Informasi Lengkap Cpns Kementrian Bumn 2017


Bisa dilihat kini ini bahwa isu mengenai CPNS Kementrian BUMN 2017 memang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan oleh masyarakat. Ya, sehabis pembukaan lowongan CPNS untuk dua Kementrian yakni Kemenkumham dan MA pada periode pertama, kini Kemenpan-RB diketahui merilis lowongan CPNS untuk periode ke dua. Untuk pembukaan kali ini, pemerintah menyediakan dingklik dengan gugusan yang sangat banyak. Setidaknya ada 61 instansi pemerintahan yang membuka kesempatan emas kepada masyarakat untuk melamar menjadi CPNS. Salah satu instansi yang membuka peluang tersebut yakni Kementrian BUMN.

Kementrian BUMN Membuka Lowongan CPNS Terbaru

Kementrian BUMN yakni salah satu instansi pemerintah yang membuka kesempatan untuk para calon pelamar biar dapat bergabung dan memajukan BUMN. Sekedar informasi, Kementrian BUMN yakni organisasi Pemerintah yang bertugas melaksanakan training pada Badan Usaha yang dimiliki oleh Negara atau perusahaan Negara RI. Kementrian ini sudah ada semenjak lama, tepatnya tahun 1973 lalu. Sebelum menjadi Kementrian, organisasi ini yakni suatu unit kerja yang masuk dalam Departemen Keuangan RI. Kemudian organisasi ini mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat signifikan.

Mulai dari tahun 2000 hingga 2001, Kementrian ini dihapuskan kemudian kembali lagi dan mempunyai tingkatan sama dengan eselon I yang ada di dalam lingkungan Departemen Keuangan. Setelah berhasil di puncaknya, organisasi BUMN tersebut kemudian diganti setaraf dengan Kementrian. Bahkan, Kementrian BUMN juga sempat bergabung dengan bab penanaman modal. Yang kemudian dikenal dengan Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan BUMN. Tapi kemudian Kementrian ini dipisahkan kembali antara Penanaman Modal dengan BUMN. Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas Sumber daya insan di Kementrian BUMN, pemerintah membuka lowongan CPNS Kementrian BUMN 2017.

Persyaratan CPNS Kementrian BUMN 2017

Pembukaan ihwal rekruitmen CPNS periode terbaru ini telah tercantum dalam Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 101 tanggal 31 Agustus 2017. Dalam keputusan tersebut, dituliskan kebutuhan ASN di Kementrian BUMN untuk anggaran tahun 2017. Dari keputusan ini, diketahui pula bahwa Kementrian BUMN menyediakan 8 gugusan unit kerja. Berikut ini yakni unit kerja yang terbuka untuk lowongan CPNS Kementrian BUMN.

  1. Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi 
  2. Sekretariat Kementrian BUMN (Sek)
  3. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media 
  4. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata 
  5. Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan 
  6. Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan 
  7. Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis 
  8. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha

Sama ibarat lowongan di Kementrian lainnya, CPNS Kementrian BUMN 2017 juga menyediakan persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Kriteria yang diharapkan pada masing-masing jabatan yang membuka lowongan CPNS di Kementrian BUMN dibagi menjadi 4 kriteria. Pertama yakni Lulusan Terbaik atau Cumlaude yang berasal dari Perguruan Tinggi dengan legalisasi yang unggul atau A. Kedua yakni putra atau putri Papua serta Papua Barat. Ketiga yakni pelamar Disabilitas. Pelamar ini mempunyai keterbatasan fisik atau kebutuhan khusus dan yang keempat yakni pelamar Umum yang tidak termasuk dalam kriteria cumlaude, putra/putri Papua atau Disabilitas.

Persyaratan CPNS Kementrian BUMN 2017 yang ditentukan oleh pihak Kementrian BUMN. Karena perlu diingat bahwa untuk bukaan CPNS periode ini, persyaratan CPNS ditentukan oleh masing-masing Kementrian yang membuka kesempatan penerimaan pegawai tersebut. Persyaratan umum masing-masing Kementrian tidak begitu jauh berbeda. Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk bis melamar di Kementrian BUMN yakni seseorang yang merupakan Warga Negara Indonesia, tidak pernah dipidana, bukan CPNS/PNS/anggota Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia dan lain sebagainya.

Proses registrasi CPNS Kementrian BUMN 2017

Berbeda dengan proses perekrutan CPNS periode pertama, CPNS Kementrian BUMN 2017 dan Kementrian periode dua ini memakai tata cara registrasi yang berbeda. Sebelumnya, registrasi CPNS  dilakukan hanya dengan mengikuti alur registrasi yang tersedia di website SSCN BKN. Tapi untuk periode ini, pelamar dapat melaksanakan registrasi melalui website resmi Kementrian yang dituju. Hanya saja memang, pelamar harus mempunyai akun di SSCN terlebih dahulu. Jika pelamar sebelumnya sudah mempunyai akun di SSCN alasannya yakni sudah pernah melamar di periode yang pertama tapi tidak lulus, maka dapat memakai akun yang lama. Barulah mengikuti mekanisme dan ketentuan persyaratan yang ada di Kementrian BUMN.

Khusus untuk Kementrian BUMN, batas waktu registrasi serta mengupload dokumen persyaratan dapat dimulai semenjak tanggal 11 September hingga dengan 25 September 2017. Tahapan seleksi CPNS Kementrian BUMN 2017 meliputi Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Kemudian ada Seleksi Kompetensi Bidang yang didalamnya ada Tes Tertulis, Psikotest, dan Wawancara.

Kelulusan seleksi manajemen akan diumumkan pada website resmi BUMN. Untuk pelamar yang lulus diharuskan untuk mencetak kartu peserta untuk ujian pada usang SSCN BKN. Bagi Anda yang sedang mencari tahu tentang, CPNS Kementrian BUMN 2017 dapat melihat dokumen resminya secara langsung.

0 Response to "Informasi Lengkap Cpns Kementrian Bumn 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png