Gaji Pendamping Desa Yang Perlu Diketahui

Gaji Pendamping Desa yang Perlu Diketahui Gaji Pendamping Desa yang Perlu Diketahui

Ada banyak profesi yang bisa dipilih di Indonesia mulai dari bekerja di perusahaan swasta hingga di instansi pemerintahan. Bagi Anda yang tertarik bekerja di institusi pemerintahan, menjadi seorang pendamping desa bisa Anda pertimbangkan. Gaji pendamping desa cukup menarik. Sangatlah sesuai dengan job desk yang diberikan. Membicarakan perihal kiprah dan wewenang dari pendamping, ada beberapa kiprah yang secara umum ditangani. Tugas tersebut diantaranya memfasilitasi BUM Desa,  penetapan atau  pembentukan aturan-aturan di desa, dan ikut serta dalam memperlihatkan kemudahan kaderisasi. Selain itu, pekerjaan ini juga menjembatani pihak desa dengan pihak luar desa maupun pihak ketiga.

Gaji Pendamping Desa yang Menggiurkan

Gaji pendamping desa berbeda-beda tergantung tingkat lulusan terakhir. Lulusan S1 tentu menerima honor sedikit lebih besar dibandingkan dengan lulusan SMA. Secara umum honor yang akan diperoleh dalam satu bulan melebihi Upah Minimum Regional. Bisa dikatakan untuk kebutuhan sehari-hari, honor ini lebih dari cukup. Pemberian honor di atas UMR ini bukan tanpa alasan. Posisi ini cukup penting. Sebab, pendamping desalah yang secara eksklusif ikut serta dalam pembangunan desa. Misi yang dibawanya sangat terang yaitu semoga kesejahteraan masyarakat desa terjamin. Tak jarang pendamping desa menjadi kemudahan bagi kolaborasi yang dilakukan oleh suatu desa dengan pihak luar.

Meskipun seorang pendamping desa ialah tamatan SMA, namun honor yang didapatkan melebihi Upah Minimum Regional kawasan tersebut. Ini ialah hal yang masuk akal alasannya ialah pekerjaan yang dilakukan tak mudah. Pendamping desa ditugasi memfasilitasi banyak sekali jadwal dan perencanaan dana untuk pembangunan desa. Kebanyakan honor yang akan diterima sekitar 3,5 juta tiap bulannya. Gaji di lebih besar dibandingkan PLD (Pendamping Lokal Desa) yang mendapatkan sekitar 2,7 juta rupiah. Dengan honor tersebut, pendamping desa bisa hidup dengan layak atau lebih dari cukup.

Gaji pendamping desa ini menciptakan banyak lulusan Sekolah Menengan Atas hingga S1 yang tertarik menjadi seorang pendamping desa. Kurang lebih puluhan ribu orang mendaftar lowongan ini. Meskipun tak bisa menjadi CPNS, namun antusiasme para pelamar kerja sangat tinggi. Padahal hanya belasan ribu orang yang diterima di posisi ini. Siapapun yang telah lulus minimal Sekolah Menengan Atas bisa melamar posisi pendamping desa ini. Untuk bisa diterima sebagai pendamping desa, Anda harus melalui banyak sekali tahap yang cukup ketat. Tahap tes yang dilalui diantaranya registrasi online, tes tertulis, dan psikotes. Selain itu ada pula training pratugas yang diadakan panitia. Salah satu tolak ukur diterimanya pendamping desa ialah mempunyai wawasan luas dan kemampuan yang bisa diandalkan. Memiliki otak cerdas saja tak cukup, alasannya ialah dibutuhkan juga pengalaman.

Pemerintah mencari orang-orang yang bisa meningkatkan kesejahteraan desa serta ikut serta memfasilitasi desa secara total. Besarnya honor yang tidak mengecewakan banyak ini harus dimanfaatkan para pendamping desa dengan baik. Diharapkan mereka bisa menjadi fasilitator yang baik bagi kesejahteraan masyarakat desa. Jangan sampai, para pelamar yang ingin menjadi pendamping desa hanya tergiur oleh honor yang tidak mengecewakan banyak, namun tak ingin berkontribusi eksklusif dengan forum permasyarakatan.

Gaji pendamping desa yang ditawarkan cukup mencukupi, namun ini bukanlah pekerjaan tetap. Sebelum memulai pekerjaan, pelamar yang telah resmi diterima akan diberitahukan berapa usang kontrak pekerjaan sebagai pendamping desa tersebut. Untuk durasi usang kerja, hal ini masih menyesuaikan kebijakan yang berlaku. Umumnya pegawai dikontrak selama 2 bulan. Namun, ada pula yang dikontrak hingga 1 tahun. Untuk mengenai kepastian durasi kontrak kerja yang terbaru, silakan bisa ditanyakan pada Dinas terkait.

Meskipun bukan berstatus pegawai tetap, namun Anda yang telah diterima di posisi ini harus bersyukur. Tak gampang mendapatkan posisi menjadi pendamping desa. Ada banyak tahapan dan evaluasi yang dilakukan. Selain itu, tentangan pelamar pun sangat banyak. Nominal honor yang ditawarkan menciptakan banyak orang lebih bersemangat.

Demikian ialah informasi penting mengenai honor pendamping desa yang wajib Anda ketahui. Jika tertarik menjadi pendamping desa, segera persiapkan diri. Carilah informasi mengenai kapan diadakannya tes ini beserta syarat-syarat yang harus dimiliki. Selamat berjuang!

0 Response to "Gaji Pendamping Desa Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png