Masa Kerja Pendamping Pkh Di Tahun 2018

 tentu Anda sudah pernah mendengar istilah satu ini Masa Kerja Pendamping PKH di Tahun 2018

PKH, tentu Anda sudah pernah mendengar istilah satu ini. Pada dasarnya PKH merupakan kependekan dari Program Keluarga Harapan. Pada pelaksanaannya, PKH ini didampingi oleh seorang petugas yang mempunyai masa kerja tersendiri. Lalu berapa usang Masa kerja Pendamping PKH ini? Pada dasarnya PKH merupakan sebagai bentuk upaya  Pemerintah dalam memberantas kemiskinan di Indonesia. Maka dari itu, penting bagi orang-orang yang bertugas dalam kegiatan ini untuk mengetahui masa kerja yang harus mereka jalani. Untuk itu, berikut beberapa gosip terkait PKH dan masa kerja Petugas Pendamping.

Beberapa Hal Mengenai Masa Kerja Pendamping PKH

Sebagaimana diketahui, bahwa sampai ketika ini kemiskinan menjadi dilema yang cukup serius bagi Indonesia. Hal ini dikarenakan masih banyak ditemukan para keluarga yang tidak sanggup mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari (miskin). Sehingga Pemerintah berupaya memberantas kemiskinan tersebut dengan meluncurkan Program Keluarga Harapan (PKH) ini. Namun, kesuksesan penyelenggaraan PKH harus dibantu oleh seorang petugas. Kemudian petugas tersebut dikenal dengan sebutan Pendamping PKH. Petugas ini nanti berwenang dan bertanggung jawab atas Keluarga-Keluarga yang ikut serta dalam PKH itu sendiri.

Layaknya sebuah profesi, maka Pendamping PKH ini juga mempunyai masa kerjanya tersendiri. Masa kerja Pendamping PKH sendiri diatur sesuai dengan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Kemensos. Selama menjadi Pendamping PKH, Anda harus menunaikan sejumlah kiprah yang telah diberikan. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 poin yang terkait dengan Pendamping Program Keluarga Harapan di bawah ini.

1. Siapa itu Pendamping PKH?

Sesuai dengan pemikiran kerja PKH, Pendamping PKH ialah seorang petugas yang direkrut oleh Kementrian  Sosial (Kemensos) Indonesia. Para petugas ini nantinya akan ditetapkan sebagai Pendamping resmi PKH dengan sejumlah beban kiprah yang harus dilaksanakan. Selama dalam Masa kerja Pendamping PKH, mereka juga akan terikat dengan Surat Keputusan yang dikeluarkan Instansi terkait. Di samping sebagai petugas Pendamping, mereka juga menjadi ujung tombak atas keberhasilan dari kegiatan ini sendiri. Sehingga profesionalisme dan kesungguhan dalam bekerja sangat diperlukan.

2. Apa Saja Tugas yang Harus Dikerjakan?

Ada beberapa kiprah yang harus dikerjakan selama dalam Masa kerja Pendamping PKH. Tugas-tugas tersebut terdiri atas tiga bagian, yaitu kiprah Pokok, Pengembangan, dan Penunjang. Tugas Pokok Pendamping PKH berupa sosialisasi dari kegiatan ini sendiri. Kemudian mereka juga harus mengadakan pertemuan dengan para penerima calon PKH. Pertemuan tersebut juga harus mempunyai follow up pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

Sementara Tugas Pengembangan sanggup berupa pelaksanaan kolaborasi dengan para tokoh masyarakat terkait PKH ini. Kemudian Pendamping juga harus melaksanakan kolaborasi dengan organisasi PKK yang bersangkutan dengan PKH. Sedangkan Tugas Penunjang berupa dokumentasi dari setiap kegiatan PKH yang diselenggarakan, serta menyebarkan potensi diri sebagai Pendamping PKH.  Tugas lebih rinci sanggup Anda pelajari pada pemikiran kerja PKH.

3. Berapa Lama Alokasi Jam Kerja Pendamping PKH?

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi Pendamping dari kegiatan ini ialah Alokasi Waktu Kerja yang diberikan. Sebagai Pendamping PKH Anda tidak dibebankan dengan waktu yang ditentukan menyerupai pekerjaan lainnya. Anda akan bekerja dalam Purnawaktu selama dalam Masa kerja Pendamping PKH. Anda sewaktu-waktu sanggup saja melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan PKH, baik pada Pagi, Siang, atau pun Sore hari. Sehingga hal ini akan membedakan Anda dari para pekerja di bidang lainnya.

4. Di Mana Para Pendamping Akan Mengantor?

Sebagai petugas yang mempunyai SK dari Kemensos, maka Anda juga harus melaksanakan rutinitas di Kantor. Seperti mengisi daftar hadir, mengikuti upacara bendera hari Senin, maupun melaksanakan koordinasi kerja dengan aparatur terkait. Semua hal itu sanggup Anda lakukan di Kantor PPKH penggalan Kecamatan selama berada dalam Masa kerja Pendamping PKH. Namun demikian, sebagai petugas Pendamping beban kerja yang diberikan kepada lebih besar berada di lapangan. Oleh alasannya itu, kewajiban Anda bekerjsama berada di lapangan, yakni kepada para penerima PKH itu sendiri.

5. Sebagai Pendamping Anda Harus Praktis Berbaur

Sudah menjadi keharusan bagi yang ingin menjadi Pendamping PKH harus bisa berbaur dengan orang lain secara maksimal. Sebab Anda akan berhadapan dengan banyak sekali abjad orang dalam setiap penerima PKH. Maka dari itu, Anda dituntut untuk mempunyai komunikasi yang baik, serta bisa beradaptasi dengan keadaan dari Peserta PKH itu sendiri.

Itulah tadi beberapa gosip yang sanggup Anda ketahui terkait Pendamping PKH ini. Sebagai petugas yang telah digaji oleh Negara, maka sudah sepatutnya Anda melaksanakan kiprah dengan sebaik-baiknya. Terlebih kiprah Anda ini berkaitan bersahabat dengan keberhasilan Pemerintah dalam mengatasi kemiskinan. Jika Anda sukses sebagai Pendamping PKH, maka ada kemungkinan besar kegiatan Pemerintah ini akan sukses pula. Demikianlah gosip seputar Masa kerja Pendamping PKH, agar ada keuntungannya bagi Anda.

0 Response to "Masa Kerja Pendamping Pkh Di Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png