Cara Cek Nilai Ut Non Pendas

 Banyak dari mahasiswa ut yang mengalami kesulitan untuk melihat nilai ut non pendas Cara Cek Nilai UT Non Pendas

Banyak dari mahasiswa ut yang mengalami kesulitan untuk melihat nilai ut non pendas. Karena memang semua pengecekan nilai dilakukan secara online. Sehingga siswa yang kurang paham internet menjadi sering kebingungan.

Universitas Terbuka atau biasa disebut UT merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia. UT merupakan universitas yang berbeda dari perguruan tinggi lainnya. UT mengusung konsep mencar ilmu yang unik, dimana universitas ini memakai sistem pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari sistem pembelajaran ini sendiri ialah biar pendidikan tinggi bisa menjangkau sampai ke pelosok Indonesia. ut mempunyai 3 kegiatan mencar ilmu yaitu, pendas (pendidikan dasar), non pendas, dan magister.

Panduan Melihat Nilai Non Pendas Langkah Demi Langkah

Untuk melihat nilai ini sebetulnya sangat mudah. Tapi jikalau tidak terbiasa memang akan menjadi sulit. Walaupun sebetulnya pihak universitas terbuka telah menyediakan panduannya di laman resminya. Untuk Anda yang masih galau cara melihat nilai ut non pendas, berikut tutorialnya.

1. Terhubung Ke Internet
Untuk melihat nilainya pastikan bahwa anda mempunyai koneksi internet. Pastikan juga koneksi internet anda cepat dan stabil. Karena konek internet yang tidak stabil sanggup mengakibatkan kegagalan dalam melihat nilai. Jaringan internet yang lambat akan menimbulkan laman menjadi sulit terbuka, terutama pada kepingan untuk mengisi captcha.

2. Buka Laman Resmi ut
Langkah kedua yang harus anda lakukan ialah membuka website resmi universitas terbuka yaitu www.ut.ac.id. Setelah terbuka, disana anda akan diberi pilihan sebagai pengunjung umum atau sebagai mahasiswa. Pilih mahasiswa biar nantinya lebih mudah.

3. Pilih Informasi Akademik
Setelah menentukan masuk sebagai mahasiswa maka Anda akan disuguhi laman UT khusus bagi mahasiswa. Di kepingan atas, Anda sanggup melihat goresan pena “informasi akademik” arahkan kursor pada goresan pena tersebut (tidak perlu di klik, hanya arahkan saja). Setelah kursor di arahkan kesana maka akan muncul menu-menu baru, pilih sajian “nilai mata kuliah”.

4. Pilih Program Diploma dan Sarjana
Setelah Anda menentukan “nilai mata kuliah” maka akan muncul halaman gres yang berisi 3 pilihan, yaitu Program PGSD dan PGPAUD, Program Diploma dan Sarjana, dan Program Magister. Karena Anda akan melihat nilai ut non pendas maka klik pada kegiatan Diploma dan Sarjana.

5. Periksa Status Mahasiswa
Setelah menentukan kegiatan Diploma dan Sarjana maka Anda akan dibawa ke sebuah laman gres yaitu https://sia.ut.ac.id/. Disana terdapat banyak sekali pilihan sajian ibarat Register akun, aktivasi akun, aktivasi akun mahasiswa, daftar nilai ujian, dan cetak KTPU. Untuk mengecek nilai maka Anda bisa meng-klik “daftar nilai ujian”. Namun, ada perbedaan cara untuk melihat nilai bagi mahasiswa gres dan mahasiswa lama. Untuk itu sebaiknya anda harus benar-benar membaca panduan yang disediakan di sana biar tidak bingung. Secara umum melihat nilai sanggup dilakukan dengan cara menentukan sajian “daftar nilai ujian”.

6. Masukan NIM dan Tanggal Lahir
Langkah ke enam untuk melihat nilai ut non pendas ialah dengan memasukan NIM dan tanggal lahir. Setelah melewati langkah ke lima maka anda akan terbuka halaman baru. Pada halaman ini anda diminta untuk memasukan NIM dan tanggal lahir. Masukan NIM dan tanggal lahir pada kolom yang telah disediakan. Pastikan bahwa NIM dan tanggal lahir yang anda masukan benar. Jangan lupa juga untuk mengisi captcha yang disediakan di bawah kolom NIM dan tanggal lahir. Setelah semuanya terisi dengan benar segera klik “cari”.

7. Lihat Nilai Anda
Setelah meng-klik cari maka otomatis nilai ut non pendas anda akan keluar. Anda bisa melihat nilai lengkap anda disana ataupun bisa juga mencetaknya.

8. Solusi Nilai Tidak Keluar
Terkadang tidak semua nilai keluar, beberapa mahasiswa kadang nilainya tidak keluar dan tidak ada saat dicek secara online. Jika ini terjadi bagaimana mengatasinya? Pertama anda perlu mengetahui apa penyebab nilai anda tidak keluar. Nilai yang tidak keluar biasanya disebabkan lantaran memang nilai belum diunggah ke situs online oleh pihak ut. Sebaiknya cek nilai 7-8 ahad sesudah ujian berlangsung. Kedua, nilai juga bisa tidak keluar lantaran adanya duduk kasus manajemen ibarat berkas registrasi yang tidak lengkap. Untuk mencari tahu mengenai hal ini anda sanggup menghubungi pengurus pokjar, jikalau memang anda tergabung bersama pokjar di bersahabat anda. Jika tidak maka pribadi saja tiba ke UPBJJ terdekat untuk menyelesaikannya.

Itulah pembahasan mengenai cara melihat nilai ut non pendas. Cukup gampang untuk dilakukan bukan? Anda hanya perlu sebuah laptop atau komputer serta koneksi internet. Untuk pengecekan supaya lebih gampang sebaiknya anda pribadi mengunjungi laman https//:sia.ut.ac.id dari komputer ataupun ponsel anda. Jika masih mengalami kesulitan untuk melihat nilai anda bisa meminta santunan sobat yang sudah bisa melakukannya.

0 Response to "Cara Cek Nilai Ut Non Pendas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close