingga 7 pada Kelompok Modulnya, maka wajib mengikuti kegiatan Program Guru Pembelajar dengan Moda Kombinasi (Daring dan Tatap Muka).
Terakhir, guru yang mendapat 8-10 KM berwarna merah harus mengikuti kegiatan Program Pembelajar dengan Mode Tatap Muka.

Berikut tadi merupakan tujuan, prinsip, dan cara mengetahui rapor uji kompetensi guru. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Uji Kompetensi Guru, Ada Nilai Merah? Wajib Ulang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close