Cek Indeks Integritas Ujian Nasional Tingkat Sekolah

Indeks Integritas UN Tahun 2017 

Indeks Integritas Ujian Nasional merupakan statistik integritas para pelaku Ujian Nasional (UN). Dengan pengukuran ini, Ujian Nasional tidak hanya sekedar mengukur tingkat pencapaian Akademik siswa, namun juga mengukur tingkat kejujuran para pelaku UN. Sekolah atau Madrasah sebagai penyelenggara UN akan menerima nilai Indeks Integritas Ujian Nasionalnya (IIUN), sehingga hal tersebut mendorong para pelaku UN untuk berperilaku jujur dan penuh integritas.
Baca Juga: 

Pengukuran Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) ini mulai dilakukan semenjak tahun 2015, atau semenjak diberlakukannya Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) di beberapa sekolah. Sebagaimana data yang diperoleh dari Situs resmi Kemendikbud bahwa IIUN tahun 2017 ini mengalami peningkatan, baik sekolah yang menyelenggarakan UNBK maupun UNKP, dengan peningkatan secara nasional sebesar 8, 31 poin. Bahkan sekolah yang menyelenggarakan UNKP yang mempunyai nilai Indeks Integritas tahun kemudian berhasil mempertahankan nilai indeks integritasnya tahun 2017 ini, dan mengalami peningkatan nilai UN sebesar 1,8 poin (www.kemendikbud.com 15 Juni 2017).

Peningkatan Indeks Integritas juga ditunjukkan oleh tiga provinsi yang pada tahun-tahun sebelumnya telah mempunyai indeks integritas tinggi, ialah Bangka Belitung, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Nilai UN di ketiga provinsi itu meningkat, ialah di Provinsi Bangka Belitung meningkat 4,31 poin; di DI Yogyakarta meningkat 4,2 poin; dan di DKI Jakarta meningkat 2,07 poin (www.kemendikbud.com 12 Juni 2017).

Secara umum, sebagaimana dikutip dari situs resmi kemendikbud bahwa pelaksanaan UN tahun ini relatif sepi dari informasi perihal kebocoran dan kecurangan pelaksanaan UN. Secara nasional, peningkatan IIUN sangat signifikan. Tahun ini UNBK di jenjang Sekolah Menengah Pertama diikuti oleh 1.349.744 siswa (32 persen). Peningkatan jumlah penerima UNBK pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dari tahun 2016 ke tahun 2017 sangat luar biasa, hampir mencapai sembilan kali lipat (dari 156.320 menjadi 1.349.744 siswa). Kemendikbud menargetkan, pada tahun 2018 jumlah penerima bimbing yang mengikuti UNBK mencapai 70 persen (www.kemendikbud.com 15 Juni 2017).

Cara Cek Indeks Integritas Ujian Nasional Tingkat Sekolah

Untuk mengetahui nilai Indeks Integritas Ujian Nasional di tiap satuan pendidikan, satuan pendidikan tersebut sanggup melaksanakan cek melalui situs Puspendik Kemendikbud. sebagai catatan, kita sanggup melihat nilai Indeks Integritas UN yang meliputi se-Provinsi atau se-Kabupaten/Kota, sampai satu sekolah. Ikuti langkah-langkah berikut:

Baca Juga:

1. Masuk ke alamat website https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ atau ketikkan pada tab browser teman semua Puspendikkemendikbud ibarat gambar berikut:


2. Isikan data pada kolom 1 untuk melihat indeks integritas UN se-Provinsi dan se-kabupaten kota dan/atau isikan data pada kolom 2 untuk melihat indeks integritas UN di tiap sekolah, lihat gambar berikut:

3. Selesai.

Dengan nilai indeks integritas ini, diperlukan sanggup ketahui integritas serta tingkat kejujuan para pelaku UN, mulai dari sekolah penyelenggara maupun para siswa penerima UN. Sehingga sanggup dijadikan tolak ukur dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Ujian Nasional secara khusus dan meningkatkan kualitas pendidikan secara umum.

Baca Juga: Syarat dan Mekanisme Penerbitan NUPTK oleh Kemendikbud

Demikia informasi perihal Cek Indeks Integritas Ujian Nasional Tingkat Sekolah, biar bermanfaat untuk pendidikan yang lebih maju.
Kami_Madrasah

0 Response to "Cek Indeks Integritas Ujian Nasional Tingkat Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png