Cara Mendapat Nuptk Gres Secara Online

Cara Mendapatkan NUPTK Baru Secara Online Cara Mendapatkan NUPTK Baru Secara Online

Bagi seseorang yang bekerja di sektor kependidikan, adanya kepemilikan NUPTK merupakan salah satu hal yang sangat penting. NUPTK atau yang panjangnya disebut dengan Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, merupakan suatu nomor sejenis identitas yang umumnya diberikan kepada tenaga bidang kependidikan ibarat guru. bagaimana cara sanggup NUPTK online sebagaimana yang direkomendasikan pihak DIrjen GTK Kemendikbud?

Inilah Cara Dapat NUPTK Online

Cara sanggup NUPTK online bantu-membantu cukup gampang dilakukan. Bahkan, menurut beberapa sumber, langkah-langkah yang harus dilakukan tidaklah serumit dulu. Mengapa? Hal ini sebab adanya santunan teknologi internet yang memungkinkan pengurusan secara online. Untuk lebih jelasnya, Anda sanggup mengikuti panduan berikut ini.

1. Melengkapi syarat-syarat yang diperlukan
Hal pertama yang harus dilakukan apabila ingin mendapat NUPTK yakni melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Cara sanggup NUPTK online yang pertama ini dibagi menjadi dua sesuai dengan status guru yang hendak mengajukan NUPTK. Apabila Anda merupakan tenaga kependidikan yang berstatus sebagai PNS atau CPNS, syarat berkas yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut:
  • Ijazah
  • Ijazah sendiri terdiri atas ijazah sekolah semenjak SD hingga pendidikan terakhir yang ditempuh. Jadi, apabila pendidikan terakhir guru tersebut yakni S1, maka berkas ijazah yang harus dipersiapkan meliputi ijazah SD, SMP, SMA, dan S1.
  • KTP
  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan bukti resmi terkait identitas dan gosip legal atas gosip diri Anda. Karena itu, apabila kebetulan kartu identitas ini hilang atau lainnya sementara Anda hendak mendaftar pengajuan NUPTK, ada baiknya untuk sesegera mungkin mengurusnya di kantor pemerintah terkait.
  • SK Pengangkatan
  • Ketika Anda diangkat sebagai CPNS atau PNS, nantinya akan ada SK Pengangkatan yang dikeluarkan. Surat tersebut yang orisinil dibutuhkan apabila Anda hendak mengajukan NUPTK. Perlu digarisbawahi, SK Pengangkatan yang harus Anda siapkan yakni yang asli.
  • SK Penugasan
  • Selain SK Pengangkatan, ada pula SK Penugasan. SK ini harus Anda siapkan dengan baik apabila hendak mengajukan NUPTK.

Jadi, ada 4 poin utama yang harus dipenuhi ketika Anda yang masih berstatus CPNS maupun telah berstatus PNS hendak mengajukan Nomor Unik Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jika beberapa poin syarat di atas diperuntukkan bagi kalangan berstatus CPNS/PNS, bagaimana dengan mereka para guru yang berstatus non-PNS? Untuk pengaju NUPTK dari kalangan guru non-PNS, ada beberapa syarat yang hampir sama dengan kategori sebelumnya. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi guru non-PNS:
  • Ijazah
  • Seperti syarat di kategori sebelumnya, syarat ijazah yang ada di kategori ini juga meliputi ijazah pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan terakhir yang pernah ditempuh.
  • KTP
  • DI kategori yang kedua ini, pastikan bahwa Anda mempunyai KTP untuk dilampirkan pada dikala pengajuan NUPTK.
  • SK Gubernur/Walikota/Bupati
  • Jika pada kategori yang pertama ada SK pengangkatan dan SK Penugasan, di kategori guru non-PNS harus disertakan SK dari Bupati/walikota/gubernur sebagai ganti SK pengangkatan/SK penugasan.

2. Masuk ke website resmi Verval PTK
Setelah memenuhi panduan langkah yang pertama di atas, selanjutnya Anda sanggup mengikuti cara sanggup NUPTK online di poin kedua ini. Anda sanggup membuka browser atau mesin pencarian dan mengetikkan alamat website resmi Verval PTK pada address bar. Alamat website yang harus Anda ketikkan yakni https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.

3. Memasukkan username serta password
Satu hal yang perlu diingat yakni username serta kata sandi yang Anda gunakan merupakan username serta sandi untuk login dapodik serta sudah dinyatakan terdaftar pada SDM Kemdikbud.

4. Melakukan registrasi sebagai peserta NUPTK gres tahun 2017/2018
Berikutnya, Anda sanggup mulai melaksanakan registrasi dengan terlebih dahulu masuk ke hidangan NUPTK. Kemudian, silakan pilih atau klik di kepingan Calon Penerima NUPTK. Nantinya, layar akan menampilkan gosip nama dari guru yang hendak didaftarkan sebagai salah satu peserta NUPTK di periode yang baru.

5. Upload dokumen atau soft file
Apabila telah melaksanakan klik di kepingan PTK, langkah pada cara sanggup NUPTK online kali ini yakni mengupload dokumen atau soft file yang telah disiapkan.  Pilihan upload biasanya terdapat di kepingan kiri atas. Sebelum mengupload, Anda perlu mengecek terlebih dahulu bagaimana format serta batas ukuran berkas yang ditentukan. Dengan begitu, Anda sanggup menghindari kesalahan salah upload.

Apabila telah selesai, Anda hanya perlu menunggu verifikasi dari kabupaten. Apabila verval kabupaten menawarkan hasil persetujuannya, selamat sebab Anda mempunyai peluang untuk mendapat NUPTK. Jika Anda berhasil mendapat NUPTK, ada banyak manfaat yang nantinya sanggup didapatkan. Misalnya ibarat sanggup ikut serta dalam aktivitas sertifikasi, Uji Kompetensi Guru (UKG), dan sebagainya.

Demikian gosip yang sanggup disampaikan seputar cara sanggup NUPTK online. Pastikan Anda mengikuti setiap langkah di atas dengan seksama semoga peluang mendapat manfaat yang lebih bermacam-macam sebagai tenaga pendidik sanggup diraih. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Mendapat Nuptk Gres Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close