Biaya Naik Haji 2018 Dan Warta Terbarunya

 Indonesia yaitu negara yang mempunyai penduduk dengan lebih banyak didominasi muslim terbesar di dunia Biaya Naik Haji 2018 dan Info Terbarunya

Indonesia yaitu negara yang mempunyai penduduk dengan lebih banyak didominasi muslim terbesar di dunia. Tak heran jikalau Indonesia sering dijadikan kiblat untuk urusan fashion hijab beberapa tahun terakhir ini. Namun di sini tidak akan membahas perihal fashion hijab tetapi membahas perihal rukun Islam yang ke lima yaitu haji. Ibadah haji wajib dijalankan oleh semua umat muslim dengan catatan bagi yang mampu. Mampu di sini bukan hanya problem materi saja tetapi juga ketetapan hati. Informasi biaya naik haji 2018 pun sudah mulai berseliweran di mana-mana, kemudian apakah ada perbedaannya dengan tahun 2017?

Estimasi Biaya Naik Haji 2018

Biaya untuk naik haji itu memang tidak sedikit. Hal ini disebabkan lantaran jamaah harus menanggung semua kemudahan mulai dari penginapan di tanah suci, catering dan tiket pesawat serta hal lainnya. Namun biaya naik haji itu juga ditetapkan oleh pemerintah, biasanya oleh kementrian agama yang telah bekerja sama dengan pemerintah Saudi Arabia. Pembatasan kuota jamaah pun juga telah diberlakukan lantaran yang mengunjungi tanah suci bukan hanya dari Indonesia saja tetapi umat muslim seluruh dunia. Membahas perihal ongkos naik haji memang menarik. Di tahun 2017, pemerintah telah memutuskan biaya haji sebesar Rp 34 juta. Namun, untuk biaya naik haji 2018 pemerintah belum mengeluarkan pengumuman resminya.

Jika ada pemberitaan perihal biaya naik haji 2018 itu yaitu promosi dari travel agen. Banyak travel haji dan umrah yang mengatakan harga terjangkau dan ada juga harga VIP. Namun Anda jangan eksklusif tergiur untuk mengambil proposal haji umroh dengan paket harga terjangkau. Bisa jadi Anda nantinya tertipu dan tidak jadi diberangkatkan ke tanah suci. Seperti kasus  baru-baru ini yang menimpa salah satu travel agency kenamaan. Uang jamaah raib entah kemana dan puluhan ribu jamaah gagal berangkat ke tanah suci. Mereka bisa terjerumus ke dalamnya lantaran tergiur dengan harga paket murah. Untuk lebih amannya, pilih travel agency yang telah bekerja sama dengan pemerintah semoga terhindarkan dari penipuan.

Banyak yang mengeluhkan jikalau ikut travel agency yang resmi dari pemerintah, jadwal keberangkatannya tidak terang dan harus menunggu terlalu lama. Ya, jikalau Anda mendaftar haji regular tanpa ONH plus, waktu tunggu Anda bisa hingga 10 hingga 15 tahun. Tentu ini merupakan waktu yang sangat usang dan Anda pun tidak akan tahu apa yang akan terjadi di tahun depan, apakah kesehatan menurun dan hal lainnya. Oleh lantaran itu, banyak travel agency yang mengatakan biaya naik haji 2018 plus, daftar kini dan bisa eksklusif berangkat, tak perlu menunggu lama. Namun untuk biaya haji dengan ONH plus harganya pun sangat mahal, jauh lebih mahal dibandingkan dari pemerintah yakni sekitar 34 juta.

Menggunakan ONH plus, estimasi ongkos haji 2018 dipatok harga $13.750. Biaya tersebut yang ditawarkan oleh salah satu travel agency khusus haji dan umroh plus. Untuk ONH tahun 2018, pemerintah belum mengeluarkan pengumuman resminya terkait kuota pemberangkatan dan besaran biayanya. Namun bisa diprediksi jikalau ONH tahun 2018 hampir sama dengan 2017. Penambahan kuota haji untuk Indonesia juga sudah dilakukan mengingat kunjungan Raja Salman beberapa waktu lalu. Salah satu agenda kunjungan ke Indonesia yaitu membahas perihal kuota haji.

Karena lebih banyak didominasi penduduk Indonesia itu beragama Islam, maka tak heran jikalau banyak jamaah yang harus menunggu lama. Pemerintah Saudi Arabia juga sudah memutuskan kuota per tahun berapa jamaah Indonesia yang bisa naik haji. Pada ketika isu terkini haji tiba, Saudi Arabia memang sangat padat dan lantaran itulah kuota jamaah menjadi dibatasi. Tidak semua jamaah bisa eksklusif berangkat ke tanah suci. Biaya haji dari tahun ke tahun memang tidak mengalami penurunan tetapi juga tidak ada kenaikan yang banyak. Mungkin jikalau ada kenaikan hanya sebesar 20-30% per tahunnya. Bagi yang akan mendaftarkan haji untuk tahun depan bisa menyiapkan dananya sekitar 34 juta lantaran niscaya tidak akan ada perubahan yang signifikan. Tetapi Anda bisa menunggu keputusan pemerintah perihal biaya naik haji 2018 untuk lebih pastinya.

0 Response to "Biaya Naik Haji 2018 Dan Warta Terbarunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close