Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik

Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik

Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang update data dari banyak sekali jenjang sekolah sanggup dilakukan dengan sebuah program. Kemdikbud sebagai forum resmi yang bertanggung jawab terhadap pendidikan di Indonesia membentuk sebuah kegiatan yang sanggup mempermudah input data sekolah dari seluruh Indonesia. Program ini diberi nama prefill dapodik. Untuk mendapat kegiatan ini sangat gampang dengan mendownloadnya di website resmi kemdikbud.

Up date data sekolah sekarang lebih gampang dengan adanya prefill dapodik. Program ini sanggup dijalankan secara online maupun offline. Untuk sanggup mengakses kegiatan ini dibutuhkan aba-aba registrasi, username dan juga password. Masing-masing sekolah tentunya sudah mempunyai data ini sehingga pada dikala memasukkan data tidak akan mengalami kesulitan. Selain mudah, kegiatan ini cukup kondusif alasannya yaitu terkoneksi pribadi dengan data base sentra dan hanya sanggup dibuka oleh pihak kemdikbud dan pihak sekolah yang bersangkutan.

Cara Memasukkan Data Prefill ke Komputer

Data dari sekolah dikirim ke database sentra melalui aplikasi prefill dapodik. Sama menyerupai menginstall aplikasi lainnya, Aplikasi ini juga sanggup diunduh dan diinstall dengan mudah. Untuk memasukkan prefill, terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi dapodik terbaru dan menginstallnya di komputer. Setelah aplikasi terinstall barulah Anda sanggup mengisi data sekolah dengan benar. Untuk lebih lengkapnya perhatikan tahapan memasukkan data prefill berikut ini.
  1. Masuk ke server resmi kemdikbud untuk mendownload aplikasi dapodik
  2. Setelah itu unduh data prefill yang sanggup ditemukan pada web kemdikbud
  3. Data prefill yang sudah tamat di download secara otomatis akan tersimpan di komputer
  4. Buka folder C kemudian buat folder gres dengan nama prefill_dapodik
  5. Copy data prefill ke folder prefill_dapodik yang sudah dibentuk tadi
  6. Install aplikasi dapodik yang sudah didownload
  7. Setelah instalasi tamat maka sistem pribadi mengarahkan pada laman registrasi
  8. Isikan aba-aba registrasi, username atau email, dan password dengan benar
  9. Setelah lengkap semua kemudian klik tombol submit
  10. Masuk ke aplikasi dapodik kemudian isikan username, password, dan pilihan tahun ajar
  11. Masukkan data sekolah yang ingin Anda kirim atau backup di server dapodik

Ada dua tahapan dalam melaksanakan pengisian data prefill dapodik yaitu download aplikasi dapodik terbaru dan download data prefil. Sebaiknya unduh aplikasi paling gres alasannya yaitu fitur yang ditawarkan lebih lengkap bila dibandingkan dengan aplikasi versi lama. Jika sudah menginstall aplikasi dapodik versi lama, sanggup update versi terbarunya dengan mengunjungi website resmi kemdikbud.

Aplikasi ini berfungsi sebagai back up data sehingga sekolah sanggup melihat data yang lengkap melalui aplikasi ini. Selain itu jikalau terjadi kerusakan di komputer sekolah, data masih sanggup tersimpan dengan aman. Bagi pemerintah khususnya kementrian pendidikan dan kebudayaan, aplikasi prefill dapodik sangat membantu untuk mengumpulkan data dari semua sekolah yang ada di Indonesia sehingga sanggup diketahui perkembangan dan mutu pendidikan di Indonesia dikala ini.

Pemerintah menganalisa perkembangan pendidikan di Indonesia melalui data yang terkumpul di aplikasi ini sehingga sanggup memperlihatkan solusi yang sesuai dan sempurna sasaran. Pihak sekolah pun dimudahkan dengan aplikasi ini. Pihak sekolah tidak perlu melaporkan data secara manual, proses lebih cepat dan aman.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yang sanggup membantu pihak sekolah jikalau mengalami duduk kasus dalam pengumpulan data. Fitur ini dinamakan dengan Dapodik Helper. Banyak manfaat dari fitur ini salah satunya sebagai back up data dan restore data base. Dengan begitu maka keamanan data akan lebih terjamin dan jikalau terjadi kerusakan pada komputer data tidak akan hilang dan masih sanggup diakses dengan memakai perangkat komputer lainnya.

Jika data tidak sengaja terhapus dari komputer, tidak usah resah alasannya yaitu data sudah tersimpan dengan aman. Jika ingin mendapat data lagi, tinggal buka aplikasi dapodik dan data sanggup didapatkan kembali. Salah satu duduk kasus yang sering dihadapi oleh pengguna Dapodik yaitu lupa password. Dengan adanya fitur ini, password sanggup diperbaharui ataupun dirubah. Fitur ini memberi banyak solusi bagi banyak sekali macam permasalahan yang dihadapi oleh pengguna Dapodik.

Pada banyak sekali kasus, kadang pihak sekolah memerlukan hasil cetak kartu NISN yang dilengkapi dengan barcode. Dengan memakai aplikasi ini maka pihak sekolah sanggup mencetak kartu dengan mudah. Hasil cetak kartu NISN biasa dipakai untuk bukti fisik jikalau sekolah mengikuti suatu kegiatan yang mengharuskan melampirkan bukti fisik tersebut.
Aplikasi prefill dapodik memang sudah terbukti memperlihatkan banyak akomodasi kepada pihak sekolah dan pemerintah dalam hal pendataan dan juga up date data sekolah. Sekolah sanggup lebih ekonomis waktu dan biaya alasannya yaitu data sanggup dimasukkan ke data base sentra dengan memakai aplikasi ini. Untuk memudahkan pemasukan data, sanggup memakai langkah-langkah pengisian data yang sudah disebutkan diatas.

0 Response to "Cara Memasukkan Prefill Ke Aplikasi Dapodik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close