Persiapkan Diri Untuk Lolos Dalam Cpns 2018

 Menjadi seorang anggota Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan idaman bagi dominan masyar Persiapkan Diri untuk Lolos dalam CPNS 2018

Menjadi seorang anggota Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan idaman bagi dominan masyarakat di Indonesia. Berbagai pemberian dan honor besar menjadi salah satu faktor banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin mengabdikan diri pada negara sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Mulai tahun 2017, pemerintah mulai membuka lowongan CPNS dan berlanjut kepada lowongan CPNS 2018. Bagi Anda yang sudah mencoba lowongan CPNS pada tahun 2017 dan belum berhasil, Anda tidak perlu berkecil hari sebab tahun depan pemerintah akan kembali membuka lowongan CPNS dengan jumlah yang tidak kalah besar.

Salah satu lowongan CPNS 2018 yang paling banyak dibahas yaitu lowongan pada belahan pemerintah daerah. Lowongan di pemerintah kawasan ini dikabarkan akan dibuka pada awal tahun 2018. Formasi yang diharapkan yaitu khusus ditempatkan di kabupaten/kota masing-masing. Penerimaan lowongan CPNS ini diadaptasi dengan ajuan gubernur dan bupati dalam beberapa kompetensi bidang yang ingin dikembangkan di kawasan mereka masing-masing. Sementara untuk jumlah CPNS yang akan diterima di pemerintah kawasan akan diadaptasi dengan kemampuan keuangan negara.

Tips dan Trick Menghadapi tes CPNS 2018

Bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil maka Anda sebaiknya mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti seleksi CPNS tahun 2017, sistem seleksi CPNS 2018 ini masih sama yaitu memakai sistem CAT (Computer Assisted Test). CAT sendiri terbagi dari SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). SKD sendiri mempunyai 3 buah pokok soal yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensia Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Kepribadian). Beberapa tips dan trick berikut ini bisa Anda gunakan untuk menunjang hasil tes CPNS Anda menjadi jauh lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

1. Perhatikan persyaratan dengan sangat baik untuk meminimalisir kesalahan pendaftaran
Pendaftaran CPNS sepenuhnya dilakukan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara). Berdasarkan pengalaman CPNS sebelumnya, registrasi dilakukan secara online melalui situs website resmi milik BKN. Meskipun registrasi secara online, ada beberapa kementrian yang tetap mensyaratkan pengiriman berkas ke alamat masing-masing kementrian. Untuk registrasi secara online, Anda hanya perlu melaksanakan scan pada berkas yang disyaratkan kemudian mengupload file scan tersebut pada portal BKN sesuai dengan kementrian masing-masing. Berikut yaitu beberapa persyaratannya secara umum.
  • KTP (Scan / Fotokopi)
  • Ijazah terakhir (Scan / Fotokopi dan legalisir)
  • Transkrip Nilai Terakhir (Scan / Fotokopi dan legalisir)
  • Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT
  • Pas Foto terbaru (4x6 cm) 
  • Surat Penyataan bermaterai
  • Surat Lamaran bermaterai

2. Belajar kisi-kisi dengan cermat
Sebelum melangkah menuju tahap seleksi akan dimulai, sebaiknya Anda membekali diri dengan berguru dan membaca kisi-kisi soal CPNS 2018 dengan cermat. Mungkin pihak kementrian tidak menawarkan kisi-kisi secara eksklusif begitu saja. Namun, ketika ini dengan fasilitas saluran teknologi semakin banyak pula pihak yang menawarkan kisi-kisi ini secara gratis di internet. Selain internet, Anda juga bisa mendapat kisi-kisi ini dengan membeli buku khusus untuk seleksi CPNS. Dengan mengetahui kisi-kisi dengan baik maka Anda akan sanggup membayangkan menyerupai apa soal-soal yang akan dihadapi nantinya.

3. Berlatih mengerjakan soal lebih banyak
Sistem CAT dalam seleksi CPNS 2018 memakai soal-soal yang berbasis pilihan ganda. Sebaiknya Anda mulai memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan ketiga pokok tes seleksi tahap pertama (SKD) dan tahap kedua (SKB). Anda bisa membeli kumpulan soal-soal tes CPNS di toko buku atau dengan mengakses beberapa situs yang menyediakannya. Anda bisa mengerjakan soal ini sembari melatih ingatan serta kemampuan Anda.

4. Simulasi soal tes CAT
Selain memperbanyak mengerjakan soal, Anda juga bisa mencoba kemampuan Anda dengan melaksanakan beberapa simulasi. Pilihlah simulasi dalam beberapa situs atau software. Dengan membandingkan beberapa simulasi ini akan memperkaya pengetahuan Anda. Simulasi CAT ini akan sangat-sangat berkhasiat sebab Anda sanggup berlatih seolah benar-benar melaksanakan seleksi dengan sistem CAT. Anda sanggup memperkirakan waktu yang dihabiskan untuk menjawab seluruh soal. Selain itu, biasanya simulasi CAT ini juga menawarkan skor dari total tanggapan Anda. Untuk sanggup lolos SKD, skor Anda harus mencapai passing grade yang ditentukan oleh pemerintah. Skor minimal tersebut yaitu TWK 75, TIU 80 dan TKP 143. Jika dibawah nilai tersebut, Anda masih harus banyak berlatih.

5. Usahakan badan dan mental dalam kondisi prima
Proses seleksi CPNS yang begitu banyak ini dipastikan akan menguras banyak energi baik secara raga maupun mental. Usahakan untuk tetap menjaga badan dengan bugar semoga sanggup mengerjakan soal dengan fokus dan mantap. Selain itu, jangan lupa pula untuk mempersiapkan mental dengan berdoa secara sungguh-sungguh. Semoga CPNS 2018 akan menjadi peluang untuk Anda.

0 Response to "Persiapkan Diri Untuk Lolos Dalam Cpns 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png