Cara Melihat Hasil Ujian Nasional Via Online

Cara Melihat Hasil Ujian Nasional Via Online Cara Melihat Hasil Ujian Nasional Via Online

Ujian Nasional atau UN ketika ini juga telah memakai sistem yang canggih dalam penyelenggaraannya. Hal ini sanggup dilihat dengan adanya internet yang memungkinkan hasil dari UN tersebut sanggup dicek secara online kapanpun dan dimanapun. Lalu, bergotong-royong bagaimana cara melihat hasil ujian nasional tersebut? Sebagai jawabannya untuk Anda, berikut info terkait pertanyaan tersebut.

Inilah Panduan Cara Melihat Hasil Ujian Nasional

Sebelum menyinggung lebih jauh mengenai panduan yang sanggup diikuti dalam mengecek hasil UN, akan lebih baik apabila Anda mendapat sedikit citra mengenai ketentuan-ketentuan dalam UN tersebut. UN yang diberlakukan untuk sekolah-sekolah mulai dari SD hingga Sekolah Menengan Atas umumnya mempunyai ketentuan khusus yang yang diatur oleh Permendikbud. Secara lebih spesifik, ketentuan dalam hasil Ujian Nasional tercantum dalam Pemendikbud nomor 5 tahun 2015 pasal 5.

Dalam peraturan yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di atas, ada hal penting yang harus digarisbawahi. Penetapan satuan kelulusan untuk sekolah-sekolah ibarat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas atau sekolah setingkat lainnya ibarat Mts, SMK, MA, SMTK, dan sebagainya dilakukan oleh satuan pendidikan terkait yang penyelenggaraannya melalui rapat dewan guru.

Selain peraturan di atas, ada pula ketentuan yang harus dipenuhi oleh siswa. Ketentuan tersebut tercantum dalam Permendikbud nomor 5 tahun 2015 pasal 2. Di dalamnya terdapat peraturan mengenai kriteria kelulusan bagi para siswa yang menempuh ujian nasional atau UN. Untuk siswa yang mengikuti UN, mereka sanggup dinyatakan lulus apabila memenuhi kriteria kelulusan. Kriteria tersebut diantaranya yaitu bahwa siswa terkait telah menuntaskan aktivitas pendidikan serta lulus dalam Ujian Sekolah. Selain itu, siswa juga harus mendapat setidaknya nilai B atau Baik untuk nilai perilaku dalam rapornya.

Beberapa tahun sebelumnya, penyelenggaraan UN khususnya dalam hal penyampaian pengumuman sedikit rumit dan merepotkan. Namun, dengan adanya internet, sekarang pihak-pihak terkait sanggup melaksanakan pengecekan dengan gampang dikarenakan telah mendapat proteksi internet untuk mengakses pengumuman hasil UN tersebut. Bagi Anda yang tidak tahu cara melihat hasil ujian nasional yang pengumumannya sanggup dilihat melalui dinas pendidikan langsung, berikut panduan yang sanggup diikuti.

1. Mengunjungi laman hasil UN tersebut diumumkan
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam klarifikasi cara melihat hasil ujian nasional ini ialah mengunjungi atau mengakses website yang mencantumkan pengumuman terkait. Apa alamat website tersebut? Anda sanggup mengetikkan alamat berikut ini pada address kafe mesin pencarian yang digunakan, https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/.

Jika kesulitan menemukan, silakan ketikkan pada mesin pencarian alamat tersebut dan klik pada salah satu hasil yang keluar. Anda nantinya akan diarahkan ke link tersebut.

2. Memilih jenjang UN yang ingin dilihat
Setelah langkah pertama di atas Anda lakukan, pada layar komputer nantinya akan muncul halaman yang menampilkan info untuk melaksanakan pengecekan hasil ujian nasional. Selain UN, pada halaman tersebut ada pula pilihan untuk mengecek Indeks Integritas Ujian Nasional sekolah tertentu atau yang singkatnya disebut dengan IIUN. Apabila halaman utama tersebut telah berhasil Anda buka, selanjutnya silakan pilih jenjang yang ingin dicek hasil UN-nya. Misalnya, kalau Anda ingin mengecek hasil UN SMP, cara melihat hasil ujian nasional Sekolah Menengah Pertama tersebut haruslah dilakukan dengan menentukan jenjang SMP. Selain memasukkan pilihan jenjang, Anda juga perlu memasukkan keterangan lainnya ibarat jenis sekolah, kabupaten atau kota, asal provinsi, serta hal-hal terkait lainnya ibarat NBSP.

3. Mengecek dalam pengumuman PDF yang disediakan
Selanjutnya, Anda sanggup mengunduh file pengumuman yang berformat PDF di halaman terkait. Setelah file tersebut terunduh, Anda sanggup mengeceknya. Apabila masih juga kesulitan, Anda sanggup memakai pencarian dan memasukkan NPSN alias Nomor Pokok Sekolah Nasional serta isyarat sekolah. Dengan cara ini, hasil pencarian akan lebih gampang didapatkan.

Meskipun cara melihat hasil ujian nasional ibarat yang disampaikan di atas cukup gampang untuk dilakukan, nyatanya masih ada beberapa kalangan yang gagal atau tidak berhasil mendapat info yang dicari. Padahal mereka telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan klarifikasi di atas. Jika demikian, satu-satunya cara yang sanggup dilakukan ialah bersabar. Kesulitan saluran portal yang mempunyai traffic tinggi biasanya sanggup disebabkan oleh banyaknya orang yang mengakses situs tersebut. Karena itu, ibarat halnya rebutan sesuatu dengan banyak orang, ada yang berhasil mendapat apa yang diinginkan dan ada pula yang harus kecewa lantaran belum sanggup mendapat apa yang diperebutkan.

Jadi, sanggup disimpulkan bahwa bergotong-royong sekarang ada cara yang gampang dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil ujian nasional dari siswa-siswa yang mengikuti UN tersebut. Hanya saja, hambatan yang sering dihadapi untuk mendapat saluran ialah tinggi atau banyaknya para pengakses situs tersebut sehingga beberapa kalangan seringkali gagal mengakses situs atau laman kemendikbud tersebut. Bagaimana pandangan Anda mengenai cara melihat hasil ujian nasional via online ibarat yang disampaikan di atas?

0 Response to "Cara Melihat Hasil Ujian Nasional Via Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png