Pengisian Jjm Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018

Pengisian JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik  Pengisian JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018

Aplikasi data pokok pendidikan atau yang sering disingkat dengan Dapodik setiap tahunnya mengalami pembaharuan sesuai dengan perkembangan sistem dari pusat. Semua guru baik yang bertugas mengajar di kelas, BK, TIK, Wakasek, hingga kepala sekolah wajib mengisi data tersebut. Pada versi terbaru tahun 2018, terdapat perubahan pengisian JJM kepala sekolah mulai tingkat SD hingga dengan SMA. Dengan adanya perbedaan tersebut, maka kepsek tidak berkewajiban mengajar di kelas kecuali ada beberapa kondisi yang mendesak.

Panduan Mengisi JJM Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018

Jika sudah mengetahui cara pengisian JJM kepala sekolah pada Dapodik 2016 pastinya tidak akan kesulitan. Pada versi yang lama, untuk memperoleh tunjangan sertifikasi guru maka kepsek harus mempunyai jumlah jam mengajar sebanyak 24 jam. Sebab itulah kepsek diharuskan mengajar semoga total jjm genap 24 jam. Namun pada Dapodik 2018, kepala sekolah tidak diwajibkan mengajar alasannya yakni secara otomatis jumlah jam mengajarnya sudah dihitung 24 jam. Apabila kondisi sekolah kekurangan guru, maka kepsek boleh mengajar untuk mengisi kekosongan. Adapun tahapan pengisiannya adalah:

1. Masuk ke aplikasi Dapodik terbaru
Pada pecahan dashboard ada beberapa hidangan yang sanggup dipilih. Cek status di beranda apakah sudah benar atau tidak. Jika jenis PTK kepala sekolah belum dipilih maka akan ada pemberitahuan yang ditulis dalam font berwarna merah. Selanjutnya status tersebut harus diganti untuk mengisi jumlah jam mengajar.

2. Pilih PTK
Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan dalam proses pengisian JJM kepala sekolah yaitu menentukan hidangan GTK kemudian klik guru. Masuk ke laman yang berisi daftar nama, NIK, jenis PTK, dan info lainnya. Data pokok ini sangat diam-diam dan hanya sanggup diakses oleh staff sekolah ibarat guru, kepsek, wakasek, dan sebagainya. Disinilah awal pengisian JJM bagi kepala sekolah semoga syarat untuk memperoleh jaminan sertifikasi guru terpenuhi.

3. Pilih nama kepsek
Carilah nama yang sesuai, kalau Anda seorang kepala sekolah dan belum melaksanakan perubahan maka status PTK masih guru mapel. Karena di Dapodik 2018 kepsek tidak diwajibkan mengajar kecuali kalau jumlah guru tidak mencukupi, secara otomatis dengan mengganti Jenis PTK maka JJM kepala sekolah pribadi menjadi 24 jam. Setelah mengklik nama maka akan masuk kelaman data pribadi.

4. Mengubah Jenis PTK
Masuk ke halaman yang memuat data pribadi, klik nama kemudian tekan hidangan ubah. Selanjutnya akan diarahkan pada beberapa data yang harus diganti semoga syarat jumlah jam mengajar tercapai. Cari hidangan jenis PTK kemudian ganti dengan mengklik pilihan kepala sekolah. Setelah yakin tidak ada data yang akan diubah lagi, segera klik tombol simpan. Jika pada Dapodik 2016 JJM kepala sekolah berjumlah 18 jam dan memerlukan 6 jam suplemen untuk mendapat tunjangan sertifikasi guru. Pada versi terbaru kali ini, kepsek pribadi memperoleh 24 jam tanpa perlu mengajar sama sekali.

5. Tugas tambahan
Pada pecahan bawah laman data pribadi tersebut, klik hidangan kiprah suplemen dan sistem secara otomatis akan mengecek status. Disitu sanggup diketahui jabatan PTK, Nomor SK, TMT suplemen dan TST tambahan. Meskipun tidak berkewajiban mengajar di kelas, kepsek tetap wajib mengisi kiprah tambahan. Dapodik 2018 dirasa sangat meringankan kiprah kepsek sehingga sanggup lebih fokus pada kiprah utamanya sebagai pimpinan sekolah. Aplikasi ini memperlihatkan banyak manfaat supaya proses berguru mengajar di sekolah sanggup berjalan lancar.

6. Cek status
Tutup laman pengubahan data kemudian klik tombol refresh untuk memperbaharui sistem. Masuk ke dashboard kemudian klik hidangan beranda dan lihat data yang tertulis. Jika berhasil, maka jenis PTK akan bermetamorfosis kepala sekolah. Ini menjadi tahapan selesai dari pengisian JJM kepala sekolah yang sanggup dibilang cukup gampang alasannya yakni semua dilakukan secara online. Sistem ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga dengan Sekolah Menengan Atas serta masing-masing mempunyai susukan dapodik yang sifatnya rahasia. Kaprikornus antara satu sekolah dengan lainnya tidak sanggup mengetahui data pribadi dan semuanya disimpan dalam satu server supaya gampang dipantau oleh pihak pusat.

Apa pentingnya aplikasi Dapodik bagi pihak sekolah? Tentu saja kiprahnya sangat vital untuk memberikan data ke sentra dalam hal ini menjadi wewenang dari kemendikbud. Jadi, kalau sekolah tidak mempunyai aplikasi ini akan sangat rugi nantinya alasannya yakni data tidak tersampaikan. Pengajuan dana untuk perlengkapan daerah berguru dari jenjang SD hingga Sekolah Menengan Atas juga sanggup dipantau disini sehingga pemberian proteksi sanggup sempurna sasaran. Selain kepsek, guru dan staff sekolah lainnya juga wajib melaksanakan pengisian terpola semoga data selalu update.

Setelah mengetahui cara pengisian JJM kepala sekolah yang disebutkan diatas semoga sanggup memperlihatkan informasi suplemen ihwal versi gres aplikasi Dapodik 2018. Dengan adanya sistem ini, maka kinerja kepsek akan lebih fokus untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

0 Response to "Pengisian Jjm Kepala Sekolah Pada Dapodik 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png