Pendaftaran Online Stis 2017/2018

 Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau yang disingkat STIS yakni forum pendidikan kedinasa Pendaftaran Online STIS 2017/2018

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau yang disingkat STIS yakni forum pendidikan kedinasan yang berada dibawah Badan Pusat Statistik RI. Sekolah tinggi ini mengalami peningkatan dengan status awal Akademi Ilmu Statistik. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menyelenggarakan jadwal Diploma tiga atau D3 yang akan ditempuh selama tiga tahun, serta jadwal Diploma empat atau D4 yang akan ditempuh selama empat tahun.

Ada tiga jenis jadwal studi yang ditawarkan kepada calon mahasiswa antara lain DIII Statistika, DIV Statistika, dan DIV Komputasi Statistik. Untuk jadwal studi statistika sendiri mempunyai dua peminatan yakni dalam bidang sosial kependudukan dan bidang ekonomi. Kurikulum disusun menurut perkembangan ilmu sosial, ekonomi, teknologi, dan kependudukan. Gelar yang akan disandang oleh lulusan STIS yakni hebat madya untuk jadwal D3 dan sarjana terapan untuk jadwal D4.

Prosedur Mahasiswa Ikatan Dinas

Sekolah tinggi tersebut menunjukkan dua jenis status kemahasiswaan kepada calon mahasiswanya. Yang pertama yakni mahasiswa ID atau Ikatan Dinas. Status kemahasiswaan ini diperuntukkan bagi lulusan dari jenjang SMA/MA yang bisa memenuhi segala persyaratan. Calon pesertanya harus melaksanakan registrasi dan seluruh proses seleksi sebelum direkrut menjadi mahasiswa baru. Seleksi penerimaan akan dilaksanakan setiap tahun. Selama menempuh studi, mahasiswa ID akan dibebaskan dari biaya pendidikan serta mendapat pinjaman atau uang saku sesuai peraturan dengan adanya ikatan dinas.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Mahasiswa ID

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seluruh calon mahasiswa Ikatan Dinas.

  1. Sehat jasmani rohani, bebas narkoba, dan tidak buta warna.
  2. Calon Peserta Program D3/Diploma tiga merupakan siswa SMA/MA yang pada tahun pelajaran 2016/2017 berada di kelas XII jurusan  IPS/IPA, atau siswa yang sudah lulus sesuai ketentuan tersebut sebelum memasuki tahun pelajaran 2016/2017 dan per tanggal 1 Oktober 2017 usia maksimal 22 tahun. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masing-masing tidak lebih rendah dari B atau 7,00 pada rapor semester satu kelas XII. Program D3 ini dikhususkan bagi pendaftar dengan domisili Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Riau serta Bangka Belitung.
  3. Calon Peserta STIS Program D4/Diploma empat merupakan siswa SMA/MA yang pada tahun pelajaran 2016/2017 berada di kelas XII jurusan IPA, atau siswa yang sudah lulus sesuai ketentuan tersebut sebelum memasuki tahun pelajaran 2016/2017 dan per tanggal 1 Oktober 2017 usia maksimal 22 tahun. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masing-masing tidak lebih rendah dari B atau 7,00 pada rapor semester satu kelas XII.
  4. Telah lulus UN serta mempunyai ijazah kalau sudah diterbitkan atau ijazah sementara berupa Surat Keterangan Lulus.
  5. Calon peserta tidak sedang dalam keadaan menjalankan ikatan kedinasan dengan forum lain.
  6. Status komitmen nikah yakni belum menikah dan selama masih menjadi mahasiswa bersedia untuk tidak menikah hingga pengangkatan PNS.
  7. Bagi calon peserta yang lulus seleksi harus bersedia menandatangani SPID atau Surat Perjanjian Ikatan Dinas dan mengikuti proses pendidikan dengan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku. Setelah menuntaskan pendidikannya dan lulus harus bersedia untuk ditempatkan pada unit kerja BPS yang tersebar di banyak sekali wilayah Indonesia, sesuai penempatan, hingga tingkat kota/kabupaten.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website Panitia Seleksi Nasional Kemenpan. Isilah data registrasi online pada aplikasi SPMB STIS. Password dan NIK yang diisikan sama persis dengan registrasi online pada website. Calon peserta mendapat instruksi pembayaran dan nomor pendaftaran. Kode pembayaran tersebut dipakai calon peserta untuk melaksanakan pembayaran biaya seleksi sebesar 300 ribu rupiah sebelum batas terakhir pembayaran ditutup dan dibayarkan melalui Bank Mandiri atau BRI. Kemudian, calon peserta membuka website resmi STIS dan mencetak KTPUM yang tersedia, kemudian mengikuti petunjuk pada kartu tersebut.

Lokasi dan Jenis Ujian

Untuk lokasi ujian, calon peserta jadwal D4 diberi kebebasan untuk bisa menentukan sendiri lokasi ujian yang diinginkan, tersebar di 33 provinsi yang ada di Indonesia. Calon peserta bisa mengikuti ujian dimanapun, tidak harus sesuai dengan tempat menuntaskan pendidikan jenjang sebelumnya maupun tempat tinggal yang bersangkutan. Selain itu, ada empat jenis ujian yang harus dilewati. Tahap satu yakni tes tulis Bahasa Inggris dan Matematika. Tahap dua yakni TKD atau tes kemampuan dasar. Tahap tiga merupakan tes psikotes, sedangkan tahap empat yakni tes kesehatan calon peserta.

Informasi Lain-Lain

Selain informasi penting di atas, ada beberapa informasi lainnya yang perlu diketahui. Yang pertama, hasil ujian pada setiap tahap ujian akan diumumkan di kantor Badan Pusat Statistik provinsi, website, dan kampus STIS sesuai jadwal. Kedua, pemberkasan bagi calon peserta yang lulus semua tahapan seleksi yakni dengan menyerahkan salinan rapor semester satu kelas XII, Surat Perjanjian SPID bermaterai dan bertandatangan, dan ijazah asli.

Adapun informasi perubahan ketentuan terkait pelaksanaan penerimaan mahasiswa gres bisa dilihat di kantor BPS tingkat provinsi, website, dan kampus STIS. Terakhir, alamat pantia PMB sentra berada di Jl. Otto Iskandar Dinata 64C Jakarta Timur, Kode Pos 13330 dengan nomor telepon: (021) 8191437, 8508812. Sementara itu, alamat panitia PMB kawasan berada di seluruh kantor Badan Pusat Statistik di Indonesia, sedangkan provinsi DKI Jakarta panitia PMB wilayahnya yakni Kampus STIS langsung.

Prosedur Mahasiswa Tugas Belajar

Status kemahasiswaan yang kedua yakni mahasiswa TB atau Tugas belajar. Mahasiswa ini merupakan para pegawai Badan Pusat Statistik, Kementrian, TNI/POLRI, BUMN/BUMD, serta beberapa Badan Pemerintah atau swasta lainnya dan mahasiswa gila dengan kiprah dari negara atau instansinya untuk menempuh pendidikan di akademi ini. Biaya pendidikan mahasiswa TB akan ditanggung oleh forum yang memberi mereka kiprah belajar.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Mahasiswa TB

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa TB mempunyai sedikit perbedaan dengan mahasiswa ID.

  1. Sehat jasmani rohani, bebas narkoba, tidak buta warna, dan merupakan lulusan dari jurusan IPA jenjang SMA/MA atau lulusan jadwal D1 STIS. Nilai mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika masing-masing tidak lebih rendah dari B atau 7,00 pada rapor semester satu kelas XII. Untuk mata pelajaran afektif dan kognitif, maka nilai kognitif yakni yang akan dilihat. Apabila keduanya tidak ada pada semester satu kelas XII, maka yang akan dilihat yakni nilai semester paling selesai sehabis selesainya kedua mata pelajaran afektif dan kognitif.
  2. Calon peserta mempunyai status sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil, anggota POLRI/TNI, atau pegawai tetap BUMN/BUMD, serta telah mendapat kiprah resmi dari forum yang bersangkutan untuk menempuh proses pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menurut surat kolaborasi forum dengan BPS/STIS.
  3. Umur calon peserta maksimal 27 tahun per tanggal 1 Oktober tahun 2017 dengan syarat pada 1 Oktober 1990 atau setelahnya telah lahir.
  4. Mematuhi seluruh peraturan yang berlaku

Tata Cara Pendaftaran

Adapun tata cara pendaftarannya, calon peserta mendaftar via online di aplikasi SMPB STIS dengan mengisi semua data registrasi yang diminta dan memperoleh nomor pendaftaran. Lalu, calon peserta mengirimkan berkas mencakup salinan ijazah legalisir SMA/MA, salinan rapor dari legalisir SMA/MA mencakup halaman nilai dan data pribadi, surat kiprah instansi, serta surat keterangan pengangkatan POLRI/TNI/PNS/BUMN/BUMD, yang kemudian dikirimkan ke kampus bab sekretariat PMB.

Jika memenuhi persyaratan, calon peserta akan dihubungi oleh panitia via email begitu juga dengan yang belum atau tidak memenuhi persyaratan. Calon yang memenuhi syarat akan mendapat instruksi pembayaran yang dipakai untuk proses pembayaran di Bank Mandiri atau BRI sebesar 300 ribu rupiah. Setelah itu, buka website resmi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik dan cetak KTPUM. Ikuti petunjuk selanjutnya pada kartu tersebut.

Jadwal Penting Seleksi STIS 2017

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar di  STIS, Anda bisa pribadi membuka situs resminya. Pendaftaran dibagi dalam beberapa sesi yang kesemuanya wajib diikuti oleh peserta. Oleh alasannya yakni itu, bagi para calon mahasiswa disarankan untuk memantau jadwal seleksi mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berminat melanjutkan studi di akademi ini.

0 Response to "Pendaftaran Online Stis 2017/2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close