Panduan Evaluasi K13 Revisi Tahun 2017

Paduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 merupakan panduan evaluasi ini yang meliputi konsep penilaian, evaluasi oleh pendidik, dan evaluasi oleh satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik meliputi evaluasi aspek sikap, evaluasi aspek pengetahuan, dan evaluasi aspek keterampilan. Lingkup evaluasi hasil berguru oleh satuan pendidikan meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan evaluasi aspek perilaku dilakukan oleh pendidik dan dilaporkan oleh satuan pendidikan.

Baca Juga: Kumpulan Buku Guru dan Siswa K13 SD/MI Edisi Revisi Tahun 2017

Penilaian Harian (PH) yaitu proses pengumpulan dan pengolahan gosip hasil berguru penerima didik yang dipakai untuk menetapkan kegiatan perbaikan atau pengayaan menurut tingkat penguasaan kompetensi danmemperbaiki proses pembelajaran (assessment as danfor learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).

Baca Juga: Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika K13 SD/MI

Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada ahad ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapun materi Perguruan Tinggi Swasta meliputi semua KD yang sudah dipelajari hingga dengan ahad ke-7 atau ke-8.
Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada final semester gasal dengan materi semua KD pada semester tersebut.
Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada final semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.
Ujian Sekolah (US) yaitu kegiatan pengukuran dan evaluasi kompetensi penerima didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam USBN dan dilakukan oleh satuan pendidikan.

Baca Juga: Ekuivalensi Tugas Tambahan Guru dalam PP No. 19 Tahun 2017 perihal Guru

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yaitu kegiatan pengukuran capaian kompetensi penerima didik yang dilakukan satuan pendidikan untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh legalisasi atas prestasi belajar. Naskah USBN disiapkan oleh pemerintah bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Panduan evaluasi kurikulum 2013 ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:
  1. Merencanakan, membuatkan instrumen, dan melakukan evaluasi hasil belajar;
  2. Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian;
  3. Menerapkan kegiatan remedial bagi penerima didik yang belum mencapai KKM, dan kegiatan pengayaan bagi penerima didik yang telah mencapai KKM; dan
  4. Melaksanakan supervisi penilaian.
Download Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2017

Berikut yaitu Panduan Penilaian K13 Edisi Revisi Tahun 2017 yang sanggup teman unduh melalui tautan berikut ini;


Panduan ini diperuntukkan terutama bagi Pendidik sebagai pedoman dalam merencanakan, melakukan penilaian, mengolah, memanfaatkan hasil penilaian, dan menyusun rapor; Kepala sekolah dan pengawas untuk merancang kegiatan supervisi pendidikan yang berkaitan dengan evaluasi oleh pendidik di sekolah; dan Pihak-pihak lain yang terkait dengan evaluasi pencapaian kompetensi penerima didik.

Demikian gosip perihal Panduan Penilaian K13 Revisi Tahun 2017, Semoga bermanfaat untuk teman .

Baca Juga:

0 Response to "Panduan Evaluasi K13 Revisi Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png