Masalah Dan Solusi Emis Madrasah Online 2017/2018


Sobat , Pendataan Emis Madrasah pada tahun 2017/2018 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jikalau ditahun sebelumnya pendataan emis madrasah selalu memakai paduan Form excel dan aplikasi dekstop. Maka untuk tahun ini,pendataan Emis Madrasah memakai Web Based, yang artinya pendataan dilakukan secara pribadi atau dengan input data secara online.

Tentu saja, berdasarkan kami, hal ini merupakan bentuk perkembangan yang cantik bagi dunia pendidikan Madrasah di indonesia, serta mengatakan cita-cita yang berpengaruh dari Dirjen Pendis untuk menjalankan aktivitas Triple Quick Wins. biar saja, kedepan akan lebih baik untuk madrasah yang lebih baik, Amin.

Baiklah, berikut telah kami rangkum beberapa permasalahan serta solusi dalam pengerjaan Emis Madrasah Online Tahun Pelajaran 2017/2018, hal ini berangkat dari pengalaman pribadi kami, ketika menjalankan kiprah sebagai operator yakni input data disebuah Madrasah kecil dipelosok desa.

Tentu saja, solusi kami belum tentu 100% tepat, namun perlu dicoba untuk mengatasi permasalahan yang teman operator madrasah sedang hadapi.

Masalah dan Solusi Emis Madrasah Online 2017/2018

1. Tidak Bisa Simpan (Save) Data

Masalah ini terjadi lantaran beberapa kemungkinan, antara lain;
  • Teks yang kita isikan pada salah satu kolom isian terlalu panjang, sehingga sistem tidak menerima, lantaran dalam pembuatan database dengan basic PHP Myadmin, tiap kolom isian mempunyai batas abjad yang harus diisikan. Contoh; ketika mengisi nama wali kelas, sedangkan nama wali kelas jikalau kita tulis menjadi sangat panjang. Solusi: Singkat nama Wali kelas/teks yang kita masukkan.
  • Masih ada isian yang kosong atau belum kita isi. Solusi: Isi terlebih dahulu, lantaran ada beberapa isian dalam Emis Madrasah yang wajib di isi.
  • Koneksi Jaringan tidak stabil. Solusi: Pakai koneksi jaringan internet yang berpengaruh dan stabil.

2. Tidak Bisa Mutasi Masuk

Permasalahan ini terjadi lantaran beberapa sebab, yaitu:
  • Siswa tersebut belum dimutasi pada database siswa disekolah/madrasah asal. Solusi: Pastikan siswa tersebut benar-benar telah dimutasi/dikeluarkan oleh sekolah asal.
  • Penginputan NIS lokal. Jika poin 1 telah dilakukan namun tetap saja gagal, maka dalam penginputan NIS lokal memakai NIS lokal ketika siswa tersebut di sekolah asal.

3. Tidak Bisa Login

Dalam kasus ini, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa url, email, dan password sudah benar. Jika masih gagal login, maka teman perlu memperhatikan dan melaksanakan langkah-langkah berikut;
  • Belum waktunya masuk aktivitas pendataan di wilayah sobat, maka teman harus sabar menungg
  • Hapus history dan cache di browser dengan langkah berikut: (1) Mozila Firefox : klik Markah riwayat di pojok kanan atas >> Riwayat >> Bersihkan Riwayat Terakhir >> Klik Semuanya >> Klik Bersihkan Sekarang. (2) Google Chrome : klik tanda titik tiga di pojok kanan atas (Sesuaikan dan control google chrome >> Riwayat >> Hapus Data Browsing >> Centang seluruhya >> Hapus.
  • Langkah terakhir jikalau langkah diatas  tidak berhasil, silahkan  login dengan menghapus Hypertext Transfer Protocol /HTTP, sehingga https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/ menjadi emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/.
Demikianlah beberapa permasalahan dan solusi wacana Emis Madrasah online,semoga membantu, jikalau teman mempunyai kritik saran serta revisi untuk permasalahan dan solusi diatas,silahkan tinggalkan pada kolom komentar. Terima kasih.
Kami_Madrasah

0 Response to "Masalah Dan Solusi Emis Madrasah Online 2017/2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png