Ini Ia 10 Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Guru Akseptor Ukg

 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Guru Peserta UKG Ini Dia 10 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Guru Peserta UKG

Perlu diketahui bahwa poin penting bagi penerima UKG sangat penting untuk guru yang ingin meningkatkan kompetensinya. UKG yaitu kegiatan yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kompetensi tanah air. Adanya UKG bertujuan untuk menyuruh guru berguru kembali melalui training dan pendidikan baik tatap muka ataupun online untuk meningkatkan kualifikasinya. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, nilai standar minimum untuk UKG mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2015, standar nilai minumum UKG untuk guru hanyalah 55 poin. Tapi pada tahun 2016 meningkat menjadi 65 poin yang artinya mengalami peningkatan sebanyak 110 poin.

Hingga ketika ini, kegiatan UKG atau guru pembelajar gres mempunyai penerima sebanyak kurang lebih 1200 orang. Dari jumlah tersebut, terdiri guru yang mendapatkan nilai UKG atau Ujian Kompetensi Guru di atas 80, dosen, Widyaiswara dari LPMP dan juga  PPPTK. Mereka yang terpilih tersebut, nantinya akan ditunjuk sebagai pelatih untuk rekan guru lain yang ada di seluruh Indonesia. Pada dasarnya, kegiatan guru pembelajar ini memakai 3 metode sederhana yakni online penuh atau Full Daring, Tatap Muka Guru Pembelajar, dan Blended antara tatap muka dengan via online. Sebelum mengikuti Ujian Kompetensi Guru tersebut, ada baiknya kalau rekan guru mengetahui 10 poin penting bagi penerima UKG. Apalagi menyerupai yang diketahui, pelaksanaan UKG ini akan dilakukan setiap tahunnya. Dimana standar nilai kelulusan UKG juga akan terus bertambah dengan sasaran maksimal 8.0 untuk tahun 2019. Adanya tes UKG juga akan dijadikan sebagai pola pemerintah untuk pemerataan guru tanah air. Tak hanya itu, tes UKG ini juga akan dijadikan sebagai syarat pola untuk pencairan dan penentuan sumbangan guru.

Berdasarkan isu dari GP atau Grup Guru Pembelajar via aplikasi pengirim pesan, ada 10 poin penting bagi penerima UKG yang perlu dipahami secara seksama. Hal ini benar-benar harus diperhatikan, khususnya untuk rekan guru yang memang ingin meningkatkan kompetensinya. Berikut ini yaitu 10 poin penting terkait dengan isu kegiatan pelaksanaan UKG dan kegiatan GP tahun 2016.

  1. Program Guru Pembelajar tahun 20116 sudah diadakan pengurangan jumlah peserta. Hal ini sudah didasarkan atas aba-aba eksklusif dari Menkeu ketika ini Sri Mulyani. Menkeu juga mengungkapkan bahwa adanya pemangkasan jumlah penerima ini dilakukan alasannya yaitu minimnya anggaran.
  2. Adanya pengurangan jumlah penerima Guru Pembelajar ini terang saja menimbulkan tidak semua rekan guru sanggup mengikuti kegiatan pelaksanaan kegiatan Guru Pembelajar di tahun 2016.  Setidaknya, ada kurang lebih 25 persen jumlah penerima dari yang seharusnya.
  3. Rekan guru yang berencana untuk mengikuti kegiatan GP, sanggup masuk pada akun GPO yang dimiliki masing-masing. Pada halaman tersebut, Anda sanggup melihat secara eksklusif ajakan untuk mengikuti diklat. Jika Anda mendapatkan ajakan ini, maka artinya Anda sudah terdaftar sebagai penerima GP dan sanggup eksklusif menghubungi dinas Pendidikan Daerah masing-masing.
  4. Cara untuk mendaftar sehabis mendapatkan surat ajakan yaitu menekan tombol "terima undangan". Lalu, pilih sajian cetak undangan. Undangan yang di print tersebut akan disampaikan pada Dinas Pendidikan semoga penerima GP mendapatkan surat kiprah atau ijin selama pembelajaran.
  5. Pada dasarnya, hal-hal yang akan dipelajari oleh para rekan guru baik dari Kombinasi maupun tatap muka ada dua modul kelompok kompetensi atau KK, meskipun akan ada nilai guru yang dibawah standar lebih dari dua.
  6. Untuk rekan guru yang diundang dan telah terdaftar sebagai penerima GP tapi tidak mengikutinya kegiatan akan mendapatkan konsekuensi. Sanksi yang akan diberikan yaitu guru tersebut harus mengikuti training kompetensi guru sejenis memakai biaya sendiri.
  7. Poin penting bagi penerima UKG yang ke tujuh yaitu Tes final kegiatan GO yaitu UKG. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa penerima UKG yaitu rekan guru yang sudah mengikuti GP.
  8. Hal yang akan diujikan dalam kegiatan UKG merupakan KK atau modul yang dipelajari selama kegiatan GP. Hanya ada dua modul dan di dalam setiap modul terdiri dari 30 soal.
  9. Rekan guru yang telah mengikuti kegiatan GP dan lulus akan memperoleh sertifikat.
  10. Sementara rekan guru yang tahun ini belum mendapatkan ajakan akan mengikuti kegiatan UKG dan GP di tahun depan.

Berikut tadi merupakan 10 poin penting bagi penerima UKG yang perlu rekan guru ketahui. Semoga isu ini menambah wawasan Anda terkait UKG dan GP.

0 Response to "Ini Ia 10 Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Guru Akseptor Ukg"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png