Tugas Utama Kepala Sekolah

 Sekolah merupakan forum pendidikan resmi yang terdiri dari beberapa tenaga pengajar dan Tugas Utama Kepala Sekolah

Sekolah merupakan forum pendidikan resmi yang terdiri dari beberapa tenaga pengajar dan staff yang bertugas untuk memajukan dan membuatkan sekolah. Dalam hal perkembangan dan kemajuan sekolah tentu saja menjadi kiprah kepala sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyatakan keinginannya untuk mengubah kiprah dari kepala sekolah supaya kinerjanya jauh lebih baik dan mempunyai kegunaan bagi kemajuan sekolah itu sendiri.

Menurut Mendikbud Muhadjir Effendi, selama ini banyak kepala sekolah yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai guru. Hal ini tentunya akan membuat kiprah kepala sekolah menjadi tidak fokus. Karena itulah perlu diadakan perubahan yang sanggup membuat kerja kepala sekolah menjadi lebih optimal. Karena kemajuan sekolah sebagian besar ada di tangan kepala sekolah, maka diharapkan kiprah aktif dari kepala sekolah dalam menyusun planning yang sanggup meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

3 Tugas Utama Kepala Sekolah

Sebagai pimpinan di sekolah, kepala sekolah mempunyai kiprah yang sangat vital. Dimana kebijakan yang ada di sekolah dihasilkan dari persetujuan kepala sekolah. Karena begitu pentingnya kiprah kepala sekolah menyebabkan muncul perihal untuk mengubah kiprah seorang kepala sekolah supaya lebih fokus dalam membuatkan dan memajukan sekolah. Berikut ini ialah beberapa kiprah utama dari seorang kepala sekolah:
  1. Kepala sekolah berperan sebagai manager sekolah yang bertugas membuat konsep untuk memajukan dan membuatkan sekolah.
  2. Menciptakan ilham kreatif yang sanggup memajukan dan membuatkan sekolah
  3. Sebagai pengganti guru dalam keadaan yang mendesak

Salah satu yang menjadi pro kontra dari kiprah seorang kepala sekolah ialah banyak yang merangkap jabatan. Dalam hal ini kepala sekolah juga berlaku sebagai guru yang bertugas mengajar siswa. Hal ini tentunya akan membuat kerja kepala sekolah tidak fokus. Sebenarnya kepala sekolah juga sanggup menggantikan kiprah guru sebagai pengajar dikala ada guru yang absen. Tugas ini masih diperbolehkan selama hanya bersifat sementara dan tidak mengganggu kiprah sebagai kepala sekolah.

Tugas utama kepala sekolah ialah sebagai manager sekolah. Tugas ini tentunya juga membutuhkan kerjasama tim yang solid. Untuk sanggup memajukan dan membuatkan sekolah, diharapkan konsep dan ilham yang kreatif. sebab itulah kepala sekolah dituntut untuk lebih fokus pada kiprah utamanya supaya sanggup menghasilkan konsep yang sanggup membawa sekolah ke arah yang lebih baik.

Salah satu penunjang proses pembelajaran di sekolah ialah managemen pendidikan yang bagus. Tugas mengubah dan membuat managemen pendidikan berada dibawah kendali kepala sekolah. Kaprikornus bila terdapat sebuah managemen pendidikan yang baru, maka gres sanggup dilaksanakan bila menerima persetujuan dari kepala sekolah. Dalam hal ini kepala sekolah akan mempertimbangkan pendapat dari beberapa pihak supaya sekolah semakin maju dan berkembang.

Tugas kepala sekolah harus sanggup membuat konsep yang menarik. Dan bila dirasa perlu, pihak sekolah sanggup mengadakan kolaborasi dengan banyak sekali forum yang kompeten dan sanggup mendukung proses berguru mengajar dengan baik. Misalnya bila sekolah ingin mengadakan ekstra kulikuler tari, pihak sekolah sanggup mengadakan kolaborasi dengan penari atau sanggar tari untuk sanggup memberi pengetahuan suplemen mengenai dunia tari dengan baik dan benar.

Selain itu, pihak sekolah juga sanggup menjalin kolaborasi dengan Babinsa untuk melatih kedisiplinan dan baris berbaris. Kaprikornus selain mengikuti hukum yang ada, pihak sekolah juga harus bersifat dinamis untuk menghadapi perkembangan dunia pendidikan yang setiap tahun hampir mempunyai perubahan yang cukup signifikan. Dengan melaksanakan kolaborasi dengan banyak sekali pihak, maka sekolah akan mempunyai banyak koneksi yang sanggup dipakai untuk memajukan sekolah.

Kerja sama yang cukup apik antara kepala sekolah, guru, dan staf lainnya sanggup menjadi modal perkembangan sekolah. Karena dalam proses pembelajaran, gurulah yang mengetahui kondisi pembelajaran bahwasanya maka dari itu kiprah guru dalam membuat konsep yang menarik juga diharapkan oleh kepala sekolah. Konsep yang tercipta berasal dari beberapa gagasan yang diberikan oleh guru dan staff lainnya. Disinilah kiprah dari kepala sekolah untuk merumuskan konsep yang akan dipakai untuk memajukan sekolah supaya sanggup lebih baik.

Maju tidaknya sebuah sekolah ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Jika konsep dan ilham kreatif yang dibentuk oleh kepala sekolah sanggup diaplikasikan dengan baik, maka sanggup dijamin kondisi sekolah akan jauh lebih baik. Namun, sebaliknya bila konsep dan ilham tidak dijalankan dengan maksimal, maka akan sulit untuk memajukan dan membuatkan sekolah. Karena itulah kepala sekolah harus tetap fokus pada tugasnya dan tidak mempunyai pekerjaan sampingan sebagai guru.

Tugas kepala sekolah yang terhitung cukup berat pastinya membutuhkan pinjaman dari beberapa pihak terutama guru sebagai tenaga pengajar. Untuk lebih memaksimalkan fungsi kepala sekolah, mendikbud berencana akan mengubah kiprah bagi kepala sekolah dengan melarang mereka mengajar di kelas kecuali untuk alasan yang sifatnya mendesak. Perubahan ini masih sebatas perihal dan akan benar-benar diterapkan di sekolah supaya sanggup meningkatkan mutu dan kualitas sekolah tersebut.

0 Response to "Tugas Utama Kepala Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png