Cara Back-Up Emis Di Aplikasi Dekstop Emis Tahun 2017





Assalamu'alaikum..

Sobat Operator Madrasah, eksklusif saja pembahasan wacana bagaimana cara Backup Emis dengan Aplikasi Dekstop Emis. sebenarnya, Back-up Emis ini, berdasarkan saya, gampang-gampang sulit. simpel jikalau kita dalam melaksanakan backup emis ini menggunakan spesifikasi komputer yang sesuai, dan akan jadi sulit jikalau spesifikasi komputer yang kita pakai tidak sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan untuk melaksanakan back-up. Nah, apa saja bahu-membahu yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan back-up emis tersebut, biar proses back-up berjalan lancar jaya...hehe...

Dalam Artikel kali ini, saya membagi proses back-up menjadi 2 tahap; (1) tahap Persiapan dan (2) tahap pelaksanaan back-up.

Tahap Persiapan

Pastikan spesifikasi Komputer/Laptop yang dipakai untuk back-up sesuai dengan yang dibutuhkan.adapun spesifikasi yang support untuk back-upaplikasi dekstop emis yakni sebagai berikut:
  • Sistem Operasi (OS) berupa Windows XP, Windows 7, atau Windows 8 (32 bit / 64 bit).
  • NET FrameWork 3.5 (minimum).
  • Microsoft Office 2007 (untuk windows 32 bit).
  • Microsoft Office 2010 (untuk windows 64 bit). Pengguna windows 64 bit sanggup juga menggunakan Microsoft Office 2007 dengan menginstal "Ms. Access Driver 2010 for Windows 64 bit" terlebih dahulu. 
  • Atur Regional Setting menjadi format English (United States)
Catatan: Harus sesuai antara 'bit' dan Sistem Operasi (OS) dengan versi Office. Contohnya, jikalau menggunakan OS Windows 32 bit, maka versi Office-nya pun harus Microsoft Office 2007 yang 32 bit.
Nah,Jika syarat-syarat diatas sudah terpenuhi, maka anda telah siap melanjutkan ke tahap kedua, yaitu proses Back-up. Jika belum, yaa tentu saja harus disiapkan terlebih dahulu.

Proses Back-up Emis

Langkah 1

Buka Aplikasi Dekstop Emis, caranya klik 2x pada aplikasi exe yang berada pada folder Aplikasi Dekstop.Lihat gambar di bawah ini:


Setelah anda klik 2x,maka akan muncul form ibarat gambar berikut:


 Setelah terbuka,isikan usernama (NSM Lembaga) dan Password.

Langkah 2

Isikan secara manual mulai dari Profil Lembaga > Sarpras > Rekap PTK (sesuai dengan yang ada di Excel Emis) > Rekap Siswa > Kegiatan Belajar > dan Keuangan. Jangan lupa Klik "Simpan".
Catatan: dalam mengisi form mulai dari Profil Lembaga s/d Keuangan harus sesuai dengan data pada Excel Emis. alasannya pada proses Back-up nanti aplikasi akan melaksanakan macth data antara data yang telah anda isi secara manual dengan data pada excel, jikalau tidak sesuai tentu saja proses back-up tidak sanggup dilakukan.

Langkah 3

Jika langkah 2 sudah dilakukan,maka kita tinggal mengimpor excel ke aplikasi dekstop Emis. cara mengimpor excel emis lihat gambar dibawah ini:
Klik tanda panah untuk mencari dan menentukan file excel yang akan di impor > kemudian tekan "Proses" (dan biarkan proses validasi data berjalan) > Klik tombol "berhasil Validasi" dan "gagal Validasi" untuk mengecek apakah ada data yang masih gagal untuk divalidasi atau tidak, jikalau ada maka harus diperbaiki dulu "Pada Form Excelnya" kemudian ulangi langkah ke-3 ini.

Proses Impor form excel "detail PTK" ini juga berlaku untuk "detail Siswa" dan "Detail Lulusan".

Langkah 4

Jika proses impor telah simpulan (pastikan tidak ada data yang gagal di validasi) , maka sanggup berlanjut ke tahap selanjutnya,yakni tahap Proses Back-up.

Untuk melaksanakan back-up data, klik tombol "back-up" ibarat pada tanda panah berikut:


Lalu Klik "Back-up" disebelah kiri bawah layar.

maka proses back-up akan berjalan, namun jikalau back-up gagal dijalankan dengan adanya notifikasi bahwa terdapat data yang tidak match antara data pada excel dengan data yang telah di masukkan secara manual, maka perlu diperbaiki dahulu, yakni dengan mencocokkan data yang tidak match (diblok warna merah).seperti gambar berikut:


Jika telah cocok, maka proses back-up akan berjalan dan hasil back-up akan secara otomatis tersimpan pada folder "back-up", ibarat gambar berikut:


Demikian artikel wacana Cara Back-up Emis di Aplikasi Dekstop Emis Tahun 2017, Semoga bermanfaat untuk madrasah yang lebih baik.



Baca Juga:
  1. Acuan Struktur Kurikulum di Simpatika Tahun 2017 
  2. Petunjuk Teknis Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2017

0 Response to "Cara Back-Up Emis Di Aplikasi Dekstop Emis Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[CloseKlik 2X]==
 photo lineviral_1.png