Daftar Sekolah Ikatan Dinas Dan Isu Pendaftarannya

Daftar Sekolah Ikatan Dinas dan Info Pendaftarannya Daftar Sekolah Ikatan Dinas dan Info Pendaftarannya

Beberapa waktu belakangan, registrasi sebagai PNS tengah ramai diperbincangkan. Kualifikasi untuk para pendaftar PNS tersebut umumnya yakni para lulusan S1. Namun, bergotong-royong ada cara lain yang sanggup dilakukan oleh pelajar SMA/SMK yang mempunyai keinginan menjadi PNS. Apakah itu? Yaitu dengan masuk pada salah satu sekolah di dalam daftar sekolah ikatan dinas. Lalu, sekolah mana sajakah yang masuk dalam kategori daftar tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Daftar Beberapa Sekolah Ikatan Dinas

Sebelum membahas mengenai sekolah mana saja yang masuk dalam daftar sekolah ikatan dinas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa hal penting seputar sekolah ikatan dinas itu sendiri. Pertama, sekolah ikatan dinas merupakan sekolah yang tingkatannya sama ibarat perguruan tinggi. Karena itulah, terkadang banyak orang yang menyebut sekolah ikatan dinas dengan perguruan tinggi ikatan dinas. Untuk jenisnya, sekolah-sekolah ikatan dinas sanggup berupa Sekolah Tinggi, Akademik, Politeknik, maupun Institut.

Lalu, sekolah mana saja yang ada di Indonesia dan tergolong sebagai sekolah ikatan dinas? Berikut daftar sekolah ikatan dinas tersebut.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
Salah satu sekolah yang ada dalam daftar sekolah ikatan dinas yakni PKN STAN. Sekolah yang sebelumnya hanya berjulukan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ini dari tahun ke tahun merupakan salah satu sekolah ikatan dinas yang favorit dan banyak diminati. Melalui website resminya di www.pknstan.ac.id, pihak PKN STAN menjelaskan bahwa terkait seleksi mahasiswa gres di politeknik ini tidak ada afiliasi dengan pihak manapun kecuali dengan Kementrian Keuangan. Jadi, seleksi murni dilakukan tanpa afiliasi dengan forum pendidikan, Kementrian atau forum selain Kemenkeu, bimbel, atau lainnya.

Selain itu, sekolah yang paling dicari dalam daftar sekolah ikatan dinas ini juga hanya melaksanakan rekrutmen mahasiswa gres melalui Ujian Saringan Masuk yang diadakan oleh sekolah tersebut. Waktu penyelenggaraan seleksi ujian masuk tersebut pun hanya dilakukan sekali dalam setahun. Dengan kata lain, tidak ada jalur ibarat jalur undangan, seleksi khusus, jalur prioritas, atau sejenisnya untuk para peminat PKN STAN ini. Biasanya, rekrutmen mahasiswa gres PKN STAN diadakan setiap Maret sampai April. Namun, biar tidak keliru kalau terjadi perubahan jadwal rekrutmen, Anda sanggup mengakses website resminya dan menyimak pengumuman terkait hal tersebut.

Lalu, dimanakah Anda sanggup mendapat informasi mengenai segala hal terkait sekolah ini? Pertama, Anda sanggup membuka website resmi dari PKN STAN sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Apabila ingin mengunjungi kampusnya langsung, Anda sanggup tiba ke alamat kampus tersebut di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Banten. Sementara itu, bagi yang mempunyai pertanyaan-pertanyaan seputar rekrutmen mahasiswa baru, Anda sanggup menghubungi melalui kontak telepon atau faksimili. Kontak telepon yang sanggup dihubungi yaitu +6221736165458 ext.264. Sementara itu, untuk kontak fax sanggup dilakukan melalui +62217361653.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
Daftar sekolah ikatan dinas juga memuat Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di dalamnya. Hal ini sebab sekolah ini merupakan sekolah yang semenjak 1958 dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sesuai namanya, sekolah yang pada awalnya berjulukan Akademi Ilmu Statistik (AIS) ini mempunyai visi menyebarkan serta menyebarluaskan ilmu di bidang statistika melalui kiprahnya sebagai forum pendidikan tinggi kedinasan berprogram D-IV. Selain bidang statistika, forum pendidikan tinggi ini juga mengajarkan ilmu komputasi statistika kepada para kader profesionalnya.

Melalui ilmu yang diajarkan, dibutuhkan para lulusan dari STIS sanggup menjadi tenaga profesional yang membantu melaksanakan banyak sekali hal ibarat perencanaan dan pelaksanaan suatu penelitian, perencanaan dan pengembangan sistem informasi, analisis sosial ekonomi, dan sebagainya. Untuk mencapai keinginan tersebut, salah satu sekolah dalam daftar sekolah ikatan dinas ini menerapkan kurikulum khusus yang mengacu pada ilmu ekonomi, sosial, kependudukan, dan teknologi informasi. Selain itu, pengembangan keterampilan dalam ilmu statistik dan komputasi statistik juga menjadi fokus utama dalam proses dan pelaksanaan metode pembelajaran STIS.

Terkait jadwal studi yang tersedia di STIS, ada dua pilihan jadwal studi yang tersedia yaitu Program Studi Statistika dan Program Studi Komputasi Statistik. Program studi Statistika sendiri mempunyai dua bidang peminatan, yaitu Sosial Kependudukan dan Ekonomi. Masing-masing dari jadwal studi di STIS tersebut menghasilkan tenaga hebat di bidangnya. Lulusan dari jadwal studi komputasi statistik menjadi tenaga hebat di bidang komputasi dan sistem informasi. Sementara itu, lulusan dari jadwal studi statistika menjadi salah satu dari 2 jenis tenaga ahli, yaitu tenaga hebat di bidang sosial-kependudukan atau di bidang ekonomi.

Mereka yang berminat untuk menjadi mahasiswa gres di STIS dan mewujudkan impian sebagai spesialis statistik sanggup mencari informasinya dengan mengunjungi kampusnya di Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur atau menghubungi pihak kampus terkait PMB melalui kontak telepon di (021) 85900884. Apabila ingin menanyakan informasi yang lebih umum, silakan menghubungi ke (021) 8191437 atau (021) 8508812. Anda juga sanggup membuka website resminya di www.stis.ac.id atau kontak fax di (021) 8197577. Seperti PKN STAN, penerimaan mahasiswa gres (PMB) STIS biasanya diadakan sekitar bulan Maret.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)
Sekolah kedinasan yang ada di lingkungan Lembaga Sandi Negara ini didirikan atas Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2003 yang membahas pendirian STSN. Sebagaimana kiprah penyelenggaraan STSN yang dimuat dalam Keputusan Kepala Lembaga Sandi Negara dengan nomor OT.101/KEP.80/2003, sekolah dalam daftar sekolah ikatan dinas ini mempunyai beberapa kiprah yang diantaranya adalah:
Melaksanakan dan menyebarkan pendidikan profesional persandian
Melaksanakan penelitian ilmu dan teknologi persandian
Melaksanakan pelatihan civitas akademika
Melaksanakan dedikasi kepada masyarakat
Melaksanakan dan mengelola pelayanan akademik dan kemahasiswaan, prasarana & sarana, serta manajemen umum STSN.
Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai sekolah ikatan dinas yang beralamat di Jalan Raya H. Usa Bogor ini, Anda sanggup membuka website resminya di www.stsn-nci.ac.id atau melalui kontak telepon di (0251) 8541742, 8541754, atau (0251) 8541720.

4. Akademi Imigrasi (AIM)
Sekolah ikatan kedinasan berikutnya yakni Akademi Imigrasi (AIM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Hukum dan HAM. Para lulusan dari AIM nantinya dibutuhkan menjadi tenaga profesional di bidang keimigrasian dan sanggup menjadi kader di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi serta Kementrian Hukum dan HAM. Karena membidangi keimigrasian, para lulusan yang bekerja di bawah naungan dua forum tersebut nantinya sanggup bekerja di kantor imigrasi yang ada di Indonesia maupun kantor perwakilan imigrasi di luar negeri.

AIM sendiri mempunyai 4 pilihan jadwal studi yaitu D-III Keimigrasian, D-IV Hukum Keimigrasian, D-IV Manajemen Teknologi Keimigrasian, dan D-IV Administrasi Keimigrasian. Apabila Anda tertarik untuk masuk di salah satu jadwal studi tersebut, silakan membuka informasi mengenai sekolah ikatan dinas ini pada website resminya di www.politeknikimigrasi.ac.id. Anda juga sanggup berkunjung eksklusif ke kampus dari perguruan yang termasuk dalam daftar sekolah ikatan dinas ini di Jalan Raya Gandul, Depok, Jabar atau menghubungi kontak telepon di +6221 75300001.

5. Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP)
Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) juga merupakan salah sekolah yang termasuk dalam daftar sekolah ikatan dinas. Sekolah yang diselenggarakan dengan pengawasan dari Kementrian Hukum dan HAM ini merupakan salah satu bentuk realisasi konsep pemasyarakatan terhadap para pelanggar aturan di Indonesia. Dengan adanya sekolah ini, para lulusannya menjadi tenaga yang berkualifikasi untuk memperlihatkan pemasyarakatan kepada para pelaku tindak pidana baik melalui kiprahnya sebagai pelaksana teknis, peneliti, manajer, atau lainnya. Jadi, jenis pekerjaan yang ditampung para lulusan AKIP di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan contohnya petugas lapas, petugas rutan, dan petugas Rupbasan.

Apabila Anda tertarik untuk masuk di salah satu sekolah yang ada dalam daftar sekolah ikatan dinas ini, situs resmi AKIP yang sanggup dikunjungi yakni www.akip-kemenkumham.ac.id. Anda juga sanggup menghubungi kontak dari sekolah ikatan dinas yang beralamat di Jalan Raya Gandul Depok ini di sambungan telepon 021-7545096.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
Sekolah berikutnya yang dimuat dalam daftar sekolah ikatan dinas yakni Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Sekolah yang pada awalnya berjulukan Akademi Meteorologi dan Geofisika ini didirikan pada 1955 di Bandung dan berdekatan dengan ITB. Setelah kampusnya dipindahkan ke Jakarta pada 1960, perguruan tersebut kemudian dibawahi oleh Pusat Meteorologi dan Geofisika. Setelah mengalami beberapa kali perubahan naungan, AMG bermetamorfosis STMKG pada 2014 melalui ketentuan dalam Peraturan Presiden RI Nomor 35 Tahun 2014. Dalam peraturan tersebut juga dimuat bahwa sekolah ikatan tersebut berada dalam naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sekolah tinggi yang sekarang beralamat di Jalan Perhubungan Tangerang Selatan ini sanggup Anda dapatkan segala informasinya melalui website resminya di www.stmkg.ac.id. Anda juga sanggup menghubungi kontak telepon kampus tersebut di (021) 73691621. Seperti sekolah tinggi lainnya, penerimaan mahasiswa gres di STMKG juga biasa dilaksanakan sekitar bulan Maret.

7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri juga merupakan salah satu sekolah yang ada dalam daftar sekolah ikatan dinas di Indonesia. Institut ini berada di lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia. Para lulusan dari IPDN sendiri nantinya dibutuhkan sanggup menjadi kader pemerintah yang ada pada tingkat sentra maupun daerah. Tidak ibarat kampus ikatan dinas lainnya, IPDN tersebar di beberapa wilayah ibarat Jawa Barat, Sumatra Barat, Riau, Kalimantan Barat, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Apabila Anda tertarik untuk menjadi mahasiswa gres di IPDN yang ada di salah satu daerah, silakan mengakses situs resminya di www.ipdn.ac.id. Apabila Anda berada di pulau Jawa, maka alamat terdekat dari kampus yang masuk dalam daftar sekolah ikatan dinas ini ada di Jawa Barat. lebih spesifiknya, alamat IPDN Jawa Barat ada di Jalan Ir. Soekarno, Kabupaten Sumedang.

8. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
Sekolah terakhir yang ada dalam daftar sekolah ikatan dinas kali ini yakni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Sekolah yang berada dalam lingkungan Kementrian Perhubungan ini merupakan sekolah yang penyelenggaraan pendidikannya berbasis vokasi serta akademik transportasi darat. Pada awal pendiriannya di tahun 1951, sekolah ini berjulukan Akademi Lalu Lintas (ALL). Setelah sempat berhenti beroperasi pada 1964, pada 1980 ALL kembali dioperasikan dengan nama gres yaitu Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR). Baru pada tahun 2000 status BPL-ALLAJR yang telah menyelenggarakan jadwal D-III ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan mempunyai kedudukan di lingkungan Departemen Perhubungan.

Apabila tertarik untuk menempuh pendidikan di STTD dan melaksanakan dedikasi di bawah Departemen Perhubungan, Anda sanggup mencari informasi pendaftarannya melalui www.sttd.ac.id. Apabila mempunyai pertanyaan khusus seputar STTD, Anda juga sanggup menghubungi kontak teleponnya di +6221 8254640 atau fax di +6221 82608997. Apabila ingin mendatangi kampusnya langsung, silakan tiba ke Jalan Raya Setu nomor 89 Bekasi.

Pembahasan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Bagaimana cara masuk ke salah satu sekolah yang ada dalam daftar sekolah ikatan dinas sebagaimana yang disebutkan di atas? Terkait hal ini, diadakanlah Rapat Kerja yang diselenggarakan dan dihadiri oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan banyak sekali Kementrian/Lembaga terkait ibarat Kemenkeu, Departemen Perhubungan, BPS, BMKG, Kemenkumham, dan sebagainya.

Dari rapat tersebut, banyak sekali Kementrian/lembaga yang menaungi sekolah ikatan dinas setuju untuk merencanakan kepanitiaan Seleksi Nasional (Panselnas) berikut dengan teknik dan persyaratan yang ditetapkan bagi peserta registrasi taruna/i sekolah ikatan dinas. Kementrian/Lembaga yang terlibat dalam Panselnas juga memutuskan perwakilan yang nantinya bekerja di kantor Kemen PANRB di Jakarta. Berdasarkan informasi, ada sekitar 8 Kementrian/lembaga yang berkontribusi dalam penerimaan mahasiswa sekolah ikatan dinas. Kedelapan Kementrian/lembaga tersebut antara lain yakni Kemenkumham, Kemenkeu, Kemendagri, Kemenhub, BMKG, BPI, Lembaga Sandi Negara, dan Badan Intelijen Negara.

Dalam rapat juga dibahas bahwa proses penerimaan mahasiswa gres di sekolah-sekolah yang termasuk dalam daftar sekolah ikatan dinas harus dilakukan secara adil dan transparan. Untuk itu, menurut keterangan Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM dan Aparatur Kemen PANRB, Arizal, menjelaskan bahwa pihak-pihak yang terlibat setuju untuk melaksanakan penerimaan secara serentak. Pendaftaran dan seleksi yang transparan dan adil tersebut akan dikoordinasi oleh Kementrian PANRB.

Seperti pada tahun sebelumnya, peserta yang berminat mendaftar harus melaksanakan registrasi secara online. Ketika menentukan sekolah kedinasan, peserta hanya sanggup menentukan 1 pilihan sekolah ikatan dinas saja. Setelah memenuhi kualifikasi manajemen yang ditentukan, peserta akan diikutsertakan dalam ujian Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan tes tersebut difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara. Ujian CAT sendiri terdiri atas serangkaian ujian ibarat Tes Kompetensi Dasar, Tes Intelegensi Umum, Tes Wawancara Kebangsaan, dan Tes Karakteristik Pribadi. Selain itu, peserta mungkin juga masih harus melalui tes sesuai dengan kebutuhan masing-masing Kementrian/Lembaga.

Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lolos pada salah satu sekolah kedinasan akan mendapat informasi kelolosan sesuai dengan ketentuan panitia penyelenggara. Bagi yang menunggu-nunggu informasi pengumuman dibukanya registrasi taruna/taruni di sekolah ikatan dinas, silakan memantau pengumumannya di website resmi Kemen PANRB dengan alamat url-nya di www.menpan.go.id. Apabila Anda mendapat informasi pengumuman yang berbeda atau tidak dimuat di website tersebut, sanggup diambil kesimpulan bahwa informasi tersebut merupakan hoax atau gosip palsu. Karena itu, sebaiknya Anda hanya mengakses informasi yang dimuat dari situs resmi Kemen PANRB atau website resmi sekolah ikatan dinas yang diminati. Dengan begitu pula, Anda sanggup terhindar dari tindak penipuan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin mengambil laba pribadi atas penyelenggaraan penerimaan mahasiswa gres di sekolah yang masuk dalam daftar sekolah ikatan dinas.

0 Response to "Daftar Sekolah Ikatan Dinas Dan Isu Pendaftarannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png