Sulitnya Tahapan Sergur Kemdiknas 2016

 Menjadi seorang pengajar di Indonesia tidak sanggup menjamin masa depan bagi para pengajar Sulitnya Tahapan Sergur Kemdiknas 2016

Menjadi seorang pengajar di Indonesia tidak sanggup menjamin masa depan bagi para pengajar, apalagi kalau guru tersebut belum mendapat sertifikasi. Itulah anggapan yang selama ini berkembang di Indonesia. Sertifikasi sendiri merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga pengajar di Indonesia. Peningkatan mutu ini dilakukan melalui uji kompetensi yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Mekanismenya pun telah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan setempat. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini juga tidak bekerja sendiri melainkan bekerja sama dengan instansi pendidikan tinggi yang lebih kompeten. Proses uji kompetensi ini kemudian diakhiri dengan memperlihatkan akta pendidik kepada guru yang sudah lulus pada uji kompetensi dan dinyatakan telah memenuhi standar pendidik profesional. Pada tahun 2016 ada banyak tenaga pengajar yang mendaftar pada sergur kemdiknas 2016.

Tahap-Tahap untuk Lolos Sergur Kemdiknas 2016

Dengan adanya sertifikasi ini, guru yang sudah lolos sertifikasi dan mendapat akta pendidik yaitu guru yang sudah diakui profesional. Sehingga dibutuhkan guru tersebut sanggup membuat praktek dan sistem pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Sertifikasi ini juga secara umum ditujukan untuk mengubah pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas, dari segi proses maupun kualitas hasil didikan atau muridnya.

Tujuan utama diadakannya sertifikasi guru ini yaitu untuk memilih kualitas dan kompetensi tenaga pengajar. Dalam hal ini yaitu kelayakan dalam menjalankan kiprah serta untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang berkualitas. Ada pula manfaat dari sertifikasi ini yaitu untuk melindungi para tenaga pengajar terutama guru semoga terhindar dari praktik-praktik yang sanggup merusak kinerja dan gambaran seorang guru. Dengan adanya kompetensi ini sudah niscaya guru akan terhindar dari praktik pengajaran yang tidak kompeten. Dalam prosesnya, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh guru untuk sanggup mendapat akta pengajar ini. Seperti yang terjadi pada sergur kemdiknas 2016, misalnya, ada banyak tahap yang harus dilalui menyerupai tahap-tahap berikut.

1. Mengumpulkan syarat manajemen kepada dinas pendidikan setempat. Sebelum penerima sergur kemdiknas 2016 memulai proses kompetensi yang lebih lanjut, guru yang ingin mendapat sertifikasi harus mengumpulkan berkas-berkas manajemen kepada dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi setempat. Dokumen-dokumen ini yaitu persyaratan seleksi manajemen yang wajib dipenuhi. Guru yang sanggup mengikuti sertifikasi ini yaitu guru yang mempunyai kualifikasi akademik minimum S1/D4 dengan skor UKG 2015 minimal 55. Apabila sudah memenuhi persyaratan ini, maka guru tersebut sanggup mengikuti seleksi administrasi.

2. Tahap selanjutnya yang harus dilewati penerima sergur kemdiknas 2016 yaitu mengikuti tes masuk SG-PPG. Tes ini hanya berlaku pada guru yang dinyatakan sudah memenuhi syarat administrasi. Setelah dinyatakan lulus tes SG-PPG maka tahap selanjutnya yaitu mengikuti beberapa tahapan diantaranya yaitu mengikuti workshop tahap pertama, kemudian dilanjutkan dengan aktivitas pengalaman lapangan (PPL) tahap pertama. Setelah kedua tahap tersebut dilalui maka selanjutnya yaitu mengikuti workshop tahap kedua dan juga PPL tahap kedua. Namun sebelum mengikuti workshop tahap pertama, guru penerima kompetensi diharuskan melaksanakan proses identifikasi persoalan dalam pembelajaran. Proses ini dilakukan di sekolah masing-masing. Identifikasi problematika pembelajaran yang dilakukan di sekolah ini nantinya akan dibahas pada workshop tahap kedua.

3. Setelah menjalankan tahap tersebut yang diakhiri dengan uji kompetensi tertulis dan ujian kinerja pada final seluruh tahapan nanti, guru penerima kompetensi diwajibkan mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan secara online secara nasional. Ketika penerima dinyatakan tidak lulus, maka akan mendapat kesempatan mengulang dua kali. Peserta yang tidak lulus kemudian akan dikembalikan kepada dinas pendidikan untuk kemudian dilakukan pembinaan. Sedangkan guru penerima yang lulus akan mendapat akta pendidik.

Demikian tadi beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para guru penerima sergur kemdiknas 2016. Banyaknya tahap yang harus dilalui dan sulitnya ujian kompetensi ini yaitu tahap yang harus dilalui oleh setiap guru untuk mendapat akta kompetensi mengajar dari dinas pendidikan. Ketika guru yang berhasil melewati tahapan ini, sanggup diindikasikan bahwa guru tersebut yaitu guru dengan kompetensi tinggi. Kompetensi yang tinggi memperlihatkan profesionalitas dari seorang pendidik, yang dibutuhkan nantinya sanggup mengubah sistem pembelajaran di Indonesia menjadi lebih baik.

0 Response to "Sulitnya Tahapan Sergur Kemdiknas 2016"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close