Pendaftaran Online Stmkg 2017/2018

 Berhasil masuk ke sekolah kedinasan tentu menjadi pujian tersendiri bagi hampir semua Pendaftaran Online STMKG 2017/2018

Berhasil masuk ke sekolah kedinasan tentu menjadi pujian tersendiri bagi hampir semua kalangan masyarakat. Karena menyerupai yang diketahui, proses seleksi masuknya sangat ketat dan setara dengan registrasi masuk CPNS. Salah satu sekolah kedinasan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat pembukaannya yaitu STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Seperti yang diketahui bahwa Pemerintah melalui KemenPAN-RB merilis info resmi terkait dengan tanggal registrasi calon mahasiswa/praja/ taruna perguruan tinggi kedinasan untuk periode 2017/2018. Informasi mengenai registrasi ini disampaikan pada khalayak ramai melalui situs online yakni Panselnas. Dalam info tersebut, dijelaskan bahwa ada 8 perguruan tinggi kategori kedinasan yang akan membuka registrasi mahasiswa baru. Dari situs resmi KemenPAN-RB, diketahui bahwa total mahasiswa dari 8 kedinasan yang akan diterima yaitu sebanyak 10.289 orang.

Salah satu sekolah tinggi kedinasan yang banyak menarik perhatian masyarakat yaitu Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Perguruan tinggi yang disingkat menjadi STMKG ini sudah ada semenjak tahun 1955. Awalnya dikenal dengan nama AMG atau Akademi Meteorologi dan Geofisika. Lokasi kampus AMG ini awalnya berada dalam satu daerah ITB. Tapi kemudian pindah ke Jakarta, tepatnya Kantor sentra Lembaga Meteorologi dan Geofisika di Jakarta. Karena memang, Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Badan Meteorologi dan Geofisika. Selanjutnya, nama AMG diganti menjadi namanya menjadi BPLMG atau Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika. Namun, statusnya justru berada di bawah naungan Badan Diklat Departemen Perhubungan.

Mengalami beberapa kali perubahan nama dan naungan, sekarang perguruan tinggi ini resmi menjadi salah satu bab dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dan berjulukan STMKG. Taruna atau mahasiswa yang sudah berhasil menuntaskan pendidikannya diperlukan mempunyai kompetensi yang sesuai dengan aktivitas studi yang diambil mulai dari melaksanakan kalibrasi dan pemeliharaan, instalasi perbaikan, mengoperasikan dan merawat peralatan meteorologi, dan masih banyak yang lainnya. Sama menyerupai sekolah tinggi kedinasan lain, sekolah tinggi ini juga menerapkan pendidikan dengan sistem disiplin yang tinggi. Hal ini dilakukan semoga semua taruna mempunyai moral dan perilaku yang baik sesudah lulus dan menjadi kader di BMKG mendatang. Karena menyerupai yang diketahui, mahasiswa yang telah lulus sekolah kedinasan nantinya akan diangkat menjadi CPNS menurut kebutuhan instansi yang menaunginya.

Selama kuliah, para mahasiswa tidak akan membayar biaya sekolah sepeser pun kecuali ketika registrasi tes dan pertama kali masuk untuk membayar seragam, madabintal, seragam dan lain sebagainya. Perguruan tinggi ini semakin menarik alasannya para mahasiswanya akan diberikan pinjaman atau uang saku setiap bulannya. Bahkan mereka juga akan mendapat jaminan kesehatan. Sangat menarik bukan? Melihat hal tersebut, maka tidak mengherankan proses registrasi STMKG sangatlah sulit. Dimana selain harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, peserta juga harus bisa lolos dalam semua tahapan seleksi berupa ujian tertulis, tes kesehatan dan lain-lain yang sudah ditentukan oleh pihak panitia penerimaan mahasiswa atau taruna baru.

Penerimaan Calon Mahasiswa Baru STMKG

Melalui situs resminya, STMKG  juga merilis pengumuman wacana penerimaan calon mahasiswa gres untuk tahun 2017. Penerimaan taruna ini memang dilakukan secara serentak bersamaan dengan sekolah dinas lain terhitung semenjak tanggal 9 Maret hingga dengan 31 Maret 2017. Jumlah kuota untuk mahasiswa gres yang disediakan sebanyak 250 mahasiswa yang dibagi menjadi 4 aktivitas studi yakni aktivitas studi Geofisika, klimatolog, instrumen-MKG dan Meteorolog. Untuk Anda yang tertarik mengikuti tahapan seleksi masuk tentunya harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak panitia. Syarat umum yang diajukan tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya. Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi diantaranya yaitu belum menikah, warga negara Indonesia, bebas narkoba dan lain sebagainya.

Pendaftar yang berkacamata dihentikan lebih dari -2, tidak silinder dan spheris. Usia pendaftar minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun. Kaprikornus Anda yang usianya kurang atau melebihi akan gugur sebelum mengikuti tahapan pertama. Tak hanya itu, pendaftar yang berhasil masuk juga dihentikan menikah selama menjalankan pendidikan. Biasanya, akan ada surat kesepakatan yang harus dibentuk atau ditandatangani oleh mahasiswa semoga tidak melanggar ketentuan yang berlaku tersebut. Masyarakat yang ingin mendaftar juga harus memenuhi persyaratan terkait dengan nilai akademik. Dimana bagi calon taruna yang sudah lulus atau masih duduk di Sekolah Menengan Atas harus mempunyai nilai rapor masing-masing paling kecil 70 pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika dan Fisika.

Pelamar juga tidak sedang dalam posisi sebagai CPNS atau ikatan dinas dengan forum atau instansi lain. Untuk pria, tinggi minimal yang harus dipenuhi yaitu 163 cm. Sementara untuk perempuan yaitu 155 dengan berat yang ideal atau seimbang. Pelamar yang berhasil lulus harus bersedia untuk bekerja di BMKG sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati sebelum pendaftaran. Lantas, tahap apa saja yang harus dilalui untuk menjadi salah satu mahasiswa dari STMKG?

Tahapan Ujian Seleksi Masuk STMKG

Perlu diketahui bahwa sekolah tinggi ini membagi mekanisme registrasi menjadi tiga tahapan. Tahapan yang pertama yaitu Tes Kemampuan Dasar atau TKD. Tahapan kedua yaitu Tes Kompetensi Bidang atau TKB yang di dalamnya mencakup ujian Bahasa Inggris, Matematika dan Fisika. Dan Tahapan ketiga yaitu tes wawancara dan tes kesehatan. Tahapan kedua hanya bisa dilakukan sesudah pelamar berhasil lulus di tahapan yang pertama. Begitu pula tahapan ketiga. Dimana hanya pelamar yang berhasil pada tahapan pertama dan kedua sajalah yang bisa mengikuti ujian di tahapan ketiga.

Untuk lokasi ujian TKB dan TKD akan dilakukan pada 10 kantor BKN atau Badan Kepegawaian Negara yang tersebar di banyak sekali wilayah. Beberapa diantaranya yaitu kantor BKN di Palembang, Medan, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan lain sebagainya. Tes tulis ini akan dilakukan memakai menggunakan sistem CAT yakni Computer Assisted Test. Calon pelama dibebaskan untuk menentukan lokasi ujian yang yang disediakan oleh pihak penyelenggara penerimaan mahasiswa gres STMKG. Untuk bisa memilihnya, pelamar harus melaksanakan registrasi dengan mengisi formulir online terlebih dahulu.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah, setiap peserta yang mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa di sekolah kedinasan yang menerapkan sistem CAT harus membayar biaya pelaksanaan sejumlah Rp 50 ribu. Sementara jadwal pelaksanaan TKD serta lokasi tes gres bisa dilihat pada 20 April 2017 di website resmi penerimaan Taruna Baru STMKG. Calon yang diketahui tidak hadir di lokasi ujian yang dipilih sendiri secara otomatis akan gugur. Di dalam Tes Kemampuan Dasar, ada beberapa tes yang harus dilalui menyerupai Tes Karakteristik Pribadi, Tes Wawasan Kebangsaan dan Inteligensia Umum.

Peserta yang berhasil lolos mengikuti semua ujian, maka tahapan yang harus dilalui selanjutnya yaitu melaksanakan investigasi kesehatan. Lokasi investigasi harus di Rumah Sakit yang sudah ditentukan oleh panitia penerimaan mahasiswa gres sesuai mengikuti tahapan wawancara. Selanjutnya, rekam medis investigasi kesehatan akan dikirimkan paling lambat tanggal 31 Mei 2017 di alamat Panitia penerimaan Taruna/Mahasiswa Baru. Setelah memahami persyaratan dan tes-tes apa yang harus dilalui, tentunya Anda harus mengetahui tata cara dan mekanisme registrasi bukan? Berikut ini yaitu tata cara registrasi STMKG yang harus Anda pahami.

Tata Cara Pendaftaran STMKG yang Harus Anda Pahami
  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk registrasi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yaitu menyiapkan nomor hp, KTP, alamat email yang aktif, pas photo format jpg (300-500kb) dan KK.
  2. Selanjutnya, Anda mulai lakukan registrasi di halaman website Panselnas KemenPAN-RB.  Dalam laman website tersebut, Anda akan diarahkan untuk mengisi data untuk mendapat bukti pendaftaran. Setelah mendapat Nomor akun dan password, Anda masuk ke laman panitia penerimaan mahasiswa gres di sekolah kedinasan yang ingin diikuti. Selanjutnya, Anda akan mendapat email dan SMS yang isinya yaitu no pembayaran. Nomor tersebut akan digunakan untuk membayar biaya registrasi sejumlah Rp 80 ribu. Setelah membayar, Anda masuk kembali ke laman panitia penerimaan Taruna Baru untuk melaksanakan verifikasi bahwa Anda sudah membayar sesuai dengan prosedur. Barulah Anda mengisi semua data sudah melalui website panitia STMKG dan simpan.
  3. Anda akan memperoleh Kartu Tanda Peserta Penerimaan Taruna Baru. Cetak dan gunakan tanda peserta ini untuk mengikuti semua tes yang akan dilakukan selama proses seleksi masuk.

Demikianlah ulasan mengenai jadwal dan mekanisme registrasi STMKG. Semoga info kali ini sanggup menambah wawasan Anda yang berencana untuk mengikuti seleksi masuk sekolah tinggi ikatan dinas ini.

0 Response to "Pendaftaran Online Stmkg 2017/2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close