Struktur Honor Pns 2018

 Seperti yang diketahui bahwa struktur honor pns selalu menjadi hal yang selalu menarik di  Struktur Gaji PNS 2018

Seperti yang diketahui bahwa struktur honor pns selalu menjadi hal yang selalu menarik di mata masyarakat. Apalagi semenjak pemerintahan Presiden Jokowi, dimana ada cukup  banyak perubahan peraturan yang diberlakukan untuk pegawai negeri sipil. Pemerintah rencananya akan merubah struktur penggajian PNS lantaran selama ini dianggap tidak seimbang. Memang, honor pokok PNS diketahui lebih kecil daripada tunjangan yang didapatkan.

Struktur Gaji PNS Berpengaruh Pada Dana Pensiun?

Salman Sijabat sebagai Asisten Deputi Kesejahteraan SDM di KemenPAN-RB menjelaskan bahwa struktur penggajian untuk PNS yang bertugas di tempat memakai sistem yang berbeda. Dimana mereka tidak hanya akan mendapat tunjangan kinerja dan honor pokok, tapi juga mendapat tunjangan lain ibarat tunjangan kemahalan. Sistem penggajian ketika ini dianggap tidak adil lantaran di daerah, penerapan sistem penggajiannya bermacam-macam. Bahkan, honor Dirjen saja lebih kecil dibandingkan dengan honor Sekda. Hal ini menciptakan honor pokok terkesan menjadi lebih tidak terang dan tidak adil. Kondisi tersebutlah yang menciptakan pemerintah berencana untuk mengubah struktur honor pns.

Gaji pokok yang lebih kecil daripada tunjangan juga besar lengan berkuasa terhadap dana pensiun yang akan didapatkan PNS. Banyak PNS yang enggan pensiun lantaran honor pokoknya yang kecil. Oleh lantaran itu, pemerintah berharap bahwa dengan adanya perubahan struktur honor ini maka kesejahteraan PNS akan semakin meningkat, tak terkecuali untuk para ASN yang telah memasuki masa pensiun. Mada depan pensiunan yang semakin terjamin lantaran perbaikan struktur honor ini tentunya tidak akan menciptakan ASN merasa takut lagi untuk pensiun.

Terkait dengan struktur honor pns, Herman Suryatman selaku Kepala Biro cuilan Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik di Kementrian PAN-RB juga menawarkan klarifikasi bahwa honor PNS terbaru nantinya akan diberlakukan sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. Dimana sistem yang dipakai yaitu berbasis merit, kinerja dan kompetensi. Dalam sistem merit, pinjaman honor PNS akan diadaptasi dengan kompetensi, kinerja dan kualifikasi dari masing-masing ASN. Sistem merit sendiri bahwasanya merupakan administrasi dan kebijakan ASN dengan basis kompetensi, kinerja dan kualifikasi. Dengan adanya sistem ini, diperlukan ASN bisa memperlihatkan kualifikasi dan kemampuannya dalam bekerja demi Indonesia yang lebih baik lagi.

Dilain sisi, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan juga menjelaskan bahwa pihak pemerintah akan mengevaluasi semua pendapatan PNS atau komponen dari take home pay secara keseluruhan yang mencakup tunjangan kinerja, honor pokok, honor beserta dengan tunjangan lainnya. Ditanya kapan perubahan struktur honor pns akan mulai diberlakukan, Sri Mulyani belum bisa menawarkan balasan pasti.

KemePAN-RB sendiri masih mengevaluasi dan menggodok RPP atau Rancangan Peraturan Pemerintah yang memuat ihwal revisi atas perubahan honor PNS. Masih banyak hal yang harus dibahas terkait dengan revisi pendapatan PNS baik tunjangan ataupun honor pokok dengan forum atau kementrian terkait. Tidak jauh berbeda dengan KemenPan-RB, Kementrian Keuangan juga belum menawarkan balasan niscaya sampai informasi ihwal struktur honor pns ini meluas ke kalangan masyarakat. Pada intinya, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menunjukan bahwa ha penting yang akan diubah yaitu komposisi honor pokok dan tunjangan. Sebab honor pokok berkaitan dengan jaminan sosial para ASN.

Dalam proses pembahasan komposisi pendapatan ASN tersebut, diketahui bahwa Asman Abnur selaku Menteri PAN-RB dan Sri Mulyani tengah melaksanakan pertemuan secara intensif. Kedua menteri tersebut tengah memikirkan struktur dan format penggajian biar bisa sesuai dengan kebutuhan organisasi sekarang. Jika sebelumnya dalam struktur penggajian PNS, honor pokok lebih kecil daripada tunjangan. Perubahan ini akan menggantinya, dimana tunjangan lebih kecil dari honor pokok. Hal ini tentu saja menciptakan pemerintah harus menaikkan jumlah porsi honor pokok untuk sistem pengupahan yang gres untuk PNS.

Dalam sistem penggajian yang gres tersebut, pemerintah juga akan memasukkan porsi tingkat kemahalan daerah. Sistem penggajian yang usang memang tidak mempertimbangkan kemahalan daerah. Tapi di sistem terbaru ini, kemahalan tempat akan diberlakukan. Misalnya saja honor PNS lebih tinggi daripada Gorontalo. Atau bahkan, bisa jadi ada tempat yang kemahalannya lebih tinggi dibandingkan Jakarta, sehingga menciptakan tunjangan kemahalannya bertambah. Misalnya saja di Papua, tunjangan kemahalan bisa lebih tinggi, tapi tentu tempat tertentu saja tidak semua.

Aturan yang menjelaskan ihwal struktur honor pns ini nantinya akan dimasukkan ke dalam PP atau Peraturan Pemerintah. Pemerintah sendiri berharap bahwa peraturan tersebut akan final di tahun 2018 ini. Tapi meskipun sasaran tahun ini selesai, hitung-hitungan terkait dengan penggajian PNS ini harus matang. Sebab hal ini berkaitan dengan persoalan nasional dan kesejahteraan PNS di Indonesia.

Bagaimana? Anda termasuk orang yang menunggu informasi terbaru ihwal perubahan struktur pengupahan PNS ini? Demikianlah informasi terbaru ihwal struktur honor pns, semoga ulasan kali ini bisa menambah pengetahuan Anda.

0 Response to "Struktur Honor Pns 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close