Info Ptk Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia

Info PTK untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Info PTK untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Pendidikan yaitu sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk membangun sebuah bangsa yang maju. Salah satu faktor yang bisa memajukan pendidikan di Indonesia yaitu adanya guru yang berkualitas yang didukung dengan akomodasi yang memadai. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata bisa dimanfaatkan dalam hal pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya Info PTK yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam membuatkan sistem pembelajaran di dalam kelas. Di dalam melaksanakan sistem pembelajaran di kelas, guru harus bisa merefleksikan pembelajaran yang berlangsung. Refleksi ini bertujuan biar guru mempunyai kemampuan dalam menafsirkan dan memakai pengalaman mengajar dan gosip yang didapat untuk menyempurnakan pelaksanaan acara mencar ilmu mengajar di dalam kelas.

Sekilas Info PTK untuk Pengajar Indonesia

Inilah kiprah info PTK bagi guru. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu sebuah penelitian oleh guru yang dilakukan di dalam kelas dimana guru tersebut mengajar melalui sebuah refleksi diri. Tujuannya yaitu untuk memperbaiki kinerja guru sebagi pengajar biar bisa meningkatkan hasil mencar ilmu bagi para siswa. PTK mempunyai arti penting bagi guru dalam mengantisipasi perkembangan biar bisa menyiapkan guru dengan kemampuan meneliti yang baik dan juga bisa memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Dalam hal ini PTK yaitu suatu pendekatan yang dilakukan oleh seorang pengajar guna memperbaiki kualitas pendidikan. Caranya yaitu melalui perubahan yang kemudian mendorong guru untuk membuat praktik mengajar sendiri. Selain itu juga untuk membuat guru kritis.

Dalam info PTK ini harus ditekankan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bukan hanya sekedar proses mengajar oleh seorang guru, namun juga perilaku sadar dan kritis yang dimiliki oleh guru terhadap dirinya sendiri serta berusaha untuk memperbaiki proses pembelajarannya. Dengan begitu, PTK bukan hanya sebagai penyelesaian persoalan namun juga untuk perubahan dan peningkatan menuju yang lebih baik. Artinya dalam penerapan dan praktiknya, PTK tidak hanya wacana penerapan metode ilmiah di dalam pembelajaran atau juga sebuah penelitian yang berfungsi untuk menguji hipotesis. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini lebih fokus pada perhatian yang diberikan untuk memperlihatkan perubahan yang lebih baik bagi guru dan juga pada lingkungan tempatnya mengajar.

Ada banyak alasan yang membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini sangat penting bagi guru. Yang pertama yaitu tentu saja untuk membuat guru menjadi peka terhadap persoalan dan juga dinamika yang terjadi selama proses pembelajaran di kelasnya. Dengan begitu guru bisa menjadi lebih reflektif serta kritis terhadap segala yang terjadi dalam lingkungan pembelajarannya, baik itu yang terjadi pada guru maupun muridnya. Manfaat kedua dari adanya PTK ini yaitu untuk meningkatkan profesionalitas guru. Maksudnya yaitu dengan adanya PTK ini guru menjadi lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Guru akan dibentuk untuk tidak cepat merasa puas akan apa yang sudah dikerjakan tanpa ada perbaikan ataupun inovasi. Itulah mengapa info PTK sangat penting untuk diketahui oleh seorang guru.

Kelebihan lainnya dengan adanya PTK ini bagi guru yaitu tidak mengganggu kiprah utama guru sebagai pengajar. Hal ini alasannya penelitian yang diakukan merupakan integrasi terhadap apa yang dilakukan di dalam kelas. Dengan begitu guru tidak perlu meninggalkan kelas untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.  Yang lebih utama mengapa info PTK ini harus diketahui oleh guru yaitu alasannya fungsinya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningkatan melalui PTK ini bisa dirasakan baik oleh guru maupun oleh murid. Dengan adanya PTK guru dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat penemuan dalam sistem pembelajarannya dengan tujuan biar pelajaran yang diberikan bisa diserap dengan lebih baik oleh murid.

Demikian sedikit info PTK yang sudah diulas. Dalam melaksanakan pembelajaran terkadang banyak dinamika yang harus dialami oleh guru, baik dalam sistem pembelajaran maupun dalam menghadapi abjad murid. Karena itulah dengan mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), guru bisa menjadi lebih peka terhadap dinamika-dinamika tersebut dan dibutuhkan bisa menemukan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi di dalam kelas guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.

0 Response to "Info Ptk Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png