Cara Gampang Menciptakan Email Di Pnsmail

 semua pegawai negeri sipil wajib memakai alamat email yang resmi untuk segala bentuk  Cara Praktis Membuat Email di PNSmail

Pertanggal 01 Januari 2014 semua pegawai negeri sipil wajib memakai alamat email yang resmi untuk segala bentuk acara kedinasan. Domain yang dipakai yaitu @pnsmail.go.id. Adanya peraturan ini untuk memudahkan komunikasi antar sesama pegawai dan juga untuk menjaga kerahasiaan kiprah kedinasan masing-masing instansi. Namun, faktanya tidak semua pegawai negeri sipil memakai email resmi untuk berkomunikasi, terutama beberapa pegawai yang ditugaskan di luar negeri.

Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, jenis email yang dikhususkan untuk pegawai negeri sipil ini juga dapat mempermudah kiprah kedinasan. Dengan memakai email ini maka daftar pegawai akan tercatat dengan mudah. Selain itu juga mempermudah PNS untuk membedakan antara email untuk kiprah kedinasan dan email untuk urusan pribadi.

Cara Membuat Email Khusus untuk PNS

Jika sudah pernah menciptakan email di beberapa domain gratis pastinya tidak akan mengalami kesulitan dikala menciptakan email di PNSmail. Email ini hanya dikhususkan untuk pegawai negeri sipil saja, jadi masyarakat umum tidak dapat menciptakan email ini. Hal ini alasannya yaitu dikala registrasi harus memasukkan NIP yang hanya dimiliki oleh pegawai negeri sipil saja. Adapun langkah mendaftar email khusus untuk pegawai negeri sipil adalah:

1. Masuk ke laman resmi layanan PNSmail
Pendaftaran dapat dilakukan melalui pc, laptop, ataupun handphone. Saat memasuki laman resmi, carilah sajian “Daftar Sekarang” kemudian klik sajian tersebut. Secara otomatis akan diarahkan pada laman registrasi yang berisi form registrasi yang harus diisi dengan lengkap dan valid.

2. Isi semua data pada kolom registrasi dengan lengkap dan valid
Semua data yang dimasukkan harus valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya. Karena jikalau data berbeda maka registrasi akan ditolak. Beberapa data yang harus diisikan mencakup nama lengkap, username, password, NIP, email, nomer telepon, instansi asal, alamat instansi, pertanyaan pengingat, jawaban, dan arahan pengaman.

3. Jika data sudah lengkap, kemudian klik Daftar
Periksa ulang data yang diisikan, apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah yakin kemudian klik “Daftar” dan tunggu pengaktifan akun dari admin PNSmail.go.id. Proses cepat dan syarat yang tidak rumit sangat membantu PNS yang ingin menciptakan email khusus pengawai negeri sipil ini.

Setiap PNS sekarang diwajibkan melek teknologi. Hal ini semoga sistem kerja dapat berjalan lebih cepat. Selain itu PNS juga dapat memanfaatkan akomodasi internet yang ada di instansi pemerintahan. Penggunaan email ini tentunya sangat penting mengingat komunikasi juga diharapkan untuk mempermudah proses kerja. Untuk mengirim berkas jauh lebih gampang dengan memakai email dibanding mengirimnya secara eksklusif yang akan membutuhkan banyak waktu.

Jika setiap PNS mempunyai email, maka kerja tim akan jauh lebih mudah. Meskipun dikala ini komunikasi dapat dilakukan dengan banyak sekali cara, tetap saja keamanannya tidak dapat terjamin. Karena itulah pada tahun 2013 dikeluarkan surat edaran nomor 06 Tahun 2013 yang menyatakan setiap PNS wajib memakai email resmi untuk segala macam acara kedinasan. Hal ini semoga data dari sentra terjamin keamanannya sehingga kerahasiaan instansi tetap terjaga.

Meskipun hanya berupa domain gratis, namun faktanya PNSmail mempunyai banyak fitur yang canggih yang dapat mendukung kinerja PNS di segala bidang. Layanan email ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB. Cukup besar untuk menyimpan banyak file yang berkaitan dengan kiprah kedinasan. Pastinya akan banyak file yang dapat disimpan dan terjamin keamanannya.

Salah satu hambatan komunikasi memakai server internet yaitu serangan virus dan spam yang dapat merusak sistem kerja email. Jika ini terjadi akan ada banyak kemungkinan, salah satunya akun tidak dapat dibuka sehingga secara otomatis data yang ada di email juga hilang. Namun dengan memakai email khusus PNS ini, hal itu tidak akan terjadi. Karena email khusus PNS sudah terlindungi dari serangan virus, malware, dan spam sehingga data dapat tersimpan dengan aman.

Email khusus pegawai negeri sipil ini selain dapat diakses melalui pc dan laptop juga dapat diakses melalu handphone. Sama menyerupai domain email lainnya, cara pengoperasian email ini melalui handphone pun cukup mudah. Bagi PNS yang mempunyai mobilitas cukup tinggi pastinya sangat terbantu dengan email ini alasannya yaitu masih dapat mengontrol pekerjaan meskipun berada di luar. Jenis handphone dikala ini yang sangat canggih dan memakai teknologi terbaru sangat cocok untuk menunjang kerja kedinasan PNS.

Banyak cara dilakukan pemerintah untuk menunjang kerja pegawai negeri sipil salah satunya dengan menciptakan layanan email khusus PNS yaitu PNSmail. Cara menciptakan email di layanan ini sangat gampang dan cepat sama menyerupai menciptakan email di layanan email lainnya. Hanya saja untuk dapat menciptakan email khusus PNS dibutuhkan data mengenai NIP dan nama instansi pemerintahan kawasan bekerja. Jika data ini tidak sesuai maka registrasi email dinyatakan gagal.

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Email Di Pnsmail"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close