Loker Kpk, Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi Dalam Pemberantasan Korupsi

 Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemberantasan Korupsi Loker KPK, Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi dalam Pemberantasan Korupsi

Indonesia belakangan semakin populer dengan sebutan negara terkorup. Hal ini tentu saja bukanlah sebuah prestasi yang membanggakan. Ini mengatakan bahwa para pejabat publik di Indonesia, bukanlah orang-orang yang dipercaya untuk mengemban amanah dari rakyat. Sebaliknya, rakyat seolah dikhianati dengan tindakan dan perbuatan para pejabat ini dengan memakai amanah dari rakyat untuk kepentingan pribadi. Kebanyakan para koruptor ini memakai uang yang diberikan oleh rakyat, sebagai pajak untuk kemudian dipakai membangun bangsa ini menjadi lebih baik, untuk kepentingan dan kesenangannya sendiri tanpa memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, baik pada rakyat maupun pada dirinya sendiri. Oleh sebab itulah kemudian dibuat sebuah forum berjulukan KPK yang bertugas untuk menyidik dan mengadili para koruptor di negeri ini. Anda yang berminat untuk bergabung dalam forum anti rasunah ini sanggup menyimak info loker KPK berikut.

Syarat dan Cara Mendaftar Loker KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini berdiri semenjak tahun 2002 lalu. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2002 ihwal Tindak Pidana Korupsi, KPK berdiri sebagai forum negara yang bersifat independen. Dalam kaitannya menjalankan kiprah dan kewajibannya memberantas korupsi di Indonesia KPK bebas dari intervensi dan imbas pihak manapun. Karena itulah semua pegawai KPK, baik yang bertugas sebagai penyidik maupun kiprah lainnya dipilih dari masyarakat umum yang mempunyai kompetensi dan integritas untuk diberi tanggung jawab dalam memberantas tindakan korupsi di Indonesia. Setiap tahunnya KPK akan membuka rekrutmen atau pendaftaran bagi setiap putra putri terbaik bangsa untuk bergabung dalam memberantas korupsi di Indonesia. Loker KPK selalu dibuka untuk umum dan proses seleksinya pun dilaksanakan secara terbuka.

Dalam setiap loker KPK yang dibuka, akan ada ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan oleh para pendaftar. Ketentuan itu antara lain berstatus sebagai warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan adanya KTP. Pendaftar juga harus memenuhi persyaratan umur minimal yang diajukan yakni 40 tahun dan maksimal 60 tahun dengan pendidikan minimal setingkat sarjana (S1). Sebagai forum negara independen, syarat lain yang harus dipenuhi yaitu tidak menjadi salah satu anggota dari partai politik dan bersedia melepaskan jabatan yang sedang diduduki apabila termasuk dalam forum aparatur negara. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga independensi serta netralitas dari KPK itu sendiri. Dan yang paling penting yaitu tidak mempunyai relasi dengan pegawai KPK serta tidak mempunyai catatan kriminal atau dieksekusi sebab sebuah kejahatan.

Untuk melamar dalam loker KPK ini, calon penerima harus mendaftar secara online melalui situs resmi KPK. Pelamar harus mengikuti setiap petunjuk dan tata cara pendaftaran yang tertera dalam website. Sebelumnya calon pendaftar harus melengkapi berkas-berkas yang diharapkan dalam proses pendaftaran ini, diantaranya ada kartu identitas, ijazah dari S1 serta soft file dari pas photo. Langkah selanjutnya yaitu mengunduh formulir yang ada sesudah melaksanakan pendaftaran online. Selanjutnya, pendaftar diwajibkan untuk mengunggah berkas-berkas yang sudah disiapkan sebelumnya dalam format jpg ke dalam website.

Sedangkan untuk mengisi form regitrasi online, ada petunjuk yang sanggup menjadi panduan. Pertama klik kolom pendaftaran pada website resmi rekrutmen KPK. Kemudian pendaftar akan diminta untuk mengisi pernyataan yang terdapat pada halaman web. Sebelum menyetujui seluruh pernyataan, pendaftar tidak akan sanggup melanjutkan ke proses selanjutnya. Setelah selesai mengisi pernyataan, Anda akan dialihkan ke halaman formulir. Isilah setiap kolom dengan gosip diri Anda dengan sebenar-benarnya dan sanggup dibuktikan ketika verifikasi dokumen. Telitilah dalam mengisi dan jangan hingga ada gosip yang terlewat. Setelah selesai, Anda sanggup mengklik tombol kirim. Selanjutnya Anda akan mendapat konfirmasi pendaftaran yang akan dikirimkan melalui surat elektronik. Dalam email yang Anda terima juga akan disertakan nomor pendaftaran yang akan Anda gunakan selama melaksanakan seleksi. Kemudian yang terakhir Anda harus mengirim berkas-berkas yang diharapkan dengan cara mengunggahnya ke dalam website. Terakhir Anda tinggal menunggu kegiatan seleksi serta pengumuman hasil seleksinya.

Dalam setiap loker KPK yang dibuka setiap tahun selalu mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat juga ingin berperan aktif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

0 Response to "Loker Kpk, Kesempatan Masyarakat Berpartisipasi Dalam Pemberantasan Korupsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png