Informasi Seputar Cpns Kemenlu 2017

 Kementrian Luar Negeri atau yang biasa disingkat menjadi Kemenlu merupakan satu dari seki Informasi Seputar CPNS Kemenlu 2017

Kementrian Luar Negeri atau yang biasa disingkat menjadi Kemenlu merupakan satu dari sekian banyak Kementrian yang menyelenggarakan seleksi penerimaan CPNS. Kementrian yang sebelumnya pernah berjulukan Departemen Luar Negeri ini mempunyai kiprah dan fungsi sebagai pelaksana urusan politik dan hubungan luar negeri. Apabila Anda tertarik untuk bekerja sebagai PNS di bawah Kementrian ini, berikut info selengkapnya mengenai CPNS Kemenlu 2017.

Pengumuman Penyelenggaraan CPNS Kemenlu 2017

Penyelenggaraan CPNS Kemenlu 2017 diumumkan menurut SK Menpan RB nomor 67 yang dikeluarkan pada 31 Agustus 2017. Berdasarkan SK tersebut, Kemenlu membuka beberapa lowongan deretan untuk bekerja di bawah lingkungan Kemenlu bagi putra-putri bangsa yang mempunyai integritas dan berkomitmen tinggi. Pengumuman mengenai segala info penerimaan CPNS di lingkungan Kemenlu sendiri dijadwalkan pada 5-19 September 2017.

Nantinya, mereka yang lolos sebagai CPNS akan ditempatkan di delapan unit kerja yang dibawahi oleh Kementrian Luar Negeri. Beberapa diantaranya yaitu Inspektorat Jenderal, Ditjen Protokol dan Konsuler, Ditjen Kerja Sama ASEAN, Ditjen Amerika dan Eropa, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik, Ditjen Asia Pasifik dan Afrika, Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional, dan Ditjen Kerja Sama Multilateral. Sementara itu, jabatan yang dibuka untuk bekerja di unit-unit kerja tersebut ialah Diplomat Pertama dan Auditor Ahli Pertama. Untuk mengisi kedua jenis jabatan di delapan unit kerja Kemenlu, jumlah deretan yang diharapkan sekitar 75 orang.

CPNS Kemenlu 2017 sendiri diperuntukkan bagi para pelamar yang memenuhi kualifikasi pendidikan minimal S1. Sebagian lainnya membutuhkan tenaga dengan kualifikasi pendidikan minimal S2 dan S3 Ilmu Hubungan Internasional. Untuk jenis formasinya, ada 3 pengelompokan yaitu cumlaude, umum, dan putra/putrid Papua dan Papua Barat.

Syarat dan Ketentuan Dalam CPNS Kemenlu 2017

Ketika hendak melamar sebagai CPNS di lingkungan Kemenlu, salah satu hal penting yang harus diperhatikan ialah syarat dan ketentuannya. Terkait hal ini, ada dua jenis persyaratan yang harus dipenuhi para peminat CPNS Kemenlu 2017. Kedua jenis persyaratan tersebut ialah syarat umum dan syarat khusus. Persyaratan umum sendiri berkaitan dengan status kewarganegaraan, usia, bebas dari NAPZA, pidana, atau jabatan tertentu di pemerintahan maupun parpol. Selain itu, baik pelamar jabatan diplomat maupun auditor juga harus tidak berkeberatan untuk menjalin ikatan dinas selama 5 tahun dan ditempatkan di wilayah yang ditentukan Kemenlu.

Sementara itu, untuk persyaratan khususnya, baik pelamar jabatan auditor maupun diplomat harus memenuhi syarat pendidikan dan nilai IPK yang dibuktikan dengan ijazah dan transkrip nilai. Untuk pelamar diplomat misalnya, ada empat macam pendidikan yang salah satunya harus dipenuhi. Keempat kualifikasi pendidikan tersebut ialah ilmu budaya/sastra (Arab), Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, dan Ilmu Sosial dan Politik. Pelamar dari keempat kelompok pendidikan tersebut harus memenuhi syarat nilai minimal 3,00 dalam skala 4. Selain itu, masing-masing pelamar kedua jabatan CPNS Kemenlu 2017 juga harus mempunyai penguasaan bahasa Inggris yang baik secara verbal maupun tulisan. Satu hal lagi, pelamar hanya sanggup mendaftar pada salah satu jabatan/formasi saja.

Apabila merasa sanggup memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak panitia penyelenggara penerimaan CPNS, para pelamar harus memenuhi ketentuan lainnya, yaitu bersedia mengikuti tahapan seleksi yang telah ditetapkan. Sistem seleksi yang ditetapkan menerapkan sistem gugur dimana peserta yang gagal pada salah satu seleksi tidak bisa berlanjut ke tahapan seleksi berikutnya. Untuk seleksi jabatan Diplomat, ada 3 tahapan seleksi yang harus ditempuh. Ketiga tahapan tersebut ialah seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Seleksi kompetensi bidang sendiri terdiri atas empat jenis ujian yaitu tes kemampuan bahasa asing, ujian tulis substansi, tes essay dan wawancara substansi, serta tes psikologi dan wawancara psikologi.

Tahapan seleksi untuk pelamar jabatan Auditor tidak jauh berbeda dengan tahapan seleksi untuk jabatan Diplomat. Peserta deretan auditor juga harus mengikuti tiga tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Tidak menyerupai seleksi kompetensi bidang untuk deretan diplomat yang terdiri atas 4 tes, SKB untuk deretan auditor hanya terdiri atas 2 ujian, yaitu ujian tulis substansi dan wawancara substansi.

Prosedur Dalam CPNS Kemenlu 2017

Bagi yang berminat untuk mengikuti registrasi CPNS Kemenlu 2017, ada mekanisme registrasi yang harus diikuti. Pertama, peminat harus melaksanakan registrasi secara online pada laman https://sscn.bkn.go.id. Proses log in registrasi bisa dilakukan dengan memakai nomor kependudukan yang tercantum dalam KTP atau KK. Pendaftaran online ini harus dilakukan dilakukan pada kegiatan waktu penyelenggaraan yang telah ditentukan.

Itulah beberapa hal penting terkait seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Kementrian Luar Negeri untuk tahun 2017. Agar mendapat info yang lebih spesifik, Anda bisa mengunduh dokumen pengumuman resmi CPNS Kemenlu 2017.

0 Response to "Informasi Seputar Cpns Kemenlu 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png