Cara Pengerjaan Emis Madrasah Untuk Capesun 2017/2018



Sobat , Pendataan Emis Madrasah telah dibuka, meskipun dalam beberapa fiturnya masih belum sempurna. Sedangkan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) juga telah dimulai. Oleh karenanya, Operator Madrasah perlu menyiapkan serta memahami langkah-langkah dalam pendataan Emis khususnya bagi siswa kelas akhir, yakni siswa kelas 6 MI, kelas 9 MTs, dan kelas 12 MA.

Baca Juga:  Kumpulan Buku Guru K13 SMP/MTs Revisi 2017

Sebagaimana informasi-informasi yang beredar, bahwa web Emis belum sepenuhnya siap untuk dikerjakan serta sempitnya waktu pengerjaan guna juga mendaftarkan siswa-siswi kelas selesai sebagai Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN), maka operator madrasah dibutuhkan fokus terlebih dahulu untuk sanggup memvalidasi detail siswa di kelas selesai pada semua jenjang. Hal tersebut bekerjasama dengan registrasi siswa kelas selesai sebagai Calon Peserta UN.


Untuk itu, berikut ialah langkah-langkah yang harus ditempuh operator madrasah dalam pengerjaan Emis Madrasah siswa kelas selesai untuk keperluan CAPESUN Tahun pelajaran 2017/2018 yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

Langkah-langkah Pengerjaan Emis Madrasah Siswa Kelas Akhir Untuk CAPESUN 2017/2018

Untuk sanggup mengerjakan Emis Madrasah khusus siswa kelas selesai untuk Calon Peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018, ikuti langkah-langkah berikut;
  • Login ke akun Emis Madrasah sebagai Operator Lembaga di https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/
  • Setelah berhasil login kemudian buka Menu Kelembagaan >> Sarana Prasarana (isi dan sesuaikan data sarana prasarana dengan kondisi real di madrasah).
 
  • Kemudian Setelah Sarana dan prasarana terisi, selanjutnya pilih Rincian Data Ruang.
 
  • Setelah Rincian data ruang terbuka maka klik tambah ruang untuk menciptakan ruangan kelas isikan sesuai keadaan forum masing-masing.
 
PERHATIAN !! Dalam pengisian detail ruangan biarkan nama rombel terisi apa adanya, alasannya ialah itu ialah arahan sistem

  • Setelah Ruang selesai dibuat/diisi, maka selanjutnya ialah menciptakan rombel pada sajian Kelembagaan >> Siswa

  • Setelah sajian Kelembagaan Siswa terbuka klik Data Rombongan Belajar 
 
  • Kemudian buatlah rombongan mencar ilmu sesuai dengan kelas yang telah di buat sebelumnya 
 
  • Setelah rombongan mencar ilmu telah selesai maka selanjutnya ialah sajian Kesiswaan >> Siswa Aktif. Kemudian muncul daftar siswa maka selanjutnya ialah memasukkan siswa kedalam rombel yang telah kita buat.

Cara Memasukkan Siswa Kedalam Rombel
Untuk sanggup memasukkan siswa kedalam rombel, ikuti langkah-langkah berikut;
  1. Centang siswa yang akan kita masukkan
  2. Setelah kita centang kita tentukan rombel yang akan dituju 
  3. Setelah siswa sudah tercentang dan rombel yang di tuju telah ditentukan klik ubah rombel 
  4. Klik ya untuk menyetujui 
  5. Lakukan hingga semua siswa masuk dalam rombel masing-masing
 
  • Setelah siswa masuk kedalam rombel masing-masing langkah selanjutnya ialah membenahi data siswa yang tidak sesuai klik tombol agresi pada setiap siswa 
 
  • Teliti dan betulkan data induk siswa pada sajian ubah profil siswa (klik tanda pensil warna orange yang berada di tengah)


  • Setelah profil siswa dibenahi maka selanjutnya ialah ke sajian detail siswa dan Updating Kelas Akhir MTs ( Kelas 9), MA ( Kelas 12) yang ada pada Detail Siswanya terutama yang kaitannya dengan Data yang tertulis didalam IJASAHNYA.

Demikiaanlah gosip perihal Langkah Pengerjaan Emis Madrasah Siswa Kelas Akhir Untuk CAPESUN 2017/2018, semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua. Jika ada saran, kritik atau pertanyaaan, silahkan tinggalkan dalam kolom komentar. Madrasah Lebih baik, Lebih baik Madrasah.
Kami_Madrasah

 

0 Response to "Cara Pengerjaan Emis Madrasah Untuk Capesun 2017/2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png