Inilah Cara Ihwal Pengisian Pembelajaran Aplikasi Dapodik Versi 2018

Inilah Cara Tentang Pengisian Pembelajaran Aplikasi Dapodik Versi  Inilah Cara Tentang Pengisian Pembelajaran Aplikasi Dapodik Versi 2018

Pengisian pembelajaran melalui aplikasi Dapodik 2018 sangatlah gampang dan sanggup dilakukan dalam waktu singkat. Aplikasi ini dianggap bisa meringankan pekerjaan para guru dan tenaga pendidik di seluruh sekolah di Indonesia alasannya ialah sangat efektif dari segi penggunaannya. Selain untuk mengisi pembelajaran, tersedia banyak fitur dan kemudahan lainnya yang bisa digunakan, menyerupai mengisi jadwal pelajaran dan rombongan berguru (rombel). Kesemua fitur dan kemudahan tersebut pun sanggup diisi dengan gampang alasannya ialah ada isyarat tersendiri. Apalagi, kini Aplikasi Dapodik semakin mengembangkannya dengan meningkatkan versi menjadi lebih baru. Tentu saja akan semakin banyak pula fitur-fitur serta kemudahan yang dihadirkan.

Tata Cara Praktis Pengisian Pembelajaran di Aplikasi Dapodik

Pengisian pembelajaran di aplikasi Dapodik menyesuaikan dengan jenjang atau tingkat sekolah, dari SD, SMP, sampai SMA. Aplikasi ini juga menjadi tanggung jawab penuh bagi kepala sekolah dan guru-guru lainnya selaku operator aplikasi. Cara mengisinya diadaptasi dengan mata pelajaran, jumlah jam pelajaran, serta kurikulum pelajaran yang dipakai di sekolah tersebut. Oleh alasannya ialah itu, pengisian di aplikasi Dapodik tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, menyerupai pengisian data yang salah atau bahkan kebocoran data sekolah. Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengisi pembelajaran pada aplikasi Dapodik versi 2018:
  1. Langkah pertama, Anda harus masuk atau login terlebih dahulu kedalam aplikasi Dapodik sesuai mekanisme yang telah diberikan. Untuk login diharapkan User ID dan Password atau kata sandi akun Dapodik.
  2. Jika Anda berhasil login, maka akan ada tampilan yang menawarkan beberapa sajian dan fitur. Menu-menu ini terbagi menjadi beberapa sub-menu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk mengisi pembelajaran, sebelumnya Anda diharuskan untuk mengisi Rombongan Pelajaran terlebih dahulu. Setelah terisi dengan tepat, barulah Anda klik tombol Pembelajaran pada salah satu Rombongan Belajar.
  3. Langkah pengisian pembelajaran selanjutnya, akan muncul data mata pelajaran secara keseluruhan beserta kurikulum yang digunakan. Apabila mata pelajaran yang Anda pilih tidak keluar, maka kemungkinan besar terjadi kesalahan saat pengisian sebelumnya di Rombongan Belajar.
  4. Disinilah data pembelajaran harus benar-benar diisi dengan baik dan tepat. caranya ialah dengan mengisi semua data guru dan tenaga pendidik yang mengajar beserta tanggal SK, SK mengajar, dan Jumlah Jam Mengajar sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan di setiap sekolah.
  5. Setelah itu, isi juga pembelajaran, alokasi jam kerja, dan urutan waktu mata pelajaran setiap harinya. Jika Anda sudah mengisi data pembelajaran dan mata pelajaran yang bersangkutan, maka masukan ketiga hal di atas semoga data menjadi semakin lengkap.
  6. Pastikan pengisian pembelajaran telah dilakukan dengan benar dan tepat. Hal ini semoga data pembelajaran tersebut sanggup dijabarkan dalam bentuk jadwal aktivitas berguru mengajar di sekolah yang bersangkutan.
Pengisian pembelajaran diatas sanggup Anda lakukan sendiri dengan mudah. Inilah mengapa aplikasi Dapodik sangat membantu alasannya ialah tidak memakan waktu yang lama. Selain hal-hal diatas, perlu diketahui pula bahwa ada beberapa rambu-rambu untuk mengisi pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan jenjang sekolah dan kurikulum yang diberlakukan. Rambu-rambu tersebut mencakup pembelajaran SD KTSP, pembelajaran SD K13, pembelajaran Sekolah Menengah Pertama KTSP, pembelajaran Sekolah Menengah Pertama K13.

Pada masing-masing rambu pengisian pembelajaran tersebut juga dibedakan lagi sesuai dengan kelasnya. Untuk tingkat SD dibedakan menjadi kelas rendah dan kelas tinggi, sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dibedakan menjadi jam wajib dan jam wajib tambahan. Pengisian mata pelajaran dan total jam pelajaran diadaptasi dengan kurikulum yang diberlakukan di setiap sekolah, yaitu KTSP dan K13. Namun, ada pula beberapa mata pelajaran wajib yang harus diisi serta di seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Dengan adanya pengisian sedetail ini, diharapkan jadwal aktivitas berguru mengajar yang diajukan pun menjadi lebih tertata dan terpola dengan lebih baik. Selain itu, aplikasi ini juga sangat membantu saat sewaktu-waktu ada pembelajaran yang berubah, maka tidak perlu susah untuk merubah atau menjadwalkannya kembali. Berbeda apabila Anda memakai cara manual, yang tentu saja akan menghancurkan jadwal lainnya saat ada salah satu jadwal pembelajaran yang tidak sesuai. Aplikasi Dapodik juga bertujuan untuk meminimalisir adanya suatu kesalahan semoga data pembelajaran sanggup terkoordinir dengan tepat.

Selain untuk mengisi pembelajaran, aplikasi Dapodik juga mempunyai fitur-fitur lainnya yang bisa diakses oleh para guru dan tenaga pendidik, terutama kepala sekolah. Fitur-fitur ini akan semakin berkembang nantinya sesuai dengan peningkatan versi yang dilakukan oleh aplikasi Dapodik. Namun Anda tak perlu takut, alasannya ialah semakin meningkatnya versi aplikasi, maka akan semakin gampang pula cara penggunaannya. Itulah langkah-langkah dan beberapa cara pengisian pembelajaran yang cukup gampang melalui aplikasi Dapodik. Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi yang diluncurkan untuk mempermudah aktivitas berguru mengajar beserta hal yang berkaitan dengan sekolah di Indonesia.

0 Response to "Inilah Cara Ihwal Pengisian Pembelajaran Aplikasi Dapodik Versi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close