Cara Melihat Progres Pengiriman Dapodik

 Para operator sekolah sanggup mengecek progres pengiriman dapodik secara online ketika ini Cara Melihat Progres Pengiriman Dapodik

Para operator sekolah sanggup mengecek progres pengiriman dapodik secara online ketika ini. Cara pengecekannya pun terbilang mudah. Meskipun gampang terkadang masih ada operator sekolah yang merasa resah bagaimana cara me ngecek apakah sinkronisasi yang mereka lakukan berhasil atau tidak. Sebenarnya pengetahuan perihal dapodik ini sudah harus benar-benar dikuasai oleh para operator sekolah. Mengingat tanggung jawab dan kiprah mereka sangatlah besar. Tugas mengisi dapodik juga menuntut ketelitian dan tanpa ada kesalahan sedikitpun.

Pengisian mengenai dapodiknas sudah semestinya dilakukan secara update dan akurat. Karena data-data ini sangat penting untuk dipakai oleh pemerintah dalam menentukan banyak sekali hal menyerupai beasiswa bagi siswa tidak bisa dan program-program pemerintah lainnya. Selain itu, data ini juga dipakai untuk banyak sekali kepentingan akseptor didik menyerupai untuk persiapan ujian. Melihat pentingnya dapodik ini maka pengisiannya harus dilakukan dengan benar dan tanpa kesalahan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai progres pengiriman dapodik, sebaiknya kita mengetahui apa itu dapodik? Dapodik merupakan sebuah aplikasi yang dibentuk oleh pemerintah untuk kepentingan pendidikan. Dimana aplikasi ini merupakan alat untuk menginput dan mengolah data siswa, data guru, sampai data sekolahan. Dapodik ini memang diciptakan untuk memudahkan operator sekolah untuk mengunggah data ke pusat. Untuk itu dapodik ini harus dijalankan oleh operator sekolah yang paham dengan dunia teknologi komunikasi alasannya memang dalam pelaksanaannya aplikasi selalu berafiliasi dengan komputer dan internet.

Cara Praktis Mengecek Progres Pengiriman Dapodik

Setelah melaksanakan sinkronisasi data secara online maka operator sekolah harus mengecek progres pengiriman dapodik apakah berhasil atau tidak. Pengecekan ini penting untuk dilakukan semoga nantinya tidak terjadi kesalahan. Pengecekan ini bisa dengan gampang dilakukan kalau anda telah mengetahui langkah-langkahnya. Pastinya sebagai operator sekolah anda telah mendapat pembekalan mengenai segala sesuatu yang berafiliasi dengan dapodik. Namun ada kalanya juga anda lupa dan merasa bingung. Untuk Anda yang masih resah mengenai cara pengecekannya, sanggup menyimak panduan di bawah ini.

1. Kunjungi Website Resmi Dapodik
Untuk mengecek apakah sinkronisasi yang telah dilakukan berhasil atau tidak maka anda bisa memulainya dengan mengunjungi website https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Website ini merupakan sentra dapodik untuk sekolah dasar dan sekolah menengah. Di website tersebut anda bisa menemukan bermacam-macam pilihan menu. Anda juga bisa melihat banyak sekali data mengenai pendidikan yang anda di Indonesia. melalui laman tersebut kita juga bisa mendownload aplikasi dapodik.

2. Pilih Progres Data
Dari bermacam-macam pilihan yang ada, untuk melihat progres pengiriman dapodik maka anda harus menentukan hidangan “progres data”. Setelah meng-klik hidangan tersebut maka akan muncul mengenai data sekolah SD sampai Sekolah Menengan Atas dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Pada halaman tersebut kita bisa melihat jumlah sekolah, jumlah yang telah melaksanakan sinkronisasi, sisa yang belum dan lain-lain. Selain 34 provinsi yang ada di Indonesia disitu juga terdapat data mengenai sekolah luar negeri.

3. Pilih Sesuai Provinsi Anda
Setelah menentukan halaman progres data terbuka maka langkah selanjutnya ialah menentukan dan meng-klik nama provinsi sesuai dengan daerah sekolah anda berada. Anda bisa melihat daftar 34 provinsi yang ada di halaman tersebut, kemudian meng-klik yang sesuai dengan daerah sekolah Anda.

4. Pilih Kabupaten atau Kota
Setelah menentukan provinsi, untuk melihat progres pengiriman data anda harus menentukan kabupaten atau kota daerah sekolah tersebut berada. Setelah menentukan provinsi maka akan muncul nama-nama kabupaten atau kota yang berada di provinsi tersebut. Klik nama kabupaten daerah sekolah anda berada.

5. Pilih Kecamatan
Usai menentukan kabupaten/kota, kita diharuskan untuk menentukan kecamatan. Sama menyerupai pada langkah 4 dan 5, anda harus menentukan kecamatan sesuai dengan alamat sekolah Anda.

6. Pilih Sekolah
Pada langkah selanjutnya untuk melihat progres pengiriman dapodik, kita harus menentukan nama sekolah. Tentu saja anda harus menentukan sesuai dengan nama sekolah anda. Disitu Anda sanggup mengecek apakah progres sinkronisasi datanya sukses atau tidak. Jika ternyata tidak maka tentu anda harus melaksanakan sinkronisasi ulang. Untuk melaksanakan sinkronisasi pastikan anda mempunyai saluran internet yang cepat dan stabil tentunya. Koneksi internet yang lambat sanggup mengganggu proses sinkronisasi data bahkan sampai sanggup menimbulkan kegagalan sinkronisasi menjadi gagal.

Itulah tutorial mengenai cara melihat progres pengiriman data dapodiknas. Jika Anda merupakan operator sekolah maka sudah seharusnya Anda mengetahui gosip menyerupai ini. Karena hal ini harus dikuasai oleh operator sekolah di seluruh Indonesia. Jika Anda masih resah dengan tutorial di atas maka sebaiknya Anda mencar ilmu kepada orang yang mahir mengenai dapodik. Ini penting dilakukan semoga anda mendapat gosip secara lebih jelas, rinci dan tepercaya. Dengan begitu, nantinya Anda akan sanggup dengan gampang melaksanakan pengecekan progres pengiriman dapodik.

0 Response to "Cara Melihat Progres Pengiriman Dapodik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png