Lowongan Kerja Non Pns 2017 Pada Kemendikbud

 Presiden Joko Widodo menetapkan moratorium terhadap PNS hingga waktu yang tidak ditentuka Lowongan Kerja Non PNS 2017 pada Kemendikbud

Presiden Joko Widodo menetapkan moratorium terhadap PNS hingga waktu yang tidak ditentukan. Namun ada beberapa kementrian dan forum pemerintahan yang sudah membuka lowongan CPNS tahun ini misalnya Kemenhukam dan Mahkamah Agung. Lalu untuk lowongan kerja non PNS 2017 khususnya untuk Kemendikbud sudah resmi dibuka. Untuk mengetahui posisi serta apa saja persyaratan yang dibutuhkan, simak informasinya di bawah ini.

Lowongan Kerja Non PNS 2017 Kemendikbud dan Persyaratannya

Profesi pegawai negeri sipil atau PNS memang menggiurkan sebab banyak proteksi yang akan diberikan. Meskipun bukan tercatat sebagai PNS, tetapi pegawai kontrak atau non PNS di beberapa forum pemerintahan juga banyak diminati. Salah satunya ialah pada Kemendikbud yang membuka lowongan kerja non PNS 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini membuka lowongan sebagai penggiat budaya dan pendaftarannya telah dibuka pada bulan April 2017 lalu. Memang untuk registrasi sebagai pegawai non PNS di kementrian tersebut telah resmi ditutup tetapi isu wacana lowongan ini masih hangat dibicarakan.

Pada bulan April lalu, Kemendikbud resmi membuka lowongan kerja non PNS 2017 untuk posisi penggiat budaya. Pengumuman tersebut resmi dikeluarkan oleh kementrian melalui sekretaris direktorat jenderal kebudayaan. Mungkin masih banyak yang tidak tahu apa itu penggiat budaya. Penggiat budaya merupakan seseorang yang dapat memberikan saluran isu wacana kebudayaan yang ditunjuk eksklusif oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan. Penggiat budaya tersebut nantinya diminta untuk melaksanakan pencatatan yang berkaitan dengan budaya dan mengonsolidasi hal-hal yang berkaitan dengan itu. Kemudian untuk pendaftarannya sudah dibuka pada April 2017 dan peserta yang mendaftar harus mengikuti beberapa tahapan tes hingga dengan bulan Mei 2017.

Tanggal 10 hingga 20 April 2017 merupakan tahap pengumuman dan penerimaan berkas para peserta. Bagi peserta yang lolos secara administrative akan diumumkan pada tanggal 24 April 2017 kemudian melaksanakan tes pengetahuan umum serta psikotes pada tanggal 26 April 2017. Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 28 April kemudian tanggal 29 April hingga 5 Mei 2017 merupakan pengumpulan berkas tahap kedua. Setelah itu, seleksi wawancara untuk lowongan kerja non PNS 2017 Kemendikbud dilaksanakan pada tanggal 1-9 Mei 2017. Pada tanggal 10 Mei 2017 merupakan pengumuman kelulusan tahap selesai para peserta. Bagi peserta yang lolos akan dimintai tanda tangan kontrak kerja selama 7 bulan dan mengikuti pembekalan dari tanggal 15-24 Mei 2017. Kemudian untuk penempatan lokasi penggiat budaya pada tanggal 2 Juni 2017.

Untuk menjadi penggiat budaya tersebut memang membutuhkan rangkaian yang panjang dengan mengikuti beberapa tes. Lalu apa saja persyaratan untuk menjadi seorang penggiat budaya oleh Kemendikbud? Pertama ialah mempunyai pendidikan selesai jenjang S1 dan berlaku untuk semua jurusan, WNI, usia antara 25 hingga 40 tahun dan tidak sedang bekerja di semua instansi. Syarat berikutnya yaitu mempunyai IPK minimal 2,75 dan mempunyai smartphone dengan fitur GPS, mempunyai SIM C, menjadi peserta BPJS aktif, berpengalaman berorganisasi di bidang budaya, mempunyai email aktif, ada SKCK, sehat jasmani dan rohani. Syarat mutlak tersebut harus dipenuhi bagi siapa saja yang akan mendaftar menjadi penggiat budaya. Profesi non PNS tersebut akan dikontrak selama 7 bulan yakni dimulai pada bulan Juni 2017 hingga Desember 2018. Penempatan lokasi pada 164 kabupaten atau kota yang dikonsentrasikan untuk tempat terluar dan terdepan.

Seleksi penerimaan penggiat budaya tersebut memakai sistem komputer atau lebih dikenal dengan Computer Assisted Test atau CAT. Sama halnya dengan tes CPNS yang memakai sistem CAT tersebut. Penggiat budaya oleh Kemendikbud ini bukanlah pegawai honorer melainkan menjadi pegawai kontrak sebab kontrak kerjanya hanya 7 bulan saja. Banyak orang yang berasumsi kalau lowongan non PNS tersebut ialah honorer dan nantinya dapat diangkat sebagai CPNS tetapi itu tidaklah benar. Sampai dikala ini Kemendikbud belum membuka lowongan CPNS resmi, kalau ada niscaya profesi tenaga pendidik yang dicari untuk beberapa tempat tertentu saja. Tenaga guru atau pendidik di beberapa tempat memang banyak yang kekurangan. Ulasan wacana lowongan kerja non PNS 2017 oleh Kemendikbud pada artikel ini agar dapat menambah isu Anda.

0 Response to "Lowongan Kerja Non Pns 2017 Pada Kemendikbud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close