Cara Melihat Nilai Raport Ukg Anda

 Dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi secara global Cara Melihat Nilai Raport UKG Anda

Dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi secara global, Indonesia juga tidak ingin kalah dengan negara-negara lain. Untuk itu, pemerintah mulai menggencarkan penggunaan teknologi di sendi-sendi kehidupan masyarakat. Salah satu pola yang cukup menarik yakni adanya raport UKG yang sanggup diakses secara daring. Hal ini tentunya menarik perhatian banyak pihak, terutamanya para tenaga pendidik yang bersinggungan eksklusif dengan munculnya istilah ini. Lalu bagaimana raport ini bekerja? Untuk memahaminya, simaklah ulasan ini hingga selesai.

Cara Melihat Raport UKG bagi Tenaga Pendidik Indonesia

Kita tengah membicarakan raport UKG yang gres beberapa tahun ini dirilis oleh Kemdikbud. Perilisan raport ini mempunyai kaitan dekat dengan adanya upaya pengontrolan kepada tenaga pendidik akan penguasaan kurikulum 2013 yang tengah diterapkan oleh pemerintah bagi pendidikan di Indonesia. Beberapa tahun belakangan, Kemdikbud membuat sebuah jadwal yang diberi nama Program Guru Pembelajar. Program ini ditujukan bagi seluruh tenaga pendidik yang gres saja mengikuti pelaksanaan UKG. Program ini pada dasarnya merupakan sebuah jadwal training untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di Indonesia. Terdapat tiga moda pelatihan, yakni moda tatap muka, moda daring, dan moda kombinasi antara tatap muka dan daring.

Pada umumnya, guru-guru pada semua jenjang, baik menengah atau yang dasar, disediakan 10 modul yang diberi isyarat A hingga J. Topik di setiap modul ini berbeda diubahsuaikan dengan status guru, menyerupai pada jenjang apakah mereka berada dan mata pelajaran apakah yang diampunya. Pada intinya, jadwal ini diciptakan sebagai wadah bagi tenaga pendidik untuk menawarkan bahwa mereka yaitu pembelajar yang aktif.

Bagi Anda yang telah mengikuti UKG, hasil dari ujian tersebut telah sanggup dilihat di raport UKG yang ada. Untuk menyidik hasil yang telah Anda lakukan, Anda hanya perlu mempunyai akun di SIM GPO. SIM GPO ini merupakan sebuah akronim dari Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar Online. Situs atau laman ini dimiliki oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Republik Indonesia. Untuk mempunyai sebuah akun di laman ini, Anda hanya perlu mendaftar dengan memakai nomor penerima UKG yang dimiliki ketika mengikuti ujiannya. Lalu, kalau sudah mempunyai akun, bagaimana cara melihat raport Anda? Untuk menjawabnya, simaklah uraian singkat berikut.
  1. Masuk di situs guru pembelajar
  2. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja login memakai akun GPO Anda di situs guru pembelajar. Pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu ya.
  3. Login dengan akun Anda
  4. Anda akan masuk ke laman utama yang meminta Anda untuk mengisi username dan password yang dimiliki. Username ini berupa email yang telah Anda dapatkan kalau sudah mendaftar sebelumnya. Setelah Anda masukkan di kolom yang tersedia, klik login untuk masuk ke raport UKG.
  5. Laman raport Anda
  6. Sesaat sesudah Anda berhasil masuk, raport Anda akan ditampilkan di sana.

Bagaimana? Sudahkan melihat penampakan dari raport UKG Anda? Secara umum, terdapat kafe berwarna di samping 10 modul yang menjadi tolok ukur hasil UKG yang telah Anda lalui. Warna yang diberikan hanyalah dua macam, yakni hitam dan merah. Warna hitam merupakan indikasi kalau Anda dinyatakan lulus sebab berhasil mencapai Kriteria Capaian Minimal (KCM) yang telah ditentukan. Sedangkan warna merah mengindikasikan hal sebaliknya.

Secara lebih lanjut, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan sesudah Anda mengecek raport yang dimiliki, yakni melaksanakan tindakan sesuai dengan peraturan yang ada. Bagi Anda yang mempunyai 8 hingga 10 modul berwarna merah, wajib hukumnya untuk mengikuti moda tatap muka dalam Program Guru Pembelajar. Bagi yang mempunyai warna merah sejumlah 6 hingga 7, moda kombinasi wajib diikuti. Sedangkan bagi yang mendapat 3 hingga 5 modul berwarna merah, Anda harus mengikuti moda daring yang ada. Hal yang berbeda akan didapatkan bagi Anda yang hanya mempunyai 0 hingga 2 warna merah, yakni adanya kesempatan mendapat pengalaman menjadi pelatih nasional. Namun jangan terlalu bahagia bagi yang mempunyai 1 atau 2 warna merah sebab Anda masih harus mengikuti moda daring untuk mencapai KCM.

Sebagai pengingat, training yang akan dijalani diubahsuaikan dengan hasil capaian Anda dalam mengikuti UKG yang diselenggarakan. Apabila Anda masih mempunyai modul berwarna merah yang cukup banyak, jangan berkecil hati dan jadikanlah hal ini menjadi sumber semangat Anda untuk menjadi yang lebih baik lagi. Seperti yang diketahui, adanya Program Guru Pembelajar ini dimaksudkan untuk menilai kinerja guru selama ini. Hal ini juga dijadikan materi penilaian pemerintah akan pemerataan tingkat kompetensi guru di seluruh Indonesia.

Itulah beberapa gosip yang sanggup disampaikan terkait dengan raport UKG yang menjadi topik menarik di kalangan tenaga pendidik di Indonesia. Semua hasil yang masuk dalam jadwal dari pemerintah pada dasarnya merupakan bentuk penilaian bagi tenaga pendidik yang bersangkutan dan bagi pemerintah kita. Karenanya, dukunglah jadwal ini dengan memaksimalkan perjuangan yang dicurahkan.

0 Response to "Cara Melihat Nilai Raport Ukg Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close