Seleksi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat 2017

Seleksi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat  Seleksi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat 2017

Kementrian Kesehatan kembali mengadakan seleksi tenaga kesehatan untuk jadwal Nusantara Sehat. Program ini telah sukses dijalankan semenjak tahun 2015. Sejak dimulainya jadwal ini, sudah ada sekitar 1420 tenaga kesehatan yang ditempatkan di 250 sentra kesehatan masyarakat (puskesmas) yang berada di 91 kota / kabupaten di 28 provinsi. Tenaga kesehatan yang terlibat diantaranya bidan, dokter gigi, dokter umum, perawat, kesehatan masyarakat, kesehatan umum, hebat gizi, hebat teknologi lab medis, farmasi.

Pendaftaran Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat

Setelah sukses pada periode pertamanya, sekarang Kementrian Kesehatan membuka pendaftaran untuk seleksi tenaga kesehatan untuk mengikuti jadwal Nusantara Sehat tahun 2017. Tenaga kesehatan yang diharapkan yakni dokter, dokter gigi, tenaga kesehatan lingkungan, hebat teknologi laboratorium medis, dan hebat gizi. Tenaga kesehatan yang terpilih akan di tempatkan di 188 lokasi puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Persyaratan

Untuk mengikuti seleksi tenaga kesehatan Nusantara Sehara, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar yaitu:

  1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang ditandai dengan kepemilikan Kartu Tanpa Penduduk (KTP) Indonesia yang masih berlaku atau data diri lainnya yang menyatakan kewarganegaraannya.
  2. Batasan usia untuk pendaftar yakni maks. 35 tahun untuk dokter dan dokter gigi serta maks 30 tenaga kesehatan lingkungan, hebat teknologi laboratorium medis, dan hebat gizi.
  3. Pendaftar tidak sedang terikat dengan instansi lain atau tidak sedang mendapatkan kiprah lain. Selain itu, pendaftar juga bukan calon PNS, pegawai negeri swasta, calon Tentara Nasional Indonesia / Polri, atau anggota Tentara Nasional Indonesia / Polri.
  4. Pendaftar belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa kiprah 6 bulan.
  5. Pendaftar sehat jasmani dan rohani serta tidak memakai obat-obatan terlarang dan sejenisnya.
  6. Berkelakuan baik.
  7. Pendaftar wajib mempunyai surat tanda pendaftaran (STR) yang masih berlaku. Surat yang masih diproses tidak sah. Bagi pendaftar yang gres selesai menuntaskan jadwal internship, sanggup memakai STR Internship nya.
  8. Pendaftar bersedia untuk di tempatkan di kawasan manapun sesuai dengan pilihan Kemkes.
  9. Pendaftar mengikuti salah satu jadwal JamKesNas dengan menawarkan kartu Indonesia Sehat (KIS).

Cara Pendaftaran

Pendaftaran untuk seleksi tenaga kesehatan ini dilakukan secara online. calon pendaftar sanggup mengakses formulir di website Nusantara Sehat Kementrian Nusantara (https://data.nusantarasehat.kemkes.go.id). Cara pengisian form dan berkas yang harus dilampirkan sanggup didownload di web Kementrian Kesehatan. Apabila pendaftar sudah pernah melaksanakan pendaftaran sebelumnya, sanggup memakai akun yang sudah pernah dibuat. Jika lupa kata sandi, pendaftar sanggup pribadi menggantinya dengan menentukan sajian forgot password kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya untuk mengganti kata sandi.

Sedangkan untuk pendaftar baru, sanggup pribadi menciptakan akun baru. Akun ini sangat penting untuk kepentingan pendaftaran dan pemberitahuan-pemberitahuan selanjutnya. Untuk menciptakan akun di web Nusantara Sehat lebih baik dilakukan di pc atau browser versi dekstop. Selain itu, email yang dipakai ketika pendaftaran merupakan email aktif semoga segala informasi sanggup diterima.

Setelah log in, pendaftar akan diminta jenis penugasan khusus. Terdapat dua jenis formulir, yaitu team based dan individual. Penugasan khusus Team Based yaitu penugasan dalam bentuk Tim. Dalam 1 Tim biasanya terdapat 4 hingga 5 orang tenaga kesehatan. Sedangkan penugasan khusus individual yaitu penugasan secara individu. Baik dalam bentuk tim maupun individu, penugasan diatur dan dilakukan oleh Kementrian Kesehatan.

Adapun berkas-berkas yang harus dilampirkan pada form pendaftaran diantaranya pas foto, scan ijazah, scan STR, scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Scan Kartu Keluarga (KK), dan akta pelatihan. Seluruh berkas harus diunggah dengan besar file maksimum sebesar 250 kb.

Jadwal Pendaftaran

Seleksi tenaga kesehatan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu melaksanakan pendaftaran dengan mengirimkan formulir beserta berkas yang diharapkan di website nusantarasehat.kemkes.go.id. Pendaftaran sanggup dilakukan dari tanggal 4 April 2017 hingga dengan 16 April 2017. Setelah itu dilakukan seleksi manajemen dan pengumuman hasil seleksi manajemen yang dilakukan pada tanggal 19 April 2017. Peserta yang lolos tahap manajemen akan diseleksi pada tahap berikutnya yaitu dari tanggal 25 April 2017 hingga dengan 29 April 2017. Seluruh hasil dan pengumuman mengenai seleksi tenaga kesehatan dari mulai tahap pertama hingga final sanggup diakses secara pribadi di website.

Demikian beberapa informasi mengenai seleksi tenaga kesehatan untuk progra Nusantara Sehat 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan. Program ini sanggup diikuti oleh semua Putera Puteri Bangsa untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Apabila masih ada pertanyaan mengenai pendaftaran maupun jadwal secara keseluruhan, sanggup ditanyakan melalui kontak HALO KEMKES dengan nomor telepon (021) 500 567 / fax 021-52921669 / WA dan SMS 0821 1380 8625. Atau sanggup dihubungi pula melalui email nusantarasehat.kemkes@gmail.com.

0 Response to "Seleksi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png