Gaji Kepala Sekolah Sd Negeri Beserta Tunjangannya

Gaji Kepala Sekolah SDN Beserta Tunjangannya Gaji Kepala Sekolah SDN Beserta Tunjangannya

Gaji seorang pemimpin dengan golongan di bawahnya tentu tidaklah sama jumlahnya. Salah satunya ialah perbedaan honor kepala sekolah SD negeri. Gaji yang dibayarkan oleh negara ini memang perlu diawasi semoga tidak sia-sia. Banyak pegawai negeri khususnya yang mengabdi di dunia pendidikan menginginkan posisi menjadi kepala sekolah. Hal itu bertambah dengan kewenangan yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Semua dana yang masuk biasanya melalui kepala sekolah dan diketahui oleh bab bendahara. Dana masuk yang besar wajib diketahui oleh bab di bawahnya menyerupai guru semoga sanggup diawasi secara bersama-sama. Pengawasan penting dilakukan untuk menghindari penyelewengan dan untuk memperlancar tujuan dari dana tersebut semoga tersalur dengan baik.

Tunjangan Hingga Gaji Kepala Sekolah SD Negeri

Dana sekolah dari pihak luar yang masuk melalui kepala sekolah antara lain ialah dana santunan sekolah atau BOS yang jumlahnya sudah niscaya besar alasannya ialah dari pemerintah pusat. Selain itu, dana dari pemerintah tempat untuk sebuah sekolah juga melalui seorang kepala sekolah. Besarnya jumlah santunan terkadang sanggup menarik hati meskipun honor kepala sekolah SD negeri sudah lebih banyak dari pada honor guru di bawahnya. Gaji antara guru dan kepala sekolah bisa saja sama bila memang status golongan kepegawaian ialah sama. Namun kebanyakan golongan kepegawaian seorang guru lebih rendah dari kepala sekolah. Rata-rata honor seorang guru SD ialah sekitar 2,5 juta lebih setiap bulannya.

Jika seorang kepala sekolah mempunyai golongan kepegawaian di golongan IV honor pokoknya saja bisa mencapai 3,195 juta rupiah. Ditambah dengan tunjangan lain menyerupai misalnya TKD atau tunjangan kinerja tempat seorang kepala sekolah yang menembus jumlah 5 juta. Tidak tidak mungkin bila ada honor kepala sekolah SD negeri yang jumlah totalnya sanggup sampai belasan juta per bulannya. Akumulasi sebesar itu berasal dari tunjangan lain yakni tunjangan sertifikasi. Tunjangan sertifikasi bagi kepala sekolah ialah sebanyak honor pokok yang telah ditetapkan. Berbagai tunjangan yang diberikan kepada kepala sekolah bila dibandingkan dengan guru maka perbandingannya ialah 1:1,3. Dihitung dengan angka, tunjangan kepala sekolah dengan guru berkisar antara 1 juta sampai 1,2 juta.

Gaji kepala sekolah SD negeri yang berada di kota besar dengan desa kecil tentu tidaklah sama. Pada kota besar tunjangan yang diberikan bisa lebih besar, tunjangan tersebut berlaku untuk tunjangan yang berasal dari pemerintah tempat bukan dari pusat. Beberapa honor untuk kondisi tertentu juga menambah jumlah penghasilan seorang kepala sekolah. Contoh saja kota Jakarta yang menawarkan honor dan banyak sekali tunjangan untuk kepala sekolah tingkat SD yang terhitung sampai 12 juta. Terlebih lagi PNS yang mempunyai sistem honor bulan ke tiga belas. Maka honor setiap tahun yang diterima sangatlah banyak. Namun honor yang banyak juga belum tentu sanggup mengurangi penyalahgunaan dan belum tentu bisa meningkatkan kualitas pelayanannya.

Jika dulu mungkin tunjangan diberikan dalam bentuk kebutuhan sehari-hari maka sekarang berkembang menjadi uang yang digabungkan dengan honor pokok. Perubahan itu sebaiknya bermanfaat bagi penerimanya. Sekarang honor kepala sekolah SD negeri yang sudah besar disarankan dibarengi dengan kemauan dan tekad untuk benar-benar memajukan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya insan khususnya pelajar. Hal tersebut tentu selaras dengan julukan sebagai pendekar tanpa tanda jasa. Artinya pengeluaran negara untuk honor kepala sekolah dan pengajar sanggup dikembalikan dengan lahirnya pelajar yang cerdas dan berkepribadian sesuai yang sedang diharapkan negara. Semakin banyaknya generasi emas yang mempunyai otak berilmu sangat berarti untuk membangun negeri.

Tunjangan dan honor pokok yang didapatkan oleh sebagai honor kepala sekolah SD negeri, selain untuk kebutuhan langsung alangkah lebih baik lagi bila sebagian dipakai untuk peningkatan kapasitas kemampuannya. Sebagai teladan seorang kepala sekolah harus terus berguru untuk menjadi pemimpin yang bisa mengatur dengan baik sebuah sistem pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah juga harus sanggup memimpin guru di bawahnya untuk sanggup menawarkan pelajaran dengan cara yang tepat. Memimpin sekolah tidak hanya bertanggung jawab terhadap manusianya saja akan tetapi lingkungan sekolahnya juga. Kepala sekolah sepatutnya sanggup mengatur lingkungan sekolah semoga menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.

0 Response to "Gaji Kepala Sekolah Sd Negeri Beserta Tunjangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close