Cara Login Situs Gpo Dan Fitur Yang Disediakan

Cara Login Situs GPO dan Fitur yang Disediakan Cara Login Situs GPO dan Fitur yang Disediakan

Program Guru Pembelajar Online atau yang dikenal dengan GPO merupakan salah satu layanan pembelajaran untuk GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) di wilayah Indonesia. Meskipun kegiatan ini sempat terhenti alasannya yakni kurangnya sosialisasi, namun Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) Dirjen GTK memastikan kegiatan serta layanan ini berlanjut. Hal ini dibuktikan dengan munculnya surat edaran nomor 07545/B/PR/2017 pada tanggal 6 Maret 2017 lalu. Dengan adanya kegiatan Guru Pembelajar Online, maka banyak manfaat yang didapatkan oleh para pengajar. Namun satu hal yang masih belum dipahami oleh guru, yakni bagaimana cara untuk log in ke situs GPO? Berikut ulasannya.

Langkah Log In Situs GPO

Sebelum mengulas perihal cara log in ke situs Guru Pembelajar Online, guru harus mengetahui manfaat yang ditawarkan dari kegiatan ini. Pertama, guru mendapatkan data valid terkait sistem pendidikan dan pengajaran di sekolahnya. Sistem yang terdapat di situs GPO yakni sistem terupdate. Tak hanya itu, guru juga sanggup melihat modul apa saja yang harus diterapkan dalam kegiatan berguru mengajar.

Kedua, situs Guru Pembelajar Online menyediakan riwayat training guru. Data yang disajikan pada situs ini yakni data yang telah direkam oleh dinas terkait mengenai riwayat training yang pernah diikuti oleh guru. Ketiga, guru juga sanggup melihat evaluasi Uji Kompetensi Dasar yang didasarkan pada KK (Kelompok Kompetensi). Apabila status menawarkan warna merah, maka berarti guru belum memenuhi standar persyaratan. Sebaliknya guru memenuhi syarat jikalau warna yang muncul yakni hitam. Keempat, terdapat akomodasi yang sanggup dilihat dan diunduh dari Dirjen GTK. Data inilah yang terkadang sulit didapatkan. Dengan demikian, maka guru sanggup lebih menguasai perihal kegiatan berguru mengajar di kelas.

Setelah mengetahui perihal laba dari situs GPO, maka sekarang saatnya mengetahui perihal cara masuk ke situs tersebut. Sebenarnya untuk log in ke situs Guru Pembelajar Online terbilang sangat mudah. Daripada penasaran, ikuti langkah berikut.

1. Pergi Ke Situs Guru Pembelajar Online
Langkah pertama tentu saja pergi ke situs Guru Pembelajar Online, yakni gurupembelajar(dot)id

2. Isi Username dan Password
Untuk pengguna gres Guru Pembelajar Online, username dan password sanggup diperoleh dari Ketua Gugus. Data tersebut biasanya berbentuk print out pada kertas yang di dalamnya terdapat nama-nama guru serta data untuk log in. Bagi Ketua Gugus yang belum mendapatkan data tersebut, silahkan menghubungi Dinas Pendidikan setempat biar segera dibuatkan modul serta username dan password untuk Guru Pembelajar Online. Setelah itu, klik tombol log in.

3. Fitur Layanan Guru Pembelajar Online
Saat berhasil log in GPO, maka akan muncul sajian utama yang berisi berupa Beranda, Anggota Komunitasku, Profilku, dan Riwayat Pelatihanku. Pada menu-menu tersebutlah guru sanggup melihat semua data yang terekam oleh Dinas Pendidikan mengenai profil sampai riwayat kepelatihan.

Menu Profilku dipakai untuk melihat data dari guru. Selain itu, guru juga sanggup mengubah username dan password pada sajian tersebut. Hal ini alasannya yakni biasanya username dan password default dari Dinas Pendidikan tidak gampang untuk dihafalkan. Oleh alasannya yakni itu, ubah data tersebut biar proses log in menjadi mudah.

Menu Anggota Komunitasku merupakan daftar nama dari komunitas kelompok kerja di mana guru mengajar. Sedangkan sajian Riwayat Pelatihanku berisi perihal hasil evaluasi dari training yang pernah diikuti oleh guru. Penilaian tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan.

4. Log Out
Setelah menjelajahi data di aplikasi GPO, sekarang saatnya log out. Untuk log out, silahkan klik nama Anda yang ada pada bab kiri atas aplikasi. Di situ akan muncul data berupa Gugus serta instansi di mana Anda mengajar serta goresan pena log out. Silahkan klik log out untuk keluar dari aplikasi.

Itulah beberapa langkah untuk log in dan melihat data pada layanan Guru Pembelajar Online. Sebagai informasi, ketika ini aplikasi Guru Pembelajar Online sudah sanggup diinstal pada smartphone berbasis android untuk memudahkan pengajar dalam melihat data KBM. Adapun aplikasi android Guru Pembelajar Online sanggup diunduh pada situs resmi GPO.

0 Response to "Cara Login Situs Gpo Dan Fitur Yang Disediakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png