Peningkatan Honor Guru Sd Negeri Dengan Sertifikasi

Peningkatan Gaji Guru SDN Dengan Sertifikasi Peningkatan Gaji Guru SDN Dengan Sertifikasi

Menjadi seorang guru ialah salah satu pekerjaan mulia. Pasalnya dari tangan guru lahir berbagai generasi penerus yang bertanggungjawab memajukan negara. Pekerjaan menjadi guru bukanlah pekerjaan yang gampang apalagi honor guru sd negeri pada umumnya terbilang kecil. Padahal beban pekerjaan mereka sangat besar dan sopan santun profesional menuntut mereka untuk dihentikan mempunyai kerja sampingan yang sanggup mengganggu pekerjaan utama mereka sebagai guru. Untuk bisa menaikan taraf kesejahteraan mereka, tiap guru harus mau meningkatkan kemampuan mereka. Ada banyak hal yang bisa dilakukan guru semoga kemampuannya meningkat dan juga mendapat pengakuan. Salah satunya ialah dengan sertifikasi.

Bagi pendidik terutama guru, sertifikasi merupakan hal yang sangat ditunggu, sama ibarat umumnya para pegawai negeri sipil. Sertifikasi bisa dibilang ibarat dengan training khusus yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas guru sehingga akan berimbas pada kualitas mengajarnya dan menghasilkan sistem pembelajaran yang lebih baik. Sertifikasi ini melindungi guru dari praktik-praktik merugikan dan juga menghindarkan pihak akseptor jasa guru dari tenaga pendidik yang tidak profesional. Melihat pentingnya sertifikasi, maka semua guru dianjurkan untuk mengajukannya.

Prosedur Sertifikasi Penunjang Gaji Guru SD Negeri
  • Portofolio
  • Salah satu syarat sebelum mendapat sertifikasi ialah mengumpulkan dokumen portofolio yang menjadi persyaratan dalam sertifikasi. Hal yang dibutuhkan sebagai kelengkapan dokumen tersebut antara lain, kumpulan dokumen yang menjelaskan pengalaman mengajar, prestasi akademik, kualifikasi pendidikan, pendidikan dan pelatihan, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dari pengawasan, karya pengembangan profesi, karya ilmiah dan semua berkas yang sekiranya sanggup menjadi nilai plus dalam sertifikasi. Kelengkapan dokumen tersebut sangat penting alasannya ialah akan memilih lolos atau tidaknya sertifikasi yang pastinya akan kuat juga dengan kesejahteraan, salah satunya honor guru sd negeri.
  • Dokumentasi
  • Jika semua persyaratan dokumen sudah dikirim dan dinyatakan lulus seleksi, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah pendokumentasian dokumen dan dijadikan format instrumen portofolio atau rangkuman. Instrumen ini berisi data-data langsung yang harus diisi dengan jujur dan benar alasannya ialah akan diverifikasi bersama dengan dokumen yang disisipkan. Seringkali persyaratan sertifikasi tiap tahun berbeda, untuk itulah setiap guru yang hendak melaksanakan sertifikasi harus selalu memperbarui isu yang didapat. Terlebih jikalau mengingat hal ini akan berdampak pada kenaikan honor guru sd negeri, maka semuanya memang butuh diperjuangkan.
  • Pengecekan Ulang
  • Sebelum dokumen disahkan oleh kepala sekolah dan pengawas daerah guru yang bersangkutan mengajar, sebaiknya dilakukan pengecekan berkas tersebut sekali lagi semoga tidak terjadi kesalahan dikala sudah disahkan dan proses harus diulang dari awal lagi. Kualitas dan kelengkapan berkas persyaratan akan dijadikan prioritas evaluasi guna ratifikasi dari dokumen untuk sertifikasi. Setelah berkas disahkan oleh kepala maka selanjutnya akan kembali disahkan oleh kepala dinas pendidikan kabupaten atau kota daerah sekolah guru tersebut mengajar.
  • Ujian dan Pengumuman
  • Seperti laiknya semua ujian kompetensi, sertifikasi ini juga harus melalui ujian. Selain berkhasiat untuk memilih kualitas guru, ujian ini juga bertujuan guna menunjukkan kompetensi guru di bidang kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Setelah melewati ujian, guru tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Hasil evaluasi dokumen portofolio dan diklat profesi akan dikirim ke panitia sertifikasi tingkat kabupaten atau kota kemudian diteruskan kepada guru peserta sertifikasi. Jika guru tersebut sudah dinyatakan lulus sertifikasi ada beberapa prosedur lain pencairan sertifikasi ini. Salah satunya akan berdampak pada kesejahteraan yang tidak lagi harus mengandalkan honor guru sd negeri.
Baca juga: Daftar Gaji Pokok PNS 2018 Terbaru Berdasarkan Golongan
Ketika sedang mempersiapkan proses persyaratan sertifikasi memang semuanya terlihat rumit. Banyak hal yang harus diperhatikan dan diteliti dengan seksama. Bagi mereka yang sudah mempunyai perihal sertifikasi, untuk menghindari kerumitan ketika mempersiapkan sertifikasi, ada baiknya untuk selalu mengarsipkan dengan teratur setiap prestasi dan dokumen yang didapat, contohnya akta training serta penghargaan lain yang didapat selama mengajar. Mengingat sertifikasi mempunyai berbagai keuntungan, maka setiap guru dibutuhkan untuk selalu melaksanakan sertifikasi. Dengan mendapat sertifikasi maka dukungan kesejahteraan guru sd pun akan meningkat, dan bisa menunjang kehidupan guru selain dari honor guru sd negeri.

0 Response to "Peningkatan Honor Guru Sd Negeri Dengan Sertifikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png