Cara Log In Dan Mengisi Data Aplikasi Sispena Ban Sm Dan Bap

Cara Log In dan Mengisi Data Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP Cara Log In dan Mengisi Data Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP

Sispena merupakan sebuah aplikasi legalisasi sekolah melalui website. Aplikasi ini merupakan produk dari BANSM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah) untuk memudahkan proses legalisasi setiap sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Sebagai sistem berbasis website, pengguna sanggup log in ke aplikasi sispena ban sm dan bap di mana saja asalkan terdapat koneksi internet stabil. Selain sanggup dijalankan di PC/komputer dan laptop, pengguna juga sanggup log in melalui smartphone. Lantas bagaimana cara masuk ke aplikasi Sispena BANSM? Berikut ulasannya.

Langkah Log In Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk log in ke aplikasi sispena ban sm dan bap ialah sebagai berikut:

1. Masuk ke Situs Sispena
Langkah pertama ialah masuk ke website resmi Sispena. Pada langkah ini, sebaiknya dilakukan dengan PC atau komputer. Mengapa? Karena banyak data yang harus dimasukkan sehingga akan kurang efektif apabila log in memakai smartphone. Namun apabila semua data sudah lengkap, maka Anda boleh memakai smartphone hanya sekedar untuk mengecek data.

2. Registrasi Sekolah
Pada halaman log in aplikasi sispena ban sm dan bap, akan muncul tampilan username dan password. Saat pertama kali log in, maka username serta password memakai data standar berupa NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Nantinya password sanggup diubah sehabis berhasil log in. Untuk kolom ‘Pengguna’, pilihlah ‘Sekolah’. Selanjutnya akan muncul kolom verifikasi yang harus diisi. Setelah selesai, maka klik tombol ‘Masuk’.

3. Isi Identitas Sekolah
Saat pertama kali masuk ke website Sispena, maka akan secara otomatis muncul form wacana identitas sekolah. Isilah form tersebut dengan data sekolah yang valid sampai selesai. Sebagai informasi, gunakan email khusus atau email sekolahan sebagai email recovery apabila nantinya data tak sanggup dibuka atau lupa password.

4. Beranda Sispena
Setelah semua identitas sekolah terisi, maka masuklah pada beranda aplikasi sispena ban sm dan bap. Di sana akan muncul gosip mengenai sasaran legalisasi di tahun berjalan. Namun apabila belum ada data yang muncul, maka berarti sekolah belum menjadi sasaran mapping terkait akreditasi. Pihak yang akan melaksanakan mapping legalisasi ialah BAP (Badan Akreditasi Provinsi).

Bagi sekolah yang masih belum menjadi sasaran legalisasi BAP, tak perlu khawatir sebab ada langkah lain yang sanggup ditempuh. Cobalah instrumen gres legalisasi dengan memakai fitur ‘Simulasi Sispena’ yang terdapat pada pecahan kiri website.

5. Melengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah
Langkah terakhir biar sekolah menjadi sasaran mapping BAP ialah memakai fitur ‘Simulasi Sispena’. Pada fitur ini, terdapat beberapa tabel yang harus dilengkapi dengan data lengkap dan valid dari sekolah. Setidaknya ada 6 hidangan yang harus diisi, di antaranya ialah sebagai berikut:
  • Pernyataan Kepsek
  • Data yang dibutuhkan pada hidangan ini ialah surat pernyataan resmi dari Kepala Sekolah. Namun apabila sekolah masih belum mempunyai surat pernyataan tersebut, silahkan unduh file pada website aplikasi sispena ban sm dan bap. Isilah dan kemudian unggah.
  • Prasyarat Akreditasi
  • Pada pecahan ini, terdapat enam kolom untuk upload dokumen berformat .doc atau .pdf. Adapun dokumen yang perlu diupload ialah SOP (Surat Ijin Operasional), Data PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Daftar Siswa di Setiap Kelas, PPK (Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum), Data Lengkap Sarana dan Prasarana Sekolah, dan Daftar Lulusan dalam 1 Tahun Terakhir. Adapun ukuran maksimal dokumen yang diunggah ialah 1 MB. Untuk memudahkan pihak sekolah, website Sispena juga menyediakan pola file dari data-data di atas yang sanggup diunduh.
  • Foto Sekolah
  • Selanjutnya unggahlah foto sekolah dengan format JPG. Ada beberapa foto yang dibutuhkan menyerupai foto sarana dan prasarana, plang sekolah, acara sekolah, dan foto pendukung lain.
  • Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
  • Ini ialah pecahan terpenting dari aplikasi sispena ban sm dan bap yang harus benar-benar diperhatikan. Untuk mengisi EDS, ada cara atau petunjuk yang perlu dilakukan biar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian data. Semua petunjuk sanggup dilihat di website Sispena.
  • Kartu Kendali
  • Langkah terakhir ialah sekolah harus melaksanakan input kartu kendali. Sebagai informasi, sekali kartu ini diunggah ke website Sispena, maka tak akan sanggup diubah. Untuk itu, perhatikan baik-baik apakah Kartu Kendali sesuai dengan apa yang diharapkan untuk legalisasi BAP.
Demikian langkah untuk log in dan menginput data di aplikasi sispena ban sm dan bap. Apabila masih kesulitan, Anda sanggup bertanya pribadi ke admin website atau sekolah lain yang telah mengisi semua form dengan benar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Log In Dan Mengisi Data Aplikasi Sispena Ban Sm Dan Bap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png