Sistem Gres Dapodik 2018

 Ada kabar terbaru dari dunia pendidikan di awal tahun kemarin Sistem Baru Dapodik 2018

Ada kabar terbaru dari dunia pendidikan di awal tahun kemarin. Aplikasi dapodik 2018 sudah rilis di awal tahun 2018. Dengan ini sistem yang usang otomatis sudah tidak terpakai lagi. Maka sebaiknya Anda uninstall dulu dapodik 2017 gres lanjutkan dengan install versi terbaru. Karena dengan begitu sistemnya akan lebih gampang berjalan. Pembaruan ini diikuti beberapa fitur yang tadinya memang belum ada di versi lama. Tapi fitur ini mungkin akan dibahas nanti. Karena di sini akan lebih difokuskan pada bagaimana cara termudah download, install dan mengoperasikannya tanpa ribet. Untuk lebih jelasnya simak terus goresan pena ini.

Install Dapodik 2018, Registrasi Tanpa Perlu Prefill

Banyak cara yang sanggup dilakukan untuk install, salah satunya ialah dengan pribadi mengunjungi situs resmi milik dapodik 2018. Ada begitu banyak link alternatifnya jikalau Anda kebetulan menemui problem dalam mengakses link utamanya tadi. Masih resah dengan cara-caranya? Setelah ini akan dijelaskan rinciannya biar Anda tidak perlu bingung-bingung lagi.

1. Bereskan data
Maksud dari bereskan data ialah sebisa mungkin dikala menginstall versi terbaru dapodik ini, versi usang telah higienis atau hilang dari PC maupun laptop yang Anda gunakan. Dengan begitu Anda tidak perlu ribet untuk update atau mengikuti perintah yang muncul ketika Anda belum menghapus sistem lama. Percayalah bahwa dengan menghapus dulu versi usang proses berikutnya akan lebih cepat beres.

2. Download
Setelah beres uninstall tadi sekarang waktunya Anda download versi teranyar dari aplikasi dapodik 2018 ini. Setelah terdownload biasanya akan secara otomatis Anda disuruh untuk menginstall atau tekan tombol “run as” lalu tunggu hingga semua proses selesai. Agak sabar jikalau jaringan internet Anda lambat, mungkin sanggup sebab trafficnya sedang tinggi atau banyak yang mengakses situs tersebut. Jangan lupa untuk pilih “setuju” biar proses install berlanjut.

3. Buka aplikasi
Buka aplikasi yang sudah terinstall dan lihat laman utamanya. Di sini Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti:
  • Username : berisi nama dan alamat email yang akan Anda gunakan
  • Password : password untuk login, siapkan yang rumit tapi gampang Anda ingat
  • Kode registrasi : biasanya aba-aba ini sesuai dengan sekolah masing-masing
  • Jenjang sekolah : isilah jenjang ini sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
Tunggu beberapa dikala hingga data Anda masuk dan teregistrasi, cukup usang memang tapi tunggu saja. Perkiraan proses ini biasanya 10-15 menit. Sembari menunggu Anda sanggup sambil mempelajari apa-apa saja yang nanti perlu Anda input untuk melengkapi database terbaru itu.

4. Pilih online
Pada laman ini akan ada dua pilihan cara registrasi, yakni online dan offline. Jika Anda tidak mau direpotkan dengan prefill ulang, maka disarankan pilihlah pendaftaran online. Tetapi syarat utamanya ialah jaringan internet milik Anda baik dan stabil, sehingga proses akan lebih lancar. Tapi jikalau Anda kebetulan tidak mempunyai jaringan internet yang sepakat maka sebaiknya pilih pendaftaran offline. Hanya saja sedikit repot sebab Anda diharuskan mendownload prefill dari data usang gres lalu Anda input lagi ke sistem yang baru.

5. Selesai
Setelah semua proses tadi dan Anda dinyatakan berhasil pendaftaran maka Anda sanggup pribadi masuk dengan username yang dipakai tadi dan juga passwordnya.

Semua proses telah selesai, sekarang Anda hanya perlu melaksanakan kewajiban dengan mengisi data yang harus diinput dalam sistem dapodik terbaru ini. Di sini tidak akan dijelaskan cara-cara input dapodik 2018 sebab memang goresan pena ini tidak memuat wacana hal itu.

Fungsi atau manfaat yang sanggup diambil dari sistem dapodik 2018 ialah semua data wacana akseptor didik maupun sekolah-sekolah secara umum akan jadi satu sentra data besar. Dengan begitu akan otomatis terekam di Kemendikbud. Dengan sentra data yang menjadi satu, akan lebih gampang bagi kemendikbud apabila ada program-program terbaru, sehingga sanggup sempurna sasaran. Ini harapannya.

Bagi para akseptor didik pun sangat banyak apabila ada yang butuh sumbangan dana operasional ataupun beasiswa sebab keadaan ekonomi maupun sanggup sebab prestasinya maka Kemendikbud akan lebih gampang menjangkaunya. Dapodik 2018 secara sistem juga lebih canggih sebab pelengkap fitur-fitur yang ada. Tujuannya sekali lagi untuk akurasi data yang maksimal.

Mengelola seluruh sekolah, guru, maupun akseptor didik di seluruh pelosok negeri ini bukanlah perkara yang mudah. Pemerintah dikala ini berupaya untuk menyetarakan semua pendidikan di seluruh negeri biar semua menerima pendidikan yang setara dan kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan terbaik. Maka dari itu sudah sepatutnya Anda mendukung program-program terkait pendidikan ini, termasuk dapodik 2018. Bila Anda merupakan tenaga pengajar, maka sebaiknya cepat update sistem Anda dan maksimalkan mutu pendidikan dengan cara input data dengan benar dan sesuai keadaan aslinya. Salam pendidikan!

0 Response to "Sistem Gres Dapodik 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png