Pendaftaran Online Sttd 2017/2018

 STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat merupakan salah satu sekolah ikatan dinas yan Pendaftaran Online STTD 2017/2018

STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat merupakan salah satu sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh Kementrian Perhubungan. Tahun ini, sekolah yang mencetak generasi jago di bidang transportasi tersebut kembali membuka kesempatan bagi para putra/putri bangsa semoga sanggup menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Hal tersebut disampaikan melalui pengumuman bernomor SM. 111/348/II/STTD.2017 dari Kementrian Perhubungan. Untuk mengetahui kapan penyelenggaraannya berikut dengan syarat dan ketentuan pendaftarannya, Anda bisa menyimak info selengkapnya berikut ini.

Program Studi yang Ada di STTD

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Kemenhub, kesempatan mengikuti seleksi sebagai calon taruna di Sekolah Tinggi Transportasi Darat tersebut diselenggarakan melalui teladan pembibitan. Para putra/putri terbaik yang berminat untuk mengikuti seleksi sanggup menentukan salah satu kegiatan studi yang ada di STTD. Lima kegiatan studi yang ada tersedia dalam jenjang D-II, D-III, dan D-IV. Untuk D-II, ada 1 pilihan prodi yaitu DII Pengujian Kendaraan Bermotor. Sementara itu, untuk jenjang D-III ada 3 pilihan prodi (program studi), yaitu DIII Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; DII Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan; dan DIII Perkeretaapian. Terakhir, peminat jenjang D-IV bisa menentukan prodi Transportasi Darat.

Masing-masing Jenjang dan Prodi yang ada di STTD juga mempunyai lokasi penyelenggaraan pendidikan dan ketentuan pendidikan pelamar. Untuk D-IV misalnya, pelamar harus merupakan lulusan dari SMA/MA konsentrasi IPA atau Sekolah Menengah kejuruan jurusan tertentu menyerupai teknik mesin, teknik elektronika, teknik bangunan, teknik otomotif, teknik komputer dan informatika, teknik industri, atau teknik survey dan pemetaan dan telekomunikasi. Prodi lain juga mempunyai syarat asal pendidikan yang hampir sama. Hanya saja, untuk D-III Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan juga mengikutsertakan lulusan dari Teknik Perkapalan dan Teknik Pelayaran.

Terkait kampus tempat pembelajaran taruna berlangsung, ada 3 lokasi kampus yang digunakan. Kampus yang pertama yakni kampus Bekasi. Kampus Bekasi tersebut dipakai untuk pembelajaran bagi Taruna jenjang D-IV, D-III Perkeretaapian, D-III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan D-II Pengujian Kendaraan Bermotor. Kampus yang kedua yakni Kampus Bali. Kampus ini dipakai untuk pembelajaran taruna kegiatan D-II Pengujian Kendaraan Bermotor. Jadi, untuk prodi D-II, ada dua lokasi penyelenggaraan pendidikan, yaitu di kampus Bekasi dan Bali. Terakhir, taruna D-III Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan akan menempuh pendidikan di kampus BPPTD Palembang.

Syarat Pendaftaran Taruna STTD

Bagi mereka yang berminat untuk mendaftarkan diri Sekolah Tinggi Transportasi Darat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut berkaitan dengan syarat fisik, nilai, kesanggupan, dan sebagainya. Baik laki-laki maupun perempuan yang mendaftarkan diri harus memenuhi persyaratan fisik menyerupai tidak buta warna, tidak berkacamata atau lensa kontak, sehat jasmani rohani, serta mempunyai tinggi tubuh minimal 165 untuk laki-laki dan 160 untuk wanita. Selain itu, peserta juga harus berusia maksimum 23 tahun pada September 2017. Pendaftar juga harus berasal dari kawasan yang menjalin kerjasama pembibitan dengan STTD dan mempunyai nilai Matematika dan Fisika pada rapor dengan rata-rata minimal 7.

Ketika mendaftarkan diri, peserta juga harus mempunyai kesanggupan untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan. Selebihnya, peserta harus menyertakan beberapa berkas penunjang menyerupai pas foto berwarna 4x6, sertifikat lahir, surat keterangan belum menikah, ijazah, STTB, dan sebagainya. Apabila pendaftar masih duduk di kelas XII SMA, ia harus menyertakan surat yang menyatakan sebagai peserta UN dari Kepsek.

Prosedur Pendaftaran Taruna STTD

Selain persyaratannya, para pendaftar taruna STTD juga harus mengikuti mekanisme registrasi sebagaimana yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara yang dibuat oleh Kemenpan RB. Pertama, para peserta harus melaksanakan registrasi pada portal nasional penerimaan siswa/taruna pada sekolah ikatan dinas. Pendaftaran ini sendiri dijadwalkan berlangsung pada 9-31 Maret. Khusus untuk teladan pembibitan, ada dua dua poin penting yang harus diperhatikan. Pertama, kegiatan studi yang ada di BPPTD Palembang dan Bali menyediakan dua jalur penerimaan yaitu reguler dan pembibitan. Kedua, peserta jalur pembibitan diwajibkan untuk melaksanakan registrasi di Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kemenpan RB terlebih dahulu. Setelah mendapat username, password, dan konfirmasi, peserta bisa melaksanakan registrasi di portal BPSDMP. Log in ke portal ini sanggup dilakukan dengan memakai data yang diperoleh pada portal panselnas Kemenpan RB.

Siswa yang telah melaksanakan registrasi dan dinyatakan lolos dalam seleksi manajemen bisa melaksanakan proses selanjutnya, yaitu meminta surat rekomendasi keikutsertaan dalam seleksi Calon Taruna jalur Pembibitan di Badan Kepegawaian Daerah. Apabila ingin mendapat info lebih rinci mengenai tata cara registrasi atau lainnya, Anda bisa membuka portal https://sttd.ac.id atau https://bpsdm.dephub.go.id. Terkait info registrasi di portal panselnas, Anda bisa mengakses https://www.panselnas.id.

Tahapan Seleksi Taruna STTD

STTD memutuskan beberapa tahapan seleksi untuk para pendaftarnya. Tahapan yang pertama yakni seleksi manajemen atau seleksi kelengkapan berkas persyaratan. Peserta yang lolos dalam seleksi ini kemudian bisa mengikuti tes Kemampuan Dasar (TKD). Berikutnya ada 4 jenis tahapan tes atau ujian yang mengikuti, yaitu tes potensi akademik, psikotest, tes kesehatan, dan tes kesamaptaan dan wawancara.

Lokasi Lapor Diri Peserta Jalur Pembibitan STTD

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi manajemen nantinya diwajibkan untuk memintakan surat rekomendasi yang isinya sanggup mengikuti seleksi lanjutan yang diadakan BKD. Peserta Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau seleksi lanjutan yang dimaksud sanggup mengantongi prasyarat keikutsertaan dengan menghubungi BKD yang menjalin kerjasama jalur Pembibitan dengan STTD. Terkait lokasinya, Anda bisa menghubungi satu dari 71 lokasi BKD yang tersebar di kota dan kabupaten. Lalu, mana saja ke-71 lokasi tersebut? Anda bisa mendapat informasinya melalui daftar lokasi BKD yang dibagikan.

Lokasi Seleksi Taruna STTD Jalur Pembibitan

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilakui oleh registrasi taruna STTD. Kini, apa yang akan disampaikan yakni dimana proses seleksi tersebut akan diadakan. Seleksi untuk para peserta akan diselenggarakan di sekitar 30 titik lokasi yang merupakan SATKER/UPTBPSDMP dan Dinas Perhubungan Provinsi. Dari 30 lokasi yang ada, peserta bisa menentukan lokasi yang paling bersahabat dengan tempat ia berdomisili. Perlu diingat pula bahwa pemilihan lokasi untuk mengikuti seleksi hanya bisa dilakukan 1 kali saja. Apabila ingin mengetahui daftar lokasi berlangsungnya seleksi SIPENCATAR berikut dengan alamatnya, Anda bisa mendapat informasinya dengan melihat daftar lokasi seleksi SIPENCATAR yang disediakan.

Info Lain-Lain

Ada beberapa poin penting yang juga harus diperhatikan oleh para pendaftar Taruna di STTD. Pertama, mereka yang berminat untuk mendaftar disarankan untuk memperhatikan setiap detail terkait pengumuman kegiatan penyelenggaraan seleksi di situs https://sipencatar.dephub.go.id. Selain itu, peserta seleksi juga tidak diperbolehkan melaksanakan surat menyurat dalam bentuk apapun dengan panitia Seleksi Penerimaan Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan.

Selain kedua hal di atas, ada beberapa hal penting terkait biaya yang juga harus diketahui oleh para peserta registrasi taruna STTD. Untuk mendaftar, masing-masing peserta harus membayar formulir registrasi seharga Rp 150.000. Perlu diingat pula bahwa uang yang telah disetorkan tidak sanggup ditarik/diminta kembali. Biaya yang disebutkan juga sudah termasuk biaya seleksi pada seluruh tahapan.

Terkait tahapannya, sistem yang diterapkan dalam setiap tahapan seleksi yakni sistem gugur dimana peserta yang tidak lolos pada satu tahapan seleksi tidak sanggup mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Nantinya, hasil seleksi dari setiap tahapan tes pendaftar STTD akan disampaikan melalui pengumuman yang diposting melalui situs resmi Kementrian Perhubungan, SIPENCATAR KEMENHUB, dan BPSDMP. Situs resmi Kemenhub sendiri ada di www.dephub.go.id sedangkan BPSDMP beralamatkan di bpsdm.dephub.go.id. Sementara itu, website SIPENCATAR KEMENHUB bisa diakses dengan mengetikkan https://sipencatar.dephub.go.id pada address kafe di mesin pencarian.

Demikian beberapa info mengenai Sekolah Tinggi Transportasi Darat dan penyelenggaraan penerimaan taruna gres di sekolah ikatan dinas tersebut yang bisa Anda jadikan sebagai suplemen referensi. Apabila mempunyai pertanyaan atau lainnya terkait STTD maupun registrasi taruna gres di kampus ini, Anda bisa membuka website resminya atau menghubungi eksklusif sekolah tersebut melalui kontak yang ada. Jadi, semoga tidak terkena tindak penipuan, tetap pastikan bahwa Anda mendapat info dengan sejelas-jelasnya dari pihak penyelenggara resmi.

0 Response to "Pendaftaran Online Sttd 2017/2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png