Cara Pengisian Nilai Raport Di Dapodik 2018.B

 Untuk pengisian nilai raport di Dapodik Cara Pengisian Nilai Raport di Dapodik 2018.B

Untuk pengisian nilai raport di Dapodik, sekarang telah dirilis aplikasi gres yaitu Dapodik 2018.B yang telah diperbaharui. Aplikasi versi terbaru ini dirilis untuk memperbaiki bugs dari versi sebelumnya sehingga diperlukan penggunaannya sanggup lebih baik dan optimal. Sudah terdapat edaran dari Dirjen GTK Dapodikdasmen mengenai pengecekan data Dapodik yang telah diperbaharui. Info ini diperlukan telah menyebar dengan baik dan diketahui oleh semua satuan pendidikan khususnya untuk jenjang Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan pengisian raport di Dapodik hanya diperuntukan untuk jenjang SD saja. Sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan SMA/SMK pengisian raport dilakukan melalui aplikasi e-raport yang telah disediakan di sekolah masing-masing.

Begini Cara Pengisian Nilai Raport di Dapodik Dengan Benar

Data-data yang akan diinput pada nilai raport yaitu nilai-nilai seluruh mata pelajaran dari US dan USBN penerima didik selama satu tahun. Tugas pengisian nilai raport di Dapodik ini merupakan kiprah yang harus dilakukan oleh operator sekolah. Namun sebelum melaksanakan input nilai, operator sekolah harus bekerja sama dengan wali kelas serta guru bidang studi untuk mempersiapkan nilai US/ USBN semua penerima didik. Selain mempersiapkan nilai, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan kurikulum pada rombel, data penerima didik, sertametode pembelajaran yang dipakai sekolah. Berikut yaitu cara yang benar untuk melaksanakan input nilai raport di dapodik:

1. Langkah yang pertama yaitu buka link resmi prefill dikmen kemendikbud yang nantinya akan dipakai untuk pengisian nilai raport. Setelah link dibuka, unduh prefill tersebut dan simpan di local disk, tempatkan di folder gres kemudian rename folder dengan nama prefill_Dapodik supaya mempermudah Anda untuk menemukan kembali file tersebut ketika akan digunakan. Sebelum melanjutkan untuk login pastikan jaringan atau koneksi internet dari provider yang anda gunakan stabil. Hal ini penting sebagai antisipasi dari terjadinya kesalahan atau error selama melaksanakan pengisian nilai raport.

2. Berikutnya, login ke aplikasi dapodik kemudian lakukan generate prefill. Setelah login berhasil, pilihlah hidangan setting/ pengaturan kemudian pilih prefill rapor. Jika sudah, data prefill akan masuk di Dapodik 2018.b secara otomatis. Langkah berikutnya yaitu pilih hidangan rapor pada aplikasi dapodik. Setelah itu Anda sanggup melaksanakan pengisian nilai untuk rapor. Untuk melaksanakan input nilai raport, Anda perlu mengisikan tahun fatwa yang akan diisikan nilai. Kemudian pilih kelas atau rombelnya. Untuk mengedit data, Anda sanggup mengklik pilihan tambah, hapus, ubah dan simpan.

3. Untuk memasukan nilai mata pelajaran Anda perlu mengklik tambah kemudian tuliskan mata pelajaran yang akan disimpan di urutan pertama. Misalnya Anda meletakan nilai pendidikan Agama Islam pada urutan pertama, dan untuk urutan selanjutnya sesuaikan dengan urutan mata pelajaran di dalam rapor penerima didik. Setelah itu isikan nilai KKM setiap mata pelajaran, sesudah final klik simpan kemudian close. Setelah itu akan muncul mata pelajaran yang akan diisi nilai pada tabel di sebelah kiri. Setelah proses loading final akan muncul nama guru serta nama mata pelajarannya. Double klik pada nama mata pelajaran, kemudian akan muncul table yang berisi nama-nama penerima didik sekolah Anda.

Setelah itu, klik tombol export dan import yang berada di pojok kanan atas, kemudian klik unduh format excel untuk import. Setelah berhasil didownload, Anda sanggup mulai melaksanakan pengisian nilai raport yang diadaptasi dengan data raport penerima didik. Setelah nilai raport final diinput simpanlah terlebih dahulu, alasannya yaitu nantinya akan dimasukan lagi pada data dapodik. Langkah berikutnya yaitu pada hidangan dapodik klik hidangan import dari excel kemudian pilih data yang sebelumnya telah disave. Anda sanggup menentukan terlebih dahulu data nilai untuk mata pelajaran yang pertama. Kemudian klik open dan import. Jika sudah diimport, akan muncul tampilan hasil penginputan nilai yang telah diolah pada kolom di sebelah kanan.

Untuk melaksanakan input nilai pada mata pelajaran berikutnya lakukan langkah yang sama yaitu klik kembali hidangan import dari excel, dan seterusnya. Setiap langkah untuk pengisian data dan nilai raport penerima didik tentu harus dikerjakan sebaik mungkin. Karena kalau terjadi kesalahan ketika melaksanakan input dan tersimpan, dikhawatirkan data tersebut sulit diubah kembali mengingat pengisian raport dapodik ini dilakukan oleh seluruh forum pendidikan di Indonesia. Untuk itu Anda perlu teliti dan hati-hati ketika sedang melaksanakan input nilai. Perlu diperhatikan pula bahwa jaringan internet juga akan sangat mensugesti kelancaran selama penginputan data di dapodik. Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya banyak sekali kesalahan dan error, Anda perlu menyiapkan semua data yang dibutuhkan serta koneksi jaringan yang stabil. Demikian cara-cara pengisian nilai raport di dapodik untuk jenjang sekolah dasar yang benar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Pengisian Nilai Raport Di Dapodik 2018.B"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png