Cpns Kemendesa 2017 Yang Terbaru

 Mungkin banyak yang belum mengenal Kementrian Desa CPNS Kemendesa 2017 yang Terbaru

Mungkin banyak yang belum mengenal Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT). Kementrian tersebut bersahabat dengan sebutan Kemendesa semenjak abad presiden Jokowi. Sebelumnya, instansi tersebut berjulukan Kementrian Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada masa pemerintahan SBY dan Kementrian Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia pada masa presiden Megawati. Tujuan dibentuknya kementrian ini sama yaitu untuk mengurusi pembangunan desa, daerah pedesaan, percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Instansi pemerintah ini pun ikut membuka lowongan CPNS Kemendesa 2017 yang dapat diisi.

Formasi CPNS Kemendesa 2017

Tanggal 5 September 2017 yang kemudian Menpan telah memperlihatkan keterangan resmi jikalau ada banyak instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS. Salah satunya untuk lowongan CPNS Kemendesa 2017. Di kementrian ini deretan yang diperlukan yakni 91 deretan dengan 11 jabatan atau posisi yang dapat diisi. Jabatan dan kualifikasi pendidikannya antara lain:

  1. Analisis hukum, pendidikan S1 hukum.
  2. Analisis keuangan, pendidikan S1 akuntansi/ekonomi pembangunan/ekonomi manajemen/ilmu ekonomi/ekonomi syariah.
  3. Analisis kepegawaian, pendidikan S1 ekonomi manajemen/ekonomi studi pembangunan/ilmu pemerintahan/psikologi/ilmu ekonomi.
  4. Assessor SDM aparatur, pendidikan S1 psikologi.
  5. Pengelola sistem gosip dan jaringan, pendidikan S1 sistem informatika/teknik informatika/teknik computer/ilmu computer/manajemen informatika.
  6. Statistisi, pendidikan S1 statistika/matematika.
  7. Peneliti, pendidikan S1 statistika/matematika/ekonomi manajemen/ekonomi studi pembangunan/ilmu pemerintahan/pertanian/perikanan.
  8. Analisis pembangunan, pendidikan S1 teknik sipil/teknik geodesi/teknik geologi/teknik arsitektur/teknik planologi/perencanaan wilayah/teknik industry/teknik lingkungan.
  9. Analisis pemerintahan, pendidikan S1 ilmu pemerintahan/administrasi negara/ekonomi syariah/ekonomi studi pembangunan/ekonomi manajemen/hukum.
  10. Auditor, pendidikan S1 ilmu akuntansi/ekonomi manajemen/ekonomi studi pembangunan/ilmu ekonomi/hukum.
  11. Penggerak swadaya masyarakat, pendidikan S1 perikanan/pertanian/peternakan/teknik industry/ekonomi manajemen/ilmu agama/sosiologi/kesehatan masyarakat.

Posisi atau jabatan untuk lowongan CPNS Kemendesa 2017 tersebut total ada 91 formasi. Nantinya unit kerja atau alokasi penempatan kerja menyerupai di sekertariat jenderal, inspektorat I, II, III, IV dan V. Lalu ditempatkan di balai beberapa kota antara lain Yogyakarta, Bengkulu, Banjarmasin, Pekanbaru, Papua, Makassar dan Ambon. Penempatan lainnya ada di Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu dan Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi.

Syarat Pendaftaran

Bagi putra dan putri bangsa yang tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS Kemendesa 2017 harap memperhatikan persyaratannya. Kemendesa membuka 4 persyaratan pelamar yakni pertama untuk deretan umum, kedua untuk pelamar cumlaude, ketiga untuk Papua dan Papua Barat kemudian yang keempat yakni untuk deretan disabilitas. Semuanya mempunyai kriteria yang hampir sama namun ada poin-poin yang membedakannya. Syarat lainnya menyerupai warga negara Indonesia, tidak terlibat NAPZA, bukan pengurus partai politik dan lain sebagainya.

Cara Pendaftaran CPNS Kemendesa 2017

Untuk mengikuti seleksi CPNS Kemendesa 2017 sistem pendaftarannya dilakukan secara online. Setelah registrasi online selesai maka pelamar wajib mengirimkan berkas dokumen yang berisi fotokopy ijazah/transkrip nilai, fotocopy KTP, CV, surat lamaran, surat pernyataan dan pas foto. Berkas dokumen tersebut harus dikirim via pos ke alamat gedung balai Makarti Lt.1, Jl. Taman Makam Pahlawan Kalibata No.17, Jakarta Selatan 12740. Pendaftaran online dibuka pada tanggal 11-25 September 2017 melalui sscn.bkn.go.id dan berkas dokumen paling lambat tanggal 26 September 2017.

Alur Seleksi CPNS Kemendesa 2017

Bagi yang mengikuti seleksi CPNS Kemendesa 2017 ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti oleh para peserta. Tahap pertama yakni seleksi administrasi, kedua yakni seleksi kompetensi dasar atau SKD dan terakhir ada seleksi kompetensi bidang atau SKB. Pada tes SKD bobotnya yakni 40% dan SKB yakni 60%. Ketiga tahapan tersebut harus dilalui oleh penerima untuk dapat lolos CPNS dari Kemendesa.

Sistem Kelulusan dan Pengumuman Kelulusan

Sistem kelulusan pada CPNS Kemendesa tahun 2017 yang pertama yakni seleksi administrasi. Ini merupakan sistem kelulusan untuk verifikasi dokumen baik itu kelengkapan dan kriteria persyaratan yang memenuhi syarat. Bagi yang lolos seleksi ini akan diumumkan lewat website kemendesa.go.id pada tanggal 30 September 2017. Peserta yang telah lolos wajib mencetak kartu ujian untuk tes tahap selanjutnya. Kelulusan SKD menurut pada nilai passing grade dan ujian dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober – 19 Oktober 2017 dengan sistem CAT. Pengumuman SKD diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2017. Kemudian penerima akan memasuki tahapan seleksi selanjutnya yaitu SKB yang dilaksanakan tanggal 6 November-10 November 2017.

Tes SKB mencakup wawancara dan psikotest yang mempunyai bobot sebagai berikut, wawancara 40% dan psikotest 60%. Pengumuman hasil tes atau kelulusan final pada tanggal 27 November 2017 kemudian selanjutnya dilanjutkan untuk pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lolos seleksi CPNS Kemendesa 2017 dilaksanakan pada tanggal 28 November hingga 12 Desember 2017.

Untuk mendapat gosip yang lebih rinci menyerupai mengenai tempat pelaksaan dan hal-hal lainnya, Anda dapat melihatnya di pengumuman resmi berikut ini.

0 Response to "Cpns Kemendesa 2017 Yang Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close