Info Penting Klarifikasi Dapodik 2017 Dengan Sim Pkb 2017

 Belum usang ini Kemendikbud telah mengeluarkan pengumuman terbaru terkait Dapodik  Info Penting Penjelasan Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017

Belum usang ini Kemendikbud telah mengeluarkan pengumuman terbaru terkait Dapodik 2017. Dapodik atau yang sering disebut dengan data pokok pendidikan tersebut merupakan sebuah aplikasi yang memuat wacana data-data tenaga pendidik, data penerima didik dan tenaga kependidikan. Jika tahun-tahun kemarin Dapodik dijalankan dengan aplikasi GTK, maka info terbaru yang telah dirilis oleh Kemendikbud kini ialah dengan SIM PKB 2017.

Informasi mengenai Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017 sendiri telah disampaikan oleh Bapak Nazarudin GTK dan Dadan Dapodik. Beliau banyak memberikan hal-hal yang berkaitan dengan informasi mengenai Dapodik 2017. Beliau juga berpesan bahwa operator dan juga PTK dihentikan menyepelekan Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017 ini.

Penjelasan Tentang Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017

Informasi mengenai Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017 memang telah disampaikan oleh Bapak Nazarudin GTK. Hal yang dijelaskan oleh dia terbilang banyak tetapi cukup terang dan sanggup dipahami. Lalu apa saja penjelasannya? Poin pertama yang disampaikan oleh dia ialah penerbitan SK akan dilakukan pada bulan September tahun ini. Penerbitan SK tersebut ialah khusus guru yang akan sertifikasi pada semester ini. Jadi, bagi para guru yang akan menjalankan sertifikasi pada semester ini wajib untuk mempersiapkan entry pembelajaran di Dapodik dan yang harus diperhatikan ialah akta pendidik harus linier dengan mata pelajaran yang diampu.

Poin yang kedua ialah mengenai UKG atau Uji Kompetensi Guru, apabila pada tahun kemarin ada mata pelajaran yang tidak sesuai dengan ijazah, disarankan untuk kembali mengulang uji kompetensi tersebut. Mengapa harus dilakukan ujian ulang? Karena ini nanti akan kuat pada sertifikasinya. Beliau juga menjelaskan kalau mulai bulan Agustus, GTK sudah tidak sanggup diakses lagi. Apabila ingin membuka atau mengakses GTK kembali, para guru diwajibkan untuk masuk menjadi komunitas SIM PKB terlebih dahulu. Ini maksudnya ialah untuk melalui akunnya.

Penjelasan selanjutnya ialah membahas mengenai kepala sekolah pada info GTK. Di poin ini kepala sekolah harus mengisi kiprah perhiasan kemudian jenis PTK juga harus jelas. Tetapi bila itu guru PTK maka guru tersebut harus guru khusus kiprah perhiasan atau guru yang mengampu kiprah kaperpus, kalab dan lain-lain. Makara ini sanggup disimpulkan untuk mengisi poin kiprah perhiasan pada Dapodik, merupakan kiprah dari kepala sekolah atau guru jenis PTK.

Beliau juga menjelaskan kalau pada bulan Agustus aplikasi Dapodik sudah keluar. Awal Agustus aplikasi tersebut sudah sanggup diakses oleh para pendidik dan tenaga kependidikan. Data-data yang harus dimasukkan pada Dapodik juga harus sudah sinkron pada final bulan Agustus. Apabila data belum singkron maka ini akan terancam hangus. Mengapa sanggup demikian? Hal ini dikarenakan pada bulan September akan diterbitkan SKTP. Perlu diketahui, SKTP itu biasanya terbit 2x dalam satu tahun. Bila pada semester 1 data tidak diisi maka ini akan terancam hangus.

Bapak Nazarudin GTK juga menyebutkan kalau akan ada aplikasi wacana kehadiran guru yang akan diluncurkan. Aplikasi tersebut wacana ketidakhadiran guru, sebagai pola bila ada seorang guru yang mengajukan ijin maka nanti akan dicentang. Aplikasi tersebut mewajibkan guru untuk selalu login dan mengisi kehadiran atau ketidakhadiran tersebut. Di sini juga ada perhatian khusus, apabila pengisian ketidakhadiran guru tersebut tidak diisi atau mengisi ketidakhadiran itu hingga lewat bulan, maka nantinya akan kuat pada pinjaman tunjangan profesi. Makara ini sanggup disimpulkan, guru harus selalu mengisi ketidakhadiran memakai aplikasi tersebut baik itu selalu hadir atau pun ijin guna untuk menerbitkan SK pinjaman tunjangan profesi.

Selain itu, dia juga menjelaskan kalau pada aplikasi Dapodik 2017 yang terbaru tersebut akan ada penambahan jadwal pelajaran. Namun, di sini tidak dijelaskan lebih detail wacana penambahan jadwal pelajaran apa yang dimaksud. Bapak Nazarudin juga mengungkapkan kalau pada tahun 2018 mendatang, semua NIK para guru atau tenaga kependidikan yang ada di GTK akan disamakan dengan data yang ada di Dukcapil. Istilah lainnya ialah NIK pada GTK tersebut akan disingkronkan dengan data yang ada pada Dukcapil.

Beliau juga memberikan bila ada berkas inpasing yang tidak atau belum sah untuk segera mengirim ulang kembali berkasnya yang baru. Mengirimkan berkas inpasing yang sudah singkron tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam pengecekan ulang. Banyak situs atau alamat yang bermunculan untuk pengecekan berkas inpasing di internet. Tetapi tidak semua diakui oleh info GTK menyerupai salah satunya ialah mutasi.sdm.kemendikbud.go.id.

Satu lagi hal yang dijelaskan oleh Bapak Nazarudin ialah wacana uang TPG. Tunjangan Profesi Guru nantinya akan dimasukkan di bank dengan catatan kalau statusnya sudah SP2D. Apabila dalam jangka waktu 1 bulan belum keluar, maka para tenaga pendidik yang akan mendapatkan uang tunjangan profesi tersebut sanggup melapor ke dinas.

Itulah tadi beberapa klarifikasi yang disampaikan oleh Bapak Nazarudin GTK wacana info Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017. Memang penjelasannya sedikit panjang dan lebar tetapi poin-poinnya juga jelas.

Kesimpulan Penjelasan Tentang Info Dapodik 2017 dengan SIM PKB 2017

Beberapa poin klarifikasi di atas tentu sanggup disimpulkan agar lebih gampang diterima dan dicerna. Kesimpulannya ialah pada awal bulan September akan diterbitkan SK bagi guru yang akan melaksanakan sertifikasi. Kemudian akan ada penambahan jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik 2017 yang terbaru. Apabila tahun kemudian sudah mengikuti uji kompetensi guru tetapi ada mata pelajaran yang tidak sesuai dengan ijazah, maka disarankan untuk mengulangi lagi ujian tersebut agar tidak mensugesti pinjaman tunjangan profesi.

Para guru juga akan dipermudah dengan adanya aplikasi kehadiran guru yang sanggup digunakan nantinya. Kehadiran para guru tersebut juga sangat penting sebab datanya nanti akan masuk ke Dapodik. Tujuan diluncurkannya aplikasi tersebut ialah untuk menciptakan para guru dan tenaga kependidikan lainnya selalu disiplin. Dengan adanya perjuangan disiplin, maka uang tunjangan profesi guru pun akan cepat terbayarkan. Dapodik sendiri memang isinya berupa data-data pendidikan untuk memudahkan dalam pendataan dan memudahkan dalam pinjaman SK, pinjaman tunjangan profesi dan lain sebagainya.

Akhir-akhir ini memang ramai diberitakan wacana Dapodik, sertifikasi guru dan juga tunjangan profesi guru. Ada desas-desus wacana naiknya tunjangan profesi dan lain sebagainya. Yang terbaru sendiri ialah wacana Dapodik. Semua sekolah diwajibkan untuk mengisi data-datanya menyerupai data wacana siswa, data para guru maupun data para tenaga kependidikan lainnya. Semuanya wajib di isi ke aplikasi Dapodik dari Kemendikbud tersebut. Untuk pengisian data ke aplikasi Dapodik tersebut pada tahun 2017 ini harus memakai SIM PKB. Memang ini terbilang sedikit ribet kalau ada data yang belum sinkron, maka Anda diwajibkan untuk mengirim berkas data yang terbaru. Mungkin untuk informasi lebih lanjut wacana Dapodik sanggup buka website dari Kemendikbud.

0 Response to "Info Penting Klarifikasi Dapodik 2017 Dengan Sim Pkb 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close