Jadwal Dan Persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017

Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa yang Terbaru Jadwal dan Persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017

Di tahun 2017 ini, Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi membuka rekrutmen tenaga pendamping professional desa yang terbaru. Lowongan pekerjaan di kementrian tersebut menurut UU Desa No. 6 Tahun 2014. Perekrutan tersebut guna mengisi kekosongan posisi tenaga pendamping professional desa. Tujuan perekrutan tersebut selain mengisi kekosongan posisi, ini juga bertujuan untuk mewujudkan undang-undang yang berlaku untuk memajukan desa yang ada di Indonesia. Lalu kapan pengumuman perekrutan tersebut? Apa saja persyaratannya?

Jadwal dan Persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017

Jadwal rekrutmen tenaga pendamping professional desa telah resmi dirilis. Pengumuman dan registrasi dibuka pada bulan Agustus 2017 dan nantinya proses seleksi akan dilakukan pada September 2017. Rekrutmen tersebut nantinya akan ditempatkan di beberapa lokasi menyerupai pada tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Para tenaga pendamping professional desa tersebut juga tidak dikhususkan untuk warga lokal desa saja tetapi terbuka untuk umum. Untuk persyaratannya juga berbeda-beda sebab posisi yang akan diisi itu tidak hanya satu saja. Posisi pertama yang bisa diisi oleh pelamar yakni pendamping lokal desa atau PLD, persyaratannya:

  1. Lulusan Sekolah Menengan Atas atau sederajat.
  2. Berpengalaman dengan acara pembangunan desa minimal 2 tahun.
  3. Memiliki kemampuan berorganisasi dalam pelaksanaan acara desa dan jadwal lainnya.
  4. Sanggup dan bisa bekerja sama dengan pegawanegeri desa.
  5. Bisa mengoperasikan komputer minimal Ms. Word
  6. Paham perihal sistem pembangunan partisipatif serta pemerintahan desa.
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  8. Usia pendaftar minimal 25 tahun maksimal 50 tahun.
  9. Bukan pengurus partai.
  10. Tidak terikat dengan kontrak kerja di perusahaan manapun.

Selain posisi PLD ada beberapa posisi lainnya yang dibuka pendaftarannya. Posisi lainnya menyerupai pendamping desa pemberdayaan dengan kualifikasi pendidikan minimal D3. Lalu rekrutmen tenaga pendamping professional desa posisi PDTI atau pendamping desa tenaga infrastruktur, kualifikasi pendidikan yakni D3 teknik sipil atau teknik arsitektur, posisi tenaga andal pemberdayaan masyarakat desa dengan riwayat pendidikan minimal S1 semua jurusan, posisi tenaga andal infrastruktur desa pelamar harus mempunyai riwayat pendidikan minimal S1 teknik sipil.

Adapun posisi lainnya yang bisa diisi yakni tenaga andal pembangunan partisipatif dengan riwayat pendidikan S1 semua jurusan, tenaga andal pembangunan ekonomi desa dengan kualifikasi pendidikan S1 ilmu ekonomi, tenaga andal pengembangan teknologi sempurna guna untuk S1 ilmu teknologi pertanian/perikanan/kehutanan/peternakan dan pariwisata. Posisi terakhir rekrutmen tenaga pendamping professional desa di tahun 2017 ini yakni tenaga andal pelayanan sosial dasar dengan riwayat pendidikan S1 untuk ilmu pendidikan atau bidang kesehatan. Persyaratannya hampir sama dengan syarat-syarat menyerupai yang sudah disebutkan di atas pada posisi PLD, hanya berbeda untuk kualifikasi pendidikannya saja.

Lalu kapan rekrutmen tersebut akan dilaksanakan? Pengumuman rekrutmen serta registrasi penerima dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Untuk pengumuman penerima seleksi dan pengumuman hasil seleksi juga dilakukan pada bulan yang sama tetapi untuk tes tertulis dan wawancara akan dilaksanakan pada September 2017. Untuk pengumuman hasil tes tertulis pun juga dilaksanakan pada bulan yang sama. Adapun jadwal untuk pra kiprah para pendamping professional desa tersebut yang sudah dirilis oleh Kementrian Desa, yang pertama untuk pra kiprah pendamping desa posisi PD dan PLD dilaksanakan pada tanggal 20-30 September 2019. Pra kiprah pendamping desa posisi tenaga andal untuk kabupaten dilaksanakan pada 18-24 September 2018 dan yang terakhir untuk kontrak pendamping desa menyerupai PLD, TA dan PD pada tanggal 1 Oktober 2017.

Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa yang Terbaru Jadwal dan Persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017

Tugas-tugas dari para pendamping desa professional tersebut antara lain yakni memfasilitasi kaderisasi desa, demokratisasi desa dan memfasilitasi pembentukan serta pengembangan forum kemasyarakatan desa. Adapun kiprah penting lainnya menyerupai memperlihatkan akomodasi pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa, memfasilitasi penyusunan serta penetapan peraturan desa, memfasilitasi pengembangan kapasitas para pemimpin desa dan masih banyak lagi. Rekrutmen tenaga pendamping professional desa ini terbuka untuk umum. Jika mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan kriteria di atas, tak ada salahnya untuk mencoba mengisi kekosongan posisi tersebut. Selamat mencoba.

0 Response to "Jadwal Dan Persyaratan Rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Desa 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png